Cerita Rakyat: Roro Jonggrang dan Legenda Candi Prambanan | Dongeng Anak

Pada saat kegiatan belajar mengajar di sekolah, terkadang para guru menyelipkan cerita dongeng ataupun legenda mengenai suatu tempat di Indonesia. Dongeng-dongeng yang diceritakan oleh guru-guru itu umumnya adalah dongeng-dongeng yang sudah sangat terkenal.

Di rumahpun hampir tiap malam para orang tua membacakan cerita kepada anak-anaknya yang masih kecil. Hal tersebut gunanya supaya anak tersebut menjadi tenang dan segera terlelap tidur.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari adanya cerita – cerita tersebut. Guru-guru menceritakan banyak dongeng ke murid-muridnya dengan tujuan supaya murid-muridnya dapat mengerti tentang sejarah dan juga adat budaya id suatu wilayah. Selain itu banyak hal positif yang dapat kita peroleh dari cerita – cerita tersebut.

Sangat banyak cerita rakyat yang kita dengar secara turun temurun, atau juga dari berbagai buku bacaan. Tak jarang kita sudah mengetahuinya pada saat kita kecil dulu.

Cerita-cerita rakyat yang sudah terkenal di antaranya adalah Bawang Merah Bawang Putih, Malin Kundang ,Sangkuriang dan juga Roro Jonggrang.

Namun adakalanya tidak semua cerita rakyat di Indonesia ini kita tau jalan ceritanya. Kemungkinan karena cerita tersebut memang belum pernah diceritakan oleh para guru atau orang tua kita.

Bisa juga anak – anak kta belum mengetahuinya. Untuk itulah kita harus banyak-banyak membaca untuk mengetahui hal tersebut. Berikut sedikit cerita mengenai legenda Roro Jonggrang.

Baca Juga: Legenda Lutung Kasarung dan Putri Purbasari

Cerita Rakyat Roro Jonggrang

Pada jaman dahulu kala berdirilah sebuah kerajaan yang sangat besar bernama Kerajaan Prambanan. Rakyat Prambanan hidup dengan Damai dan makmur di bawah kepemimpinan seorang raja bernama Prabu Baka. Prabu Baka ialah seorang pemimpin yang bijaksana dan dicintai oleh rakyatnya.

Di suatu tempat lain, ada sebuah kerajaan yang juga cukup besar dan berkuasa yaitu Kerajaan Pengging. Orang – orang di kerajaan ini sangat sombong dan selalu ingin menguasai wilayah – wilayah lain. Kerajaan ini memiliki seorang ksatria yang memiliki kekuatan sakti bernama Bondowoso. Ksatria tersebut selalu membawa senjata sakti bernama Bandung. Karena itulah ia disebut dengan Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso memiliki bala tentara yang terdiri dari ratusan jin. Jin – jin itulah yang sellau membantunya dalam usaha menaklukan wilayah – wilayah kekuasaan kerajaan Pengging.

Suatu hari Raja Pengging memerintah BANDUNG BONDOWOSO untuk menyerang KERAJAAN PRAMBANAN. BANDUNG BONDOWOSO pun langsung berangkat menuju KERAJAAN PRAMBANAN dengan membawa serta bala tentara jinnya. Setibanya di KERAJAAN PRAMBANAN mereka menyerbu dan BANDUNG BONDOWOSO akhirnnya berhasil menewaskan Prabu Baka. KERAJAAN PRAMBANAN dikuasi oleh BANDUNG BONDOWOSO dan menguasai segala isinya.

Saat berada di KERAJAAN PRAMBANAN, BANDUNG BONDOWOSO melihat seorang wanita yang s angat cantik. Wanita tersebut tak lain ialah putri prabu Baka bernama Roro Jonggrang. BANDUNG BONDOWOSO pun segera mendatangi RORO JONGGRANG dan bertanya, “Wahai Rorro Jonggrang, apakah engkau bersedia menjadi permaisuriku?”. RORO JONGGRANG tentu saja ingin menolak lamaran dari BANDUNG BONDOWOSO tersebut, namun ia tidak berani untuk menolak secara terang – terangan.

RORO JONGGRANG pun mencari cara agar ia tak perlu menikahi BANDUNG BONDOWOSO. Iapun menemukan cara yang menurutnya akan berhasil.

“Baik BANDUNG BONDOWOSO, aku bersedia menjadi permaisurimu asalkan kamu memenuhi syarat yang aku berikan”, kata RORO JONGGRANG.

“Sebutkan saja apa syaratmu”, jawab BANDUNG BONDOWOSO.

“Buatkan aku seribu candi dalam waktu satu malam”, pinta RORO JONGGRANG.

BANDUNG BONDOWOSO menyetujui syarat tersebut. Ia tidak kana kesulitan karena ia memiliki bala tentara yang sangat banyak.

Malam itu juga BANDUNG BONDOWOSO mengumpulkan para jinnya dan memerintahkan mereka untuk membangun 1000 candi sesuai permintaan RORO JONGGRANG. Bala tentara tersebut segera melaksanakan perintah BANDUNG BONDOWOSO. Pembangunan candi beRoro Jonggrangalan dengan sangat cepat. Hanya dalam waktudua per tiga malam, 997 candi sudah selesai dibangun.

RORO JONGGRANG pun merasa gelisah dan ketakutan. Ia mencari cara lagi untuk dapat menggagalkan pembangunan tersebut. RORO JONGGRANG mendapat ide. Ia akan membuat suasana menjadi seperti pagi hari, sehingga BANDUNG BONDOWOSO akan gagal melaksanakan permintaannya.

RORO JONGGRANG segera memanggil seluruh dayang – dayang di istana untuk diperintahkannya membakar jerami dan membunyikan lesung. Tak lupa ia mememrintahkan dayang – dayang untuk menaburkan bunga yang sangat wangi.

Seluruh dayang – dayang istana segera melakukan apa yang diperintrahkan oleh RORO JONGGRANG. Tak lama langitpun tampak bersemu merah dan suara lesung mulai terdengar. Bau wangi pun tercium. Ayam jantan ikut berkokok.

Melihat hal tersebut para jin BANDUNG BONDOWOSO mulai berhenti dan meninggalkan pekeRoro Jonggrangaannya. BANDUNG BONDOWOSO pun berteriak,”Hai kalian! Hari belum pagi! Lanjutkanlah pembangunan candi ini!”.

Namun jin tersebut tetap pergi. BANDUNG BONDOWOSO yang kesal pun berusaha menyelesaikan pembangunan seribu candi tersebut. Namun belum sempat ia menyelesaikan candi ke-1000, pagi sudah datang. BANDUNG BONDOWOSO pun gagal memenuhi syarat dari RORO JONGGRANG.

RORO JONGGRANG segera menghampiri BANDUNG BONDOWOSO dan mengatakan, “ Kau gagal memenuhi permintaanku, BANDUNG BONDOWOSO. Aku tak akan menjadi permaisruimu.”.

BANDUNG BONDOWOSOB menyadari apa yang dilakukan oleh RORO JONGGRANG. Iapun berkata dengan penuh amarah, “Kau curang RORO JONGGRANG ! Engkau sengaja menggagalkan pembangunan seribu candi ini! Kukutuk kau menjadi arca dalam candi keseribu!!”

Seketika RORO JONGGRANG berubah menjadi arca di candi keseribu. Arca tersebut dapat kita saksikan hingga sekarang di Kompleks candi Prambanan. Candi tersebut dikenal dengan nama Candi Roro jonggrang.

Itulah kisah mengenai Candi Roro jonggrang yang terdapat di Jawa Tengah.

Baca Juga: Cerita Rakyat Cindelaras dan Ayam Jago Ajaib

Video Roro Jonggrang dan Asal Mula Terciptanya Candi Prambanan

Demikian cerita rakyat Roro Jonggrang dan Asal Mula Terciptanya Candi Prambanan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment