Dampak Globalisasi dari Segi Positif dan Negatif yang Wajib Kamu Pahami

merdeka.com

Globalisasi merupakan sebuah perkembangan yang memberikan dampak yang tak bisa dicegah atapun dielakkan. Dampak globalisasi berbanding lurus dengan kemajuan yang ada pada bidang teknologi. Komunikasi tentu menciptakan media massa yang begitu canggih dan memudahkan proses globalisasi itu terjadi.

Teknologi informasi dan komunikasi dapat menghubungkan seluruh manusia yang ada di muka bumi ini. Hadirnya teknologi yang canggih memang menjadi salah satu faktor yang dapat melancarkan budaya dunia terbentuk, dimana budaya tersebut dianut oleh seluruh manusia yang ada di muka bumi ini.

Budaya sendiri bisa saja berasal dari suatu bangsa ataupun ras. Namun, akibat arus globalisasi yang sabgat tinggi menyebabkan budaya bisa diperkenalkan dan dipakai oleh masyarakat di seluruh pelosok dunia.

quipper.com

Pada era globalisasi, sangat mudah sekali pengaruh asing masuk dan hal ini bisa dibilang sudah tidak bisa dibendung lagi karena komunikasi antar bangsa yang ada di dunia memang semakin mudah dan semakin intens.

Majunya teknologi dan informasi yang ada membuat bangsa-bangsa melakukan komunikasi yang semakin meningkat. Hal ini tentu membawa dampak tersendiri.

Nah, pada artikel kali ini kami ingin membahas tentang dampak positif dan negatif dari globalisasi. Semoga saja dengan adanya artikel ini bisa membuat teman-teman bisa memahami bagaimana cara menghadapi era globalisasi ini dengan baik.

Dampak Positif Globalisasi

maxmanroe.com

Dampak globalisasi baik secara positif maupun negatif sangat penting untuk kita ketahui. Untuk dampak positif dari hadirnya globalisasi akan kami jelaskan mulai dari dampak di bidang politik.

Globalisasi membuat perubahan ketatanegaraan yang ada di dunia. Globalisasi juga membuat terjadinya perubahan yang ada pada lembaga negara sebagai contoh di Indonesia sendiri seperti lahirnya lembaga DPD, MK, dan lembaga lain sebagainya.

Globalisasi juga membuat partai-partai baru dan juga meningkatkan kesadaran politik masyarakat. Globalisasi juga memberikan perubahan postif di bidang ekonomi. Karena adanya globalisasi, masyarakat bisa mendapatkan barang yang diperlukan dengan mudah.

Globalisasi juga memudahkan membangun industri, mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, lapangan kerja jadi lebih meningkat, suku bunga di bank menjadi rendah, kegiatan ekspor meningkat, khususnya di Indonesia sendiri hadirnya globalisasi membuat Indonesia menganut sistem ekonomi kerakyatan.

Sementara di bidang sosial, globalisasi memberikan manfaat dimana perubahan pola dari kehidupan bangsa bisa dipercepat, terjadinya pergeseran nilai serta informasi berkembang pesat. Dan di bidang hankam, dampak positif dari adanya globalisasi adalah kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan itu sendiri.

Dampak Negatif Globalisasi

hipwee.com

Setelah mengetahui dampak positifnya, kita juga harus mengetahui dampak negatif dari globalisasi itu sendiri. Di bidang politik, globalisasi memunculkan sikap yang arogan dan membuat tradisi money politic jadi berkembang dengan sangat tajam.

Di bidang ekonomi, globalisasi membuat usaha kecil mati karena tidak bisa bersaing dengan usaha menengah ke atas, serta kebijaksanaan yang dibuat pemerintah pun tidak menguntungkan petani yang ada.

Di bidang sosial-budaya, globalisasi membuat budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya kita tak bisa dikendalikan, mudah dalam mendapatkan barang ilegal, rasa kebersamaan yang hilang dan budaya kekerasan juga semakin meningkat.

Di bidang Hankam, gerakan separatisme juga muncul, adanya campur tangan asing dalam kebijakan yang dibuat di Indonesia.

Dengan mengetahui dampak positif dan negatif globalisasi tersebut diharapkan masyarakat Indonesia bisa mempersiapkan diri untuk dapat bertahan di derasnya arus globalisasi. Karena jika kita tidak dapat menghindar dari dampak negatif globalisasi tentu kita akan mengalami kerugian nantinya.

Semoga artikel tentang dampak positif dan negatif globalisasi ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk teman-teman sekalian. Jika ingin mengetahui hal-hal dari globalisasi selain dampaknya, bisa membaca artikel lain yang tentunya sudah bisa didapatkan dengan mudah di internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here