Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Yang Baik Dan Benar

Seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan terkadang mengalami suatu masa dimana ia dihadapkan pada pilihan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja.

Dengan berbagai alasan untuk mundur dari pekerjaan ini anda tentunya harus mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan untuk kemudian membuatnya.

Memang berat harus berhenti dari pekerjaan yang disukai dan telah banyak memberikan kontribusi kepada anda terlebih dari segi finansial.

Apalagi kenyamanan dan sahabat seperjuangan yang menemani dalam suka maupun duka di tempat kerja yang baik membuat ada berat melepaskan pekerjaan anda dengan mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Tidak semua orang mengambil sikap yang sama dalam memilih untuk bertahan maupun mengajukan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Namun untuk yang memilih mundur, ada beberapa hal yang membuat seorang karyawan memilih resain dan mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Alasan Pengunduran Diri

Image Source: indiafilings.com

Alasan pengunduran diri dari perusahaan tersebut diantaranya:

  1. Mengalami kejenuhan di tempat kerja
  2. Gaji yang diterima kurang memuaskan
  3. Gaji yang diterima tidak sesuai dengan kinerja
  4. Mengalami masalah dengan teman kerja maupun atasan
  5. Kenaikan gaji tidak kunjung datang setelah bekerja dalam waktu lama
  6. Mendapat pekerjaan dari perusahaan lain yang lebih menjanjikan

Ketika melihat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, terlebih dahulu anda harus melihat dan mempelajarinya dengan baik.

Isi dari surat tersebut harus anda buat dengan semaksimal mungkin supaya tepat sasaran, mengena dan tidak bertele-tele. Hal ini penting anda lakukan supaya atasan anda di kantor bisa memahami isi surat pengunduran diri anda.

Anda harus membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan untuk menghindarkan anda dari salah paham terhadap atasan maupun bos anda.

Terkadang perasaan benci dan kecewa dengan perusahaan tersebut selalu mengusik hati anda. Tetapi sebaiknya anda tidak mengungkapkan perasaan tersebut dalam surat pengunduran diri tersebut.

Dari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang anda pelajari, sebaiknya anda tidak menjelek-jelekkan perusahaan tempat anda bekerja pada surat pengunduran diri anda.

Anda bisa mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan dengan bahasa yang sopan dan baik, karena bagaimanapun perusahaan tersebut telah banyak memberikan jasa kepada anda.

Tips Mencari Referensi Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Image Source: amazonaws.com

Untuk membuat surat pengunduran diri pada dasarnya tidak sulit sebagaimana menulis surat lamaran pekerjaan. Hanya saja dari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang anda pilih terdapat hal-hal yang perlu anda perhatikan, supaya tidak ada kesalahpahaman dengan atasan anda atau orang yang menerima surat pengunduran diri anda.

Dalam membuat menulis pernyataan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, anda sebaiknya memperhatikan tata cara penulisan yang tepat yakni:

  1. Buat surat pengunduran diri harus singkat, padat, jelas dan tidak berbelit-belit
  2. Pilihlah kata-kata dengan bahasa yang sopan dan manis
  3. Dalam membuat surat pengunduran diri isinya harus jelas dan singkat
  4. Haturkan ucapan terimakasih, pujian serta rasa bangga terhadap perusahaan, entah pimpinan, atasan, atau karyawan lain sebagai ungkapan terimakasih karena anda pernah menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut
  5. Ucapkan juga permintaan maaf terhadap pimpinan perusahaan serta karyawan lainnya
  6. Sebaiknya anda tidak mendeskripsikan secara detail dalam lisan atau tulisan dan merahasiakan alasan anda memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan
  7. Jika diperlukan anda bisa memberikan sebuah benda yang mempunyai makna tersendiri supaya memberikan kesan yang bagus pada perusahaan yang nantinya anda tinggalkan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Yang Baik Dan Benar

Dalam menjalankan sebuah profesi pekerjaan, tentunya ada banyak hal yang kita peroleh. Baik itu, suka, duka, rintangan, hambatan serta pengalaman kerja yang bisa jadi belum pernah anda dapatkan di tempat kerja sebelumnya. Pemutusan kerja dari pemimpin perusahaan memang menjadi salah satu momok menakutkan dari para karyawan.

Namun tidak jarang seorang karyawan begitu disenangi oleh pimpinan perusahaan, justru memutuskan membuat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan dengan adanya hal-hal yang menjadi pertimbangan.

Untuk membuat surat pengunduran diri yang sopan dan baik anda bisa menyimak contoh surat pengunduran diri dari perusahaan berikut.


Jakarta, 28 Agustus 2016

Kepada
Yth. HRD Management
PT. Maju Sejahtera (Nama perusahaan)
Jalan Letjen S. Parman 30 Bekasi (Alamat dari perusahaan (tempat anda bekerja)
Jakarta Barat (Nama kota tempat bekerja anda)

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya Putra Wasesa (nama lengkap anda) berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari PT. Maju Sejahtera (nama perusahaan tempat kerja anda) sebagai karyawan (posisi atau jabatan anda pada perusahaan terkait), terhitung semenjak tanggal 28 Agustus 2016 (tanggal saat anda mengundurkan diri dari perusahaan).

Saya menghaturkan banyak terimakasih atas kesempatan serta seluruh hal yang pernah saya peroleh di PT. Maju Sejahtera (nama perusahaan terkait). Selain itu, saya juga meminta maaf kepada semua manajemen dan karyawan PT. Maju Sejahtera (nama perusahaan terkait) apabila terdapat kekeliruan atau kesalahan yang pernah saya lakukan selama bekerja.

Saya senantiasa mengharapkan PT Maju Sejahtera (nama perusahaan terkait) bisa terus menjadi yang terbaik dan berkembang secara terus menerus.

Hormat saya,

(Putra Wasesa) (nama lengkap anda)


Dengan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan anda bisa mengajukan resain kepada atasan dengan bahasa yang tepat, singkat dan sopan.

Selain itu, dengan surat pengunduran diri yang baik kedepannya anda tidak akan sungkan ketika berjumpa dengan atasan atau karyawan lain, karena anda berhenti secara baik-baik dari perusahaan.

Leave a Comment