Cara Memasarkan Produk/Barang Dagangan Yang Efektif (Bikin Laris Manis)

Posted on

Ketika seseorang berniat terjun ke dunia bisnis, dirinya harus pandai dalam melihat peluang yang ada untuk meningkatkan omzet pendapatan yang bisa diraih.

Namun demikian, sebuah cara pemasaran yang diterapkan ke satu bidang belum tentu dapat dipakai untuk bidang lainnya.


Cara Memasarkan Produk/Barang Dagangan


Berikut adalah beberapa cara pemasaran yang bisa ditempuh sesuai bidang usaha untuk meningkatkan keuntungan yang dimiliki.

1. Bidang farmasi

Ketika Anda memiliki usaha di bidang farmasi yang memasarkan obat herbal, ada beberapa car yang bisa ditempuh, hanya saja Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal seperti:

1. Takaran bahan yang diolah dan digunakan untuk membuat obat herbal, agar nantinya konsumen yang menggunakan produk percaya khasiat yang diberikan.

2. Kandungan senyawa yang ada pada obat herbal, dimana Anda harus memberikan informasi lengkap untuk menghindari resiko efek samping yang mungkin diberikan ketika penggunaan tidak sesuai dosis yang dianjurkan.

3. Jenis penyakit yang bisa diobati dengan obat herbal bersangkutan, sehingga Anda bisa memasarkan produk yang diproduksi ke konsumen yang sesuai.

Setelah melihat berbagai pertimbangan diatas, berikut adalah upaya pemasaran yang bisa dilakukan.

• Memasarkan produk ke pasar tradisional dan bekerjasama langsung dengan outlet yang ada disana.

• Bergabung kedalam platform jual beli online yang terpercaya agar kredibilitas tempat Anda sebaai produsen naik dan bisa dipercaya konsumen.

• Bergabung menjadi supplier ke perusahaan swalayan dengan melakukan uji klinis terlebih dahulu, agar obat herbal yang Anda produksi memiliki perlindungan hukum dan perlindungan dari badan kesehatan yang pastinya lebih menjamin kepercayaan konsumen.

2. Bidang fashion

Pemasaran yang dilakukan pada bidang farmasi bisa jadi sedikit berbeda dengan pemasaran yang dilakukan untuk bidang fashion.

Sebelum melakukan strategi penjualan, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti:

1. Jenis produk fashion yang dijual, seperti produk pakaian bayi, pakaian distro, pakaian kerja, atau lainnya agar Anda lebih mudah menentukan pangsa pasar yang ingin dituju.

2. Keunggulan dari produk fashion yang dijual, mengingat sekarang ini dunia fashion termasuk area bisnis yang cepat mengalami perkembangan.

3. Jenis varian produk baik dari segi ukuran maupun desain yang disediakan setiap periode penjualan, mengingat selera fashion antara konsumen yang satu dengan yang lain pasti berbeda.

4. Skala usaha yang ingin ditempuh dan dikembangkan, karena skala usaha kecil atau home industrymemiliki teknik pemasaran yang berbeda dengan skala industri tekstil.

Setelah mengetahui aspek diatas, berikut adalah upaya pemasaran yang bisa ditempuh.

• Memasarkan dengan menggunakan bantuan dropship atau reseller, dengan begitu Anda bisa memantau minat fashion yang ada di pasaran dan mengembangkan usaha fashion benar-benar dari nol.

• Bergabung dengan platform jual beli secara online yang memberi Anda kebebasan untuk upload sekaligus mendapat testimoni dari para konsumen dalam perbaikan kualitas produk.

• Memasarkan produk dengan membuat website khusus yang berisi deskripsi maupun harga produk, sehingga konsumen dapat memilih sendiri produk yang diinginkannya dan mendapat kepastian layanan dari Anda sebagai produsen.

• Memasarkan produk melalui media sosial, seperti facebook, instagram, maupun media sosial lainnya dengan kelengkapan, seperti deskripsi singkat produk dan harga. Dengan demikian, konsumen yang melihat produk Anda di media sosialnya bisa mempertimbangkan apakah produk yang ditawarkan benar-benar produk yang diperlukan.

3. Bidang jasa travel pariwisata

Ketika Anda ingin memiliki bisnis di bidang travel atau pariwisata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai memakai strategi bisnis.

1. Daerah dan rute pariwisata di Indonesia yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik, terutama wisatawan yang berasal dari area tempat tinggal Anda. Dengan demikian, Anda bisa fokus memberi penawaran tentang pariwisata.

2. Vendor atau penyedia jasa lain yang bisa diajak untuk bekerjasama dalam penyediaan akomodasi maupun transportasi selama konsumen melakukan perjalanan pariwisata ke area wisata yang bersangkutan.

3. Kemungkinan yang diprediksi bisa membatalkan perjalanan wisata dan membuat konsumen yang akan dilayani tidak dapat melakukan perjalanan wisata yang diinginkan, seperti kemungkinan bencana alam, terorisme, atau lainnya.

Setelah mengetahui dan mempertimbangkan beberapa aspek diatas, berikut adalah beberapa metode pemasaran yang bisa ditempuh.

• Bergabung dengan perusahaan penyedia paket wisata yang membuat Anda tidak perlu banyak memikirkan kesulitan selama menjalankan usaha, karena teknik marketing yang dijalankan umumnya akan dibantu dari perusahaan induk.

• Membangun website khusus yang dipakai untuk membuat review area wisata yang bisa dituju oleh setiap konsumen di setiap daerah. Dengan begitu, Anda juga bisa membantu konsumen yang bersangkutan memilih lokasi tujuan wisata yang diinginkannya.

• Membuaat iklan via website atau blog orang lain dan meminta mereka melakukan blog walking atau review singkat tentang produk wisata yang Anda jual, sehingga Anda bisa memperluas link penjualan.

4. Bidang kuliner

Jenis bisnis lain yang bisa dikembangkan dan memperoleh keuntungan berlipat asalkan metode pemasarannya sesuai adalah bisnis bidang kuliner.

Agar bisnis berkembang, pastikan Anda tahu bumbu dan jenis masakan yang ingin dijual. Pastikan juga olahan makanan yang dijual memiliki keistimewaan atau ciri khas yang membedakan produk kuliner Anda dengan kompetitor.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal diatas, strategi pemasaran yang bisa ditempuh antaralain:

  • Memilih lokasi yang sesuai untuk jenis masakan yang dijual dan pastinya tempat tersebut dilengkapi dengan desain yang unik serta menarik.

Memberikan tampilan hidangan makanan yang memiliki desain pemanis diatas piring, sehingga secaara tak langsung nilai jual makanan naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *