Cara Memasarkan Website Untuk Bisnis (Agar diminati Konsumen dan Meningkatkan Penjualan)

Cara Memasarkan Website Untuk Bisnis (Agar diminati Konsumen dan Meningkatkan Penjualan)
webmarketing-com.com

Website adalah perangkat yang biasa digunakan untuk memasarkan produk barang maupun jasa secara online.

Hal ini karena pemanfaatan website lebih efektif dan hemat biaya jika dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional.


Agar Website diminati Konsumen


Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik jasa persewaan atau pembelian website, jika ingin website yang ditawarkannya diminati konsumen.

1. Sistem keamanan data

Setiap konsumen yang ingin memiliki atau menyewa website dalam rangka menunjang teknik pemasaran maupun branding, pasti ingin mendapat jaminan bahwa website yang dipakai memiliki keamanan data transaksi.

Oleh karena itu, seorang penyedia jasa yang menyewakan atau menjual website, perlu memastikan jenis domain yang ditawarkan, sudah memiliki prosedur pengamanan data yang optimal.

2. Jumlah domain

Setiap konsumen umumnya memiliki pertimbangan tersendiri saat memilih website yang akan digunakannya.

Ada website yang dipasarkan pada perusahaan dengan jumlah domain lebih dari satu, tetapi adapula jenis website yang hanya menyediakan satu domain.

Itulah sebabnya, penyedia jasa perlu memberikan batasan dan layanan konsultasi agar konsumen tahu mana domain yang dibutuhkannya untuk pemasaran produk.

3. Bandwith

Seorang konsumen yang menggunakan website dalam upaya pemasarannya, akan memilih penyedia jasa yang menyediakan website dengan bandwith besar.

Hal ini karena bandwith ukuran besar akan membuat user pengakses website bisa membuka dan melihat informasi yang disediakan dalam website, tanpa khawatir website down atau lambat.

4. Kapasitas ruang simpan

Kapasitas ruang simpan atau yang biasa disebut dengan hosting adalah komponen penting dalam sebuah website yang memungkinkan pemilik website menyimpan semua artikel maupun data yang ingin ditunjukkan pada user website.

Makin besar kapasitas ruang simpan akan membuat konsumen makin puas dengan layanan yang tersedia, terlebih ketika keberadaan ruang simpan yang sudah terisi tidak membuat akses website menjadi lambat.

5. Maintenance

Perusahaan jasa yang menawarkan website perlu melengkapi website yang dipromosikan dengan program maintenance berkala agar konsumen tidak merasa kesulitan saat ada masalah dengan website yang bersangkutan.

Umumnya fasilitas maintenance bisa ditawarkan dalam bentuk paket yang bisa dilakukan setiap saat atau setiap 3-6 bulan sekali.

6. Pilihan paket

Ketika ada perusahaan penyedia jasa website menawarkan jasanya pada Anda, umumnya Anda bisa langsung melihat keunggulan yang ditawarkan dari segi harga maupun fasilitas pilihan paket yang disediakan.

Karena itulah, setiap penyedia jasa yang bergerak di bidang persewaan website, umumnya tidak hanya akan menawarkan satu atau dua jenis paket saja, tetapi penawarannya akan disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Desain website

Perusahaan penyedia jasa website yang banyak dicari konsumen adalah perusahaan jasa yang memberikan desain website sesuai kebutuhan dan permintaan pasar, mengingat website saat ini tidak hanya digunakan untuk satu bidang bisnis saja.

8. Bantuan team

Pada saat ada konsumen yang baru pertama kali menggunakan website, salah satu layanan yang dibutuhkannya adalah bantuan 24 jam dari tim penyedia jasa.

Oleh karena itu, seorang penyedia jasa website dapat dikatakan profesional dan mengerti kebutuhan konsumen, ketika dirinya menyediakan layanan customer service yang bisa diakses kapanpun saat website bermasalah.


Cara Optimalisasi Pemasaran via Website


Setelah melihat berbagai aspek yang perlu dipenuhi oleh seorang penyedia jasa website, berikut adalah metode optimalisasi pemasaran via website yang bisa dilakukan dari sisi konsumen pengguna website.

Menetapkan tujuan

Saat memasarkan produk dalam bentuk jasa maupun barang melalui website, penjual atau produsen yang bersangkutan wajib memahami tujuan yang ingin diraih.

Dengan penetapan tujuan, pengusaha yang bersangkutan bisa menerapkan strategi pemasaran pendukung yang diperlukan.

Berikut adalah jenis tujuan yang sering ditemui dalam penggunaan website.

  • Interaksi langsung dengan konsumen

Tujuan ini sering ditemui pada website yang digunakan untuk toko online, dimana penjual akan melakukan interaksi langsung dengan konsumennya dan agar penjualan meningkat, produsen atau penjual yang bersangkutan perlu menyediakan informasi lengkap yang dibutuhkan konsumen terkait produknya.

  • Sarana pengetahuan atau berbagi informasi

Tujuan ini dapat ditemui ketika user membuka website yang berhubungan dengan instansi layanan seperti rumah sakit, instansi pemerintahan, maupun lainnya, dimana pemasaran produk jasa atau barang bisa terjadi seiring dengan informasi pendukung yang diberikan.

  • Brand awareness

Tujuan ini umumnya adalah tujuan akhir yang ingin dibangun oleh sebuah perusahaan sebelum menawarkan barang atau jasa yang diproduksinya.

Dengan brand yang lebih dahulu dikenal masyarakat, secara tidak langsung barang atau jasa yang dijual tidak akan dipertanyakan kualitasnya.

Peningkatan kualitas konten

Ketika Anda adalah pembeli atau penyewa website yang ingin websitenya dikunjungi banyak user, tingkatkan kualitas konten yang ada pada website. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa dipakai.

survey pada website kompetitor

• Lakukan survey pada website kompetitor untuk memberi gambaran dalam menciptakan ciri khas konten yang akan dikembangkan pada website pribadi.

• Menggabungkan konten yang berisi gambar, video, dan komponen lain yang secara tidak langsung dapat menyampaikan maksud Anda sebagai pemilik website. Jika Anda tidak paham bagaimana caranya, Anda bisa browsing informasi terlebih dahulu atau meminta bantuan desainer website.

• Membentuk forum konsultasi yang membuat Anda paham apa keinginan konsumen yang dicari dari website Anda dan mengembangkannya untuk pemasaran jangka panjang.

• Melakukan publikasi konten minimal sekali seminggu, sehingga publikasi intens yang dilakukan bisa meningkatkan kredibilitas website dimata konsumen.

Review trafik berkala

Ketika Anda memiliki website, periksa trafficnya secara berkala, karena makin tinggi traffic website yang dihasilkan, makin tinggi pula tingkat kepercayaan konsumen pada website Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here