Yuk! Segarkan Kembali Pengetahuanmu Mengenai Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Kita pasti tahu jika manusia, hewan, dan tumbuhan itu adalah makhluk hidup. Selanjutnya, kita akan menganggap jika kursi, batu, udara, tanah, sebagai benda mati. Namun, kita sering kali kesulitan untuk memastikan apakah virus, bakteri, dan jamur itu termasuk makhluk hidup atau bukan.

Untuk dapat memastikan apakah sebuah benda termasuk makhluk hidup atau benda tak hidup, kita harus mengetahui ciri-ciri makhluk hidup.

Makhluk hidup adalah organisme yang hidup dengan menghirup udara melalui proses respirasi dan memenuhi ciri-ciri makhluk hidup. Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri berbeda. Apa saja ciri-ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda tak hidup?

Perbedaan Makhluk Hidup dan Tak Hidup

1. Bergerak

pasberita.com

Semua makhluk hidup pasti bisa bergerak, manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau pindah tempat. Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana bantu untuk bergerak yang disebut alat gerak.

Alat gerak dapat berupa kaki untuk berlari, sirip untuk berenang, dan sayap untuk terbang. Sementara tumbuhan juga dapat bergerak, meski pergerakannya tidak signifikan. Gerak pada tumbuhan cukup terbatas dan hanya terjadi pada bagian tertentu, misalnya gerak batang menuju datangnya cahaya atau akarnya yang mencari zat air.

2. Makan

haibunda.com

Makanan dan air merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, dan mengganti sel tubuh yang rusak. Sedangkan air berfungsi sebagai zat pelarut di dalam tubuh, bahkan lebih dari 60% tubuh kita adalah air.

Proses metabolisme berlangsung di dalam sel tubuh, kegiatannya berupa transformasi energi berupa bahan makanan seperti glukosa, asam amino, dan asam lemak menjadi sumber energi untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

3. Peka terhadap rangsangan

saungsains.blogspot.com

Semua makhluk hidup dapat bereaksi terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Sifat peka ini termasuk ke dalam ciri-ciri makhluk hidup.

Reaksi yang timbul jika ada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan dapat berupa cahaya, panas, dingin, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain. Manusia dapat merangsang lewat 5 panca indra yang dimiliki yaitu mata, hidung, telinga, lidah dan kulit.

Hewan juga memiliki sifat peka terhadap rangsangan yang hampir serupa, beberapa hewan bahkan memiliki indra perangsang yang lebih kuat dan peka.

Sedangkan tumbuhan juga peka terhadap rangsangan. Misalnya tumbuhan yang peka terhadap rangsang cahaya seperti pada bunga Mirabilis jalapa atau tumbuhan yang peka terhadap rangsang sentuhan seperti pada tumbuhan putri malu.

4. Bernapas

pasberita.com

Bernapas (respirasi) merupakan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi.

Energi yang dihasilkan digunakan untuk berbagai aktivitas tubuh. Bernapas dengan mengambil oksigen di udara ini dialami oleh manusia dan hewan, sedangkan untuk tumbuhan berlaku hal yang sebaliknya.

5. Tumbuh dan berkembang

infopelajaran.com

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan, mulai dari kecil hingga menjadi besar. Bayi yang kecil waktu baru lahir, akan tumbuh menjadi remaja, dan kemudian dewasa.

Anak hewan yang semula kecil lambat laun tumbuh menjadi besar seperti induknya. Biji yang ditanam akan tumbuh menjadi kecambah dan kemudian menjadi tanaman yang lebih besar.

Proses tumbuh makhluk hidup bersifat irreversible, artinya jika sudah tumbuh tidak bisa kembali lagi. Misalnya manusia yang sudah dewasa tidak bisa menjadi kecil lagi. Pada suatu waktu tertentu, proses tumbuh berkembang makhluk hidup juga akan berhenti.

6. Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)

hellosehat.com

Setelah berolahraga, tubuhmu berkeringat. Demikian pula saat udara terasa panas, tubuhmu berkeringat. Sebaliknya, saat udara dingin kamu lebih sering buang air kecil mengeluarkan urin.

Keringat yang mengandung garam mineral dan urin merupakan contoh zat sisa yang dikeluarkan makhluk hidup. Ada pula karbon dioksida dan uap air yang dikeluarkan sebagai zat sisa dari proses respirasi.

Pengeluaran zat sisa oleh makhluk hidup disebut ekskresi. Ekskresi sangat diperlukan karena zat sisa bersifat racun sehingga jika tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh.

7. Berkembang biak

berbagaireviews.com

Ciri-ciri makhluk hidup melakukan reproduksi atau berkembang biak dengan tujuan melestarikan jenisnya. Seperti yang terjadi pada induk kucing karena telah melahirkan anak kucing. Induk kuda melahirkan anak kuda dan induk sapi melahirkan anak sapi, dari individu berkembang menjadi banyak individu.

8. Beradaptasi

arenahewan.com

Proses penyesuaian diri terhadap lingkungan termasuk dalam ciri-ciri makhluk hidup. Contohnya adalah pohon jati akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan.

Kemampuan beradaptasi membuat makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungannya. Adaptasi makhluk hidup dibedakan menjadi tiga, yaitu adaptasi morfologi, fisiologi, dan tingkah laku.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment