Jenis-Jenis Iklan Lengkap Beserta Contohnya

Sebelumnya kita sudah memposting tentang pengertian apa itu iklan. Kali ini, kita akan bersama-sama mencari tahu apa sih contoh-contoh iklan dan jenisnya.

Sebagaimana kita tahu, iklan yang baik adalah iklan yang bisa membuat tertarik dan sampai lekat lama di ingatan pembacanya. Lalu, bagaimana contoh iklan tersebut dibuat dan terasa kekuatan pesannya untuk sampai pada penerima iklan.

Pertama-tama kita akan mulai dengan pengertian jenis-jenis iklan sebelum berlanjut ke contoh-contohnya. Hal ini akan membantu kita mengerti termasuk di dalam jenis apakah contoh iklan tersebut.

Catatan selanjutnya, dalam bagian mengenai contoh, akan kami ambilkan dari beberapa contoh iklan populer, sehingga para pembaca bisa memodifikasinya dengan iklan yang diinginkan atau setidaknya akan menjadi pengetahuan perihal contoh iklan yang populer atau sering dijumpai.

Mengenai iklan sendiri memang memiliki beberapa jenis sesuai dengan media dan tujuannya. Hal tersebut digolongkan untuk menyesuaikan iklan dengan tujuannya. Pembagiannya adalah sebagai berikut,

Jenis-jenis Iklan :

1. Iklan media elektronik:

Iklan ini secara umum merupakan iklan yang diproduksi dari media elektronik dengan kemampuan audio dan visual tertentu. Umumnya iklan berdasarkan media elektronik ini dibagi dalam dua hal:

A. Iklan radio

Iklan dalam medium ini menggunakan kekuatan suara atau audio untuk mempengaruhi pendengar dengan timing tertentu. Semakin efektif kekuatan pesannya, maka semakin efisien juga waktu yang dibutuhkan. Suara pesan menjadi penting, karena dalam medium ini tidak didukung kemampuan visual, jadi para pendengar sebisa mungkin bisa membayangkan produk dari informasi yang diperdengarkan.

B. Iklan televisi

Iklan dalam medium ini menggunakan kombinasi audio dan visual untuk memberikan pesan kekuatan iklannya. Biasanya dituntut juga kreatifitas yang baik agar iklan yang disampaikan juga menghibur dan membuat pesan iklan benar-benar mengena.

2. Iklan media digital interaktif

Iklan ini biasanya muncul di website-website dan media sosial lainnya. Tak jarang mengembangkan audio visual untuk mendukung iklannya. Semakin tepat penempatannya, semakin tertarik juga calon penerima iklan atas produk yang ditawarkan. Apabila iklan tidak sesuai dengan tata letaknya, justru bisa membuat calon penerima iklan mengesampingkan penawaran tersebut.

3. Iklan kolom

Iklan ini ditempatkan dalam kolom-kolom media yang menggunakan text dan visual, biasanya juga mengedepankan isian yang singkat namun dengan pesan yang kuat. Iklan ini memanfaatkan kolmm yang disediakan dalam menginformasikan iklannya.

4. Iklan cetak

Iklan ini ditempatkan di media cetak seperti koran, majalah, dan media cetak yang lainnya. Semakin banyak iklan pada media cetaknya biasanya menunjukkan semakin populer media cetak tersebut. Hal ini akan mempengaruhi tingkat pembaca atas iklan tersebut. Dalam aspek media cetak ini juga perlu dipahami benar segmen pembaca dari media tersebut untuk menyesuaikan produk yang ditawarkan.

5. Iklan baris

Iklan ini umumnya ditulis menggunakan singkatan, padat, jelas, dan mediumnya adalah text atau kalimat. Sering sekali orang mencari kerja memburu iklan baris ini ini di koran-koran. Adapun iklan tersebut bisa berisi informasi penjualan, pembelian, lowongan kerja, atau informasi penyedia jasa tertentu.

Iklan berdasarkan tujuannya:

1. Iklan komersil

Iklan ini bertujuan untuk memasarkan produk tertentu demi kepentingan komersil. Media penyedia layanan sebagai tempat penginformasian iklan pun mematok harga tersendiri untuk iklan yang akan dipublikasikan, sehingga pembuat iklan harus menggunakan cara yang efektif dalam menerapkan pesan iklannya.

Adapun Iklan ini adalah iklan yang umum digunakan perusahaan-perusahaan besar untuk memasarkan produknya. Tak jarang dari berbagai produk tersebut menggunakan kreatifitas kekinian untuk menyasar konsumennya yang mayoritas anak muda.

Iklan non-komersil

Iklan ini bertujuan untuk memberikan pesan atau informasi-informasi tertentu. Bisa berupa himbauan, pengumuman, larangan, dan pesan sosial yang lainnya.

Iklan ini umumnya dibuat dari lembaga pemerintahsn atau lembaga sosial dan media tertentu untuk memberikan produk informasi kepada para calon penerima iklan atau masyarakat secara umum.

Iklan ini seringkali ditujukan atas respon-respon tertentu pada isu yang sedang berkembang. Baik dalam tema kesehatan, sosial, pendidikan, atau pun politik.

berikut ini terdapat contoh-contoh iklan yang bisa dijadikan referensi:

a. Contoh Iklan baris Penjualan Rumah dan Motor

Iklan ini masih ramai dan banyak dijumpai sekarang ini. Melihat bisnis properti dan kendaraan yang memang tak pernah sepi dan selalu dicari-cari orang. Semakin kreatif iklan yang dibuat, semakin menarik perhatian orang-orang. Berikut ini adalah contohnya:

Jenis-Jenis Iklan beserta Contoh Lengkapnya
berpendidikan.com

b. Contoh Iklan baris lowongan Pekerjaan

Iklan ini adalah iklan yang seringkali menjadi hal wajib untuk diburu para pencari kerja. Terlebih para pencari kerja yang menyesuaikan tujuan kerja dengan latar belakang atau pengalamannya. Iklan ini biasanya ditulis dengan kata-kata yang padat dan disingkat tapi didukung dengan keterangan yang jelas dan informatif. Berikut ini adalah contoh Iklan baris lowongan Pekerjaan tersebut:

Jenis-Jenis Iklan beserta Contoh Lengkapnya
artikelmateri.com

c. Contoh Iklan layanan masyarakat Bahaya Merokok

Iklan ini adalah iklan yang mengedepankan pesan sosial untuk penerima iklan. Meskipun ada berbagai perdepatan tentang rokok itu sendiri. Mari tetaplah simak contohnya sebagai berikut:

Jenis-Jenis Iklan beserta Contoh Lengkapnya
jembarwangi.sideka.id

d. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Singkat

Iklan ini biasanya dibuat dari lembaga pemerintahan, baik pusat atau daerah dan juga lembaga sosial tertentu untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait isu-isu tertentu yang sedang berkembang.

Iklan ini dibuat dengan harapan masyarakat mengerti benar akan pesan yang disampaikan dan mengikuti arahannya tersebut. Berikut ini adalah salah satu contoh iklan layanan masyarakat yang mungkin biasa dijumpai:

Jenis-Jenis Iklan beserta Contoh Lengkapnya
thegorbalsba.com

e. Contoh Iklan produk Makanan

Iklan untuk produk konsumsi ini boleh dibilang selalu ramai karena menuntut distribusi yang masif kepada calon konsumennya. Terlebih makanan sendiri yang merupakan aspek penting dalam komposisi sandang, pangan, dan papan. Berikut ini adalah salah satu contoh iklan produk makanan:

Jenis-Jenis Iklan beserta Contoh Lengkapnya
brainly.co.id

f. Contoh Iklan produk Minuman

Iklan ini juga tak kalah sama selalu ramai sebagaimana iklan produk makanan. Dalam produk minuman sendiri dijelaskan kelebihan atau keunggulan kualitas tertentu jika kita meminum produk tersebut. Bisa jadi kesehatan, stamina, kesegaran, dan lain sebagaimana. Berikut ini adalah salah satu contoh iklan minuman tersebut:

Jenis-Jenis Iklan beserta Contoh Lengkapnya
mikirbae.com

g. Contoh Iklan penawaran Jasa

Iklan ini merupakan iklan untuk jasa-jasa tertentu. Selain iklan produk, iklan jasa ini juga merupakan iklan yang dibutuhkan untuk penyedia jasa dengan tujuan mendistribusikan informasi atas deskripsi jasanya. Berikut ini adalah salah satu contoh iklan penawaran jasa tersebut:

Jenis-Jenis Iklan beserta Contoh Lengkapnya
nurassyifa.wordpress.com

Demikianlah beberapa contoh-contoh iklan yang bisa kami informasikan kepada para pembaca. Perlu diketahui juga bahwa contih-contoh tersebut bisa digolongkan pada jenis-jenisnya yang juga sudaj dijelaskan di awal. Tentu ada lebih banyak iklan lainnya lagi yang sudah sering para oembaca temukan di berbagai media cetak, elektronik, maupun digital.

Semoga artikel tentang contoh iklan ini bisa memberikan manfaat. Kemudian di lain kesempatan, para pembaca bisa menemukan pengetahuan dan informasi lainnya pada tema lain yang lebih beragam. Sampai jumpa.

Leave a Comment