Cerita Rakyat: Legenda Cindelaras dan Ayam Jago Ajaib | Dongeng Anak

Cindelaras merupakan salah satu cerita rakyat dari provinsi Jawa Timur. Dimana dongeng ini menceritakan tentang anak lelaki bernama Cindelaras beserta ayam jantannya.

Cerita ini menceritakan bahwa Cindelaras memiliki ayam yang tak terkalahkan. Selain itu, melalui ayam inilah Cindelaras dipertemukan kembali dengan ayahnya, yakni Raden Putra.

Jalan Cerita Dongeng Cindelaras

Raden Putra adalah seorang raja dari Kerajaan Jenggala yang memiliki dua istri. Istri muda dari Raden Putra ini merasa iri dengan istri tuanya sebab ia merasa dimana dirinya lebih layak untuk menjadi permaisuri.

Kemudian istri muda pun memperoleh ide agar bisa mengambil posisi sebagai permaisuri yang diduduki oleh istri tua atau istri pertama Raden Putra. Akhirnya istri muda pun meminta bantuan dukun agar menjatuhkan istri pertama Raden Putra dari posisinya sebagai permaisuri.

Lalu istri muda pun akhirnya berpura-pura sakit. Karena mengetahui istrinya yang jatuh sakit inilah, kemudian Raden Putra pun mencari seorang dukun untuk mengobati istri mudanya tersebut. Hingga akhirnya dukun yang kian dicarinya pun telah datang ke istana.

Namun ternyata dukun tersebut adalah dukun suruhan dari istri muda yang diperintahkan untuk membuat suatu pernyataan palsu mengenai penyebab penyakit istri muda itu sendiri. Dukun suruhan istri muda tersebut berkata bahwa ia sakit karena tak disukai seseorang, dimana orang itu telah meracuni makanannya.

Adapun orang yang dituduh tersebut tak lain adalah istri tua dari Raden Putra. Hingga akhirnya Raden Putra pun marah lalu menyuruh sang patih membawa permaisuri menuju hutan untuk membunuhnya di hutan tersebut.

Akan tetapi, patih percaya dimana permaisuri tak akan mampu melakukan hal selicik itu dengan kata lain ia mengetahui siasat istri muda yang licik. Dengan begitu sang patih pun tak membunuhnya melainkan hanya melepaskannya di area hutan. Lalu patih pun berkata pada permaisuri agar bisa bertahan hidup di sana.

Karena kebaikannya, permaisuri mengucapkan terimakasih kepada patih. Kemudian di suatu ketika, istri tua dari Raden Putra pun melahirkan putra bernama Cindelaras. Cindelaras sendiri merupakan anak laki-laki cerdas yang juga pandai bergaul.

Cindelaras berteman dengan penghuni hutan. Di suatu hari putra istri tua Raden Putra tengah bermain di dalam hutan, namun tiba0tiba datanglah seekor elang yang menjatuhkan telur. Kemudian telur itu pun akhirnya pecah lalu lahirlah seekor ayam yang bersuara aneh.

Dimana anak ayam berkata bahwa Cindelaras merupakan anak dari Raden Putra. Lalu karena penasaran, Cindelarasn pun menceritakan peristiwa tersebut kepada sang ibu.

Akan tetapi, ibunya hanya berkata bahwa Cindelaras merupakan orang biasa serta bukan keturunan dari raja. Ibunya berusaha untuk mencegah Cindelaras supaya tak mengetahui hal tersebut.

Hingga akhirnya sang ibu pun memberitahu tentang kebenarannya kepada sang putra, Cindelaras. Lalu Cindelaras pun akhirnya berniat berangkat menuju kerajaan Jenggala. Namun di tengah-tengah perjalanan, ia bertemu orang-orang sedang menyaksikan taruhan sabung ayam.

Kemudian Cindelaras pun akhirnya menantang setiap pemilik ayam tersebut yang ada di sana, hingga akhirnya mereka pun menerima tantangan dari Cindelaras. Akan tetapi, rupanya tak satu ayam pun mampu mengalahhkan ayam milik Cindelaras.

Sejak saat itulah, ayam Cindelaras terkenal sebagai seekor ayam tangguh yang tak terkalahkan. Hingga akhirnya berita tersebut terdengar hingga ke istana milik Raden Putra. Lalu akhirnya Raden Putra pun mengundang Cindelaras agar mendatangi istana kemudian menantang ayam milik Cindelaras.

Beliau bertaruh jika ayamnya telah kalah, dengan begitu ia pun akan menyerahkan semua kekayaan yang dimilikinya. Namun, bila ternyata ayam Cindelaras kalah dengan begitu Cindelaras pun harus rela dipenggal kepalanya.

Cindelaras akhirnya menyetujui syarat tersebut, kemudian pertarungan ayam milik Raden Putra dan Cindelaras pun berlangsung. Pertandingan kedua ayam tadi akhirnya dimenangkan oleh ayam milik Cindelaras. Kemudian ayam Cindelaras pun mengeluarkan suara yang anah bahwa Cindelaras merupakan anak Raden Putra.

Setelah mendengarnya, Raden Putra pun kaget dan bertanya langsung kepada Cindelaras lalu Cindelaras pun membenarkan hal tersebut. Tak berselang lama, istri tua dari Raden Putra akhirnya datang lalu menjelaskan dimana Cindelaras merupakan anak dari Raden Putra.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh sang patih yang segera menghadap lalu menceritakan peristiwa sebenarnya yang sudah terjadi kepada istri tua Raden Putra yang kala itu masih sebagai permaisuri.

Hingga akhirnya Raden Putra pun merasa menyesal akan keputusan yang dulu ia buat. Kemudian ia pun langsung menghukum tindakan istri muda berikut dukun suruhannya yang telah melakukan fitnah terhadap istri tua dari Raden Putra tersebut.

Raden Putra pun segera memeluk Cindelaras yang tak lain adalah putranya sendiri dan memohon maaf terhadap semua kesalahannya. Kemudian Raden Putra berikut hulubalang menjemput permaisuri atau istri tua Raden Putra ke hutan.

Pada akhirnya Cindelaras, Raden Putra dan permaisuri pun bisa berkumpul lagi. Sesudah Raden Putra menghembuskan nafas terakhirnya, Cindelaras menggantikan posisi ayahnya sebagai raja. Ia pun memerintah negerinya tersebut dengan adil, makmur dan bijaksana.

Pesan Moral Cerita Cindelaras

Berdasarkan cerita Cindelaras di atas, bisa kita petik pesan moral yang terdapat di dalamnya. Dimana berdasarkan ceritadi atas kita jangan pernah merasa iri terhadap orang lain. Sebab apa yang kita miliki saat ini maka itulah yang benar-benar terbaik untuk kita.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik tentunya kita harus berusaha untuk menggapainya. Selain itu, jauhi berbagai bentuk perjudian, sebab hanya akan merugikan kita nantinya.

Video Cerita Rakyat Cindelaras dan Ayam Jago Ajaib

Demikian Cerita rakyat Cindelaras. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment