Pentingnya Makna Hakikat Wawasan Nusantara bagi Bangsa Indonesia

ruangpustaka.web.id

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk memilih atau menguasai tentang hakikat wawasan nusantara.

Wawasan nusantara secara sederhana dapat diartikan sebagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya sendiri untuk mencapai tujuan nasional Indonesia.

Secara etimologi wawasan adalah wawas, cara pandang, melihat, dan pengetahuan. Sementara nusantara adalah deretan pulau-pulau atau kepulauan.

Kita tentu tahu kalau Indonesia kerap disebut dengan negara kepulauan. Oleh karenannya, Indonesia adalah nusantara atau negara yang memiliki banyak pulau di dalamnya. Segala bentuk pengetahuan tentang Indonesia adalah hakikat wawasan nusantara.

Pengertian Hakikat Wawasan Nusantara

manjur.id

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara/ nasional, dalam pengertian: cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara dan demi kepentingan nasional.

Berarti setiap warga negara bangsa dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh lembaga negara.

Sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan guna mencapai tujuan nasional harus berdasarkan wawasan nusantara yang menyeluruh atau tidak setengah-setengah.

Tiap warga negara dan aparatur negara harus berpikir, bersikap ,dan bertindak secara utuh dan menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Hal tersebut juga mencakup produk yang dihasilkan oleh lembaga negara yang harus berada dalam lingkup dan juga demi kepentingan bangsa Indonesia. Tentunya tanpa harus menghilangkan kepentingan daerah, golongan dan individu.

Segala sesuatu mengenai manfaat, fungsi dan tujuan wawasan nusantara telah diatur dalam UUD 1945 dan Pancasila. Begitu pula dengan hakikat wawasan nusantara dan kedudukannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

Konsep Wawasan Nusantara

aktual.com

Adapun wawasan nusantara dibentuk sebagai konsepsi ketahanan nasional, sebagai pembangunan nasional, sebagai pertahanan dan keamanan serta sebagai wawasan kewilayahan.

Peran wawasan nusantara pun cukup penting guna mewujudkan persatuan dan kesatuan negara Indonesia, terutama dengan kondisi masyarakat yang beragam.

Pengertian wawasan nusantara secara umum dijelaskan pada Tap MPR Tahun 1993 dan 1998.

Definisi wawasan nusantara adalah wawasan nasional yang bersumber pada pancasila dan berdasarkan UUD 1945 yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hakikat wawasan nusantara adalah untuk mencapai tujuan nasional dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Wawasan nusantara sangat penting adanya mengingat keberagaman penduduk atau masyarakat Indonesia.

Hakikat Wawasan Nusantara sebagai Pedoman

kamiindonesia.id

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara atau nasional. Artinya secara luas, hakikat wawasan nusantara merupakan cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

Setelah kita memiliki wawasan nusantara, maka kita akan mengakui bahwa Indonesia tidak berwajah tunggal, melainkan Indonesia penuh dengan keberagaman.

Bung Karno pernah mengatakan dalam autobiografinya bahwa ”bangsa Indonesia didirikan untuk mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Sila pamungkas Pancasila mengatakan Indonesia berdiri dengan visi menciptakan ”keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional memiliki kedudukan yang dalam di hati masyarakat Indonesia. Seharusnya memang demikian, setiap warga negara sadar akan hal ini.

Sayang, pada kenyataannya, banyak mayarakat dan pemerintah yang keblinger. Kedudukan wawasan nusantara semestinya berada pada landasan dasar yang menopang tujuan nasional.

Tujuan Memiliki Wawasan Nusantara

bukubiru.com

Tujuan wawasan nusantara adalah untuk menumbuhkan jiwa-jiwa manusia Indonesia yang cinta tanah air, nasionalis, dan patriotik.

Hakikat wawasan nusantara memiliki dua aspek, yaitu Trigatra dan Pancagatra. Keduanya tidak bisa berdiri sendiri. Jika diterjemahkan dalam istilah lain, Trigatra adalah pengetahuan alam dan Pancagatra adalah pengetahuan sosial.

Sudah disampaikan sebelumnya bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang atau pengetahuan yang menyeluruh tentang bangsa Indonesia.

Dengan kata lain, memiliki wawasan nusantara artinya memiliki pandangan dan pengetahuan yang menyeluruh tentang Indonesia, tidak setengah-setengah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan hasanah nusantara kita. Aamiin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here