9 Fungsi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

undiksha.ac.id

Pancasila sebagai pedoman hidup warga negara Indonesia. Peran Pancasila untuk Indonesia sangatlah besar, bahkan boleh dibilang tanpa Pancasila sulit kita membayangkan bangsa dan negara Indonesia itu ada dan tetap bertahan hingga sekarang.

Persoalannya sekarang adalah apakah sejauh ini pancasila masih berfungsi sebagaimana mestinya bagi kesejahteran rakyat banyak?

Fungsi Pancasila meliputi lima manfaat umum dan lima manfaat spesifik, seperti sebagai panduan hidup, sumber hukum, sumber norma, perjanjian luhur, dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Para pendiri bangsa memilih Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara bukan tanpa alasan. Fungsi pancasila dipilih karena memiliki fungsi fundamental bagi eksistensi bangsa Indonesia.

Fungsi Pancasila secara khusus dan spesifik adalah sebagai dasar negara Indonesia. Sedangkan, fungsi pancasila secara umum adalah sebagai panduan hidup bangsa Indonesia

Penjelasan fungsi pancasila adalah berfungsinya nilai-nilai dan makna pancasila menjadi pedoman segala perilaku dan tindakan warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai Pancasila ikut berperan mendefinisikan mana yang baik dan mana yang buruk dalam proses pengambilan kebijakan dan penyelesaian masalah bangsa.

Fungsi Pancasila di Indonesia

Selain sebagai pedoman hidup dan dasar negara Indonesia, pancasila juga memiliki fungsi lainnya, yaitu:

negarahukum.com

1. Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum

Lima sila pancasila menjadi acuan dalam proses pembuatan peraturan tertulis oleh negara. Segala peraturan hukum yang dirancang, dibuat, dan disahkan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Sumber segala sumber hukum berarti rujukan sumber hukum yang dibuat. Misal, bila negara ingin membuat kebijakan tentang pengakuan penganut kepercayaan, kebijakan tersebut harus diuji terlebih dahulu apakah sesuai dengan nilai-nilai pancasila atau tidak.

2. Pancasila sebagai sumber norma

Mirip seperti pancasila sebagai sumber segala sumber hukum, artinya norma yang berlaku di Indonesia harus selaras dengan nilai moral pancasila atau bahkan mencerminkan nilai-nilai pancasila. Norma merupakan aturan tak tertulis atau informal yang mengatur kehidupan bermasyarakat.

Meski tak tertulis, kekuatan norma sangat besar karena melekat di dalam kepercayaan masyarakat. Keselarasan dengan pancasila menjadi keunggulan norma di Indonesia. Agar selaras, pancasila bisa berperan sebagai sumber norma yang hendak diterapkan.

undiksha.ac.id

3. Pancasila sebagai perjanjian luhur

Pancasila merupakan buah kesepakatan hasil rumusan para intelektual pendiri bangsa. Pancasila juga merupakan produk musyawarah mufakat yang wajib dihormati keberadaannya. Para pendiri bangsa sepakat menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Kesepakatan tersebut hendaknya tidak dicederai oleh generasi penerusnya.

4. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia

Pancasila sejak kemunculannya sebagai ide yang kelak menjadi ideologi bangsa dianggap cerminan falsafah hidup yang paling sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Pancasila juga dianggap mencerminkan filosofi yang dianut oleh manusia Indonesia dalam kelima silanya. Tak heran jika pancasila selalu dilihat sebagai ideologi yang paling sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia.

Fungsi Pancasila dalam Materi Pendidikan Pancasila

mikirbae.com

Pada materi pendidikan Pancasila menyebutkan bahwa sedikitnya ada lima fungsi pancasila sebagai dasar negara. Kelima fungsi tersebut antara lain pancasila sebagai pedoman hidup bangsa, jiwa bangsa, kepribadian bangsa, sumber hukum negara, dan cita-cita bangsa. Berikut ini penjelasan versi singkatnya:

1. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa

Artinya, bangsa Indonesia melalui peran negara memegang teguh nilai-nilai pancasila di tengah pergaulan dengan bangsa lain. Hubungan diplomatik dalam bentuk apapun tak boleh menghasilkan keputusan tanpa pertimbangan yang melibatkan kehadiran nilai-nilai Pancasila.

2. Pancasila sebagai jiwa bangsa

Artinya, institusi sosial di Indonesia dari yang paling besar sampai yang paling kecil harus menjadikan pancasila sebagai sumber inspirasi ideologinya. Dari institusi tingkat tinggi seperti negara sampai ormas, nilai-nilai pancasila harus diposisikan sebagai jiwanya.

3. Pancasila sebagai kepribadian bangsa

Fungsi Pancasila sebagai identitas bangsa yang layak dibanggakan. Sebagai identitas, pancasila merupakan jawaban dari pertanyaan tentang apa kepribadian bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

4. Pancasila sebagai sumber hukum

Fungsi ini mirip fungsi umum pancasila sebagai sumber segala sumber hukum. Pada prinsipnya sama, hukum yang dibuat oleh insitusi atau organisasi di berbagai level tak boleh bertentangan dengan nilai-nilai pancasila.

5. Pancasila sebagai cita-cita bangsa

sudutpendidikan7.blogspot.com

Artinya, pancasila sebagai dasar negara mengandung ide atau gagasan ideal yang hendak diwujudkan oleh segenap elemen bangsa Indonesia.

Nilai-nilai pancasila yang merupakan konsep abstrak dilihat sebagai tipe ideal yang menjadi cita-cita masyarakat Indonesia. Fungsi pancasila sebagai cita-cita bangsa artinya nilai-nilai pancasila menjadi orientasi kemana bangsa ini hendak diarahkan.

Setiap manusia di dunia pasti mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur.

Pandangan hidup berfungsi sebagai pedoman untuk mengatur hubungan manusia dengan sesama lingkungan dan mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya sehingga termasuk fungsi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here