Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Apa yang terbesit ketika mendengar iklan layanan masyarakat? Tentu saja karena ditujukan untuk melayani masyarakat iklan tersebut tidak bersifat komersil.

Kalau dijelaskan secara rinci iklan layanan masyarakat dapat diartikan dengan iklan yang memuat pesan-pesan sosial yang dapat membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap suatu masalah yang dihadapi bersama, yaitu keadaan yang dapat mengancam kelangsungan hidup orang banyak.

ILM (iklan layanan masyarakat) tersebut biasanya dibuat oleh organisasi profit dan non profit. Tetapi sekali lagi bukan untuk tujuan komersil tetapi sosial ekonomis. Sosial ekonomis disini memiliki tujuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena banyak sekali ragam iklan tentunya setiap jenisnya memiliki standar tersendiri yang dapat mencirikan setiap jenis iklan tersebut. Untuk mengetahui apakah sebuah iklan layak disebut dengan iklan layanan masyarkat Dewan Periklanan Amerika Serikat telah menentukan kriteria-kriterianya.

Adapun beberapa kriteria yang bisa dijadikan indikator sebuah iklan layanan masyarakat adalah sebagai berikut:

Kriteria iklan layanan masyarakat

1. Tidak komersil
2. Tidak bersfat keagamaan
3. Tidak bersifat poltis
4. Berwawasan nasional
5. Ditujukan untuk semua lapisan masyarakat
6. Diajukan oleh organisasi yang telah diakui
7. Dapat diiklankan
8. Memiliki dampak dan kepentingan umum yang tinggi, sehingga dapat memperoleh dukungan media lokal ataupun nasional

Fungsi iklan layanan masyarakat

Meskipun di atas telah sedikit disinggung mengenai fungsi iklan layanan masyarakat, namun secara detail fungsi tersebut dapat disimak pada penjelasan di bawah ini:

1. Informing

adalah  memberikan informasi kepada khalayak umum/masyarakat mengenai program atau layanan, juga aktivitas suatu organisasi yang berkaitan dengan sosial.

2. Persuading

yaitu  iklan dapat berfungsi untuk membujuk atau mengajak masyarakat untuk ikut serta dengan program lembaga/organisasi yang dibuat misalkan program BPJS, KTP, KB juga program pemerintah lainnya.

3. Reminding

berarti iklan berfungsi untuk membuat masyarakat selalu ingat dengan program yang dijalankan oleh lembaga/organisasi termasuk lembaga pemerintah

4. Adding Value

Adding value berarti iklan berfungsi untuk memberikan nilai tambah kepada program tertentu melalui persepsi dari masyarakat.

Contoh iklan layanan masyarakat

• Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap
porosilmu.com

Seperti yang kita ketahui meskipun tidak ada larangan untuk merokok namun merokok memang dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

Kendati demikian masih banyak orang yang tetap merokok baik di ruang pribadi maupun ruang publik. Sehingga langkah kecil yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi jumlah tersebut adalah mengkampanyekan bahaya rokok melalui iklan yang dapat dilihat oleh masyarakat.

Salah satu contoh teks iklan layanan masyarakat terkait bahaya merokok dapat dilihat di bawah ini:

“Setiap kali kamu menghisap rokok, rokok akan membunuhmu hidup hidup.
Merokok dapat merusak dan menghancurkan secara perlahan organ dan jaringan vital
tubuhmu, jantung, paru- paru, mulut, gigi, tenggorokan dan otak…
Berhenti merokok sekarang juga. Rokok Membunuhmu Hidup- Hidup!!”

• Iklan Layanan Masyarakat Lalu Lintas

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap
youtube.com

Diberikannya aturan dalam berlalu lintas adalah agar menjaga keselamatan jiwa manusia ketika berada di jalan raya. Sayangnya masih terdapat pengendara yang malah melanggar aturan tersebut dengan segala alasan, entah karena tidak mengetahui aturan tersebut atau memang dengan sengaja melanggarnya.

Untuk itu pihak kepolisisan lalu lintas membuat sebuah iklan layanan masyarakat terkait lalu lintas agar setiap pengendara dapat mematuhi aturan yang ada.

• Contoh Iklan Layanan Masyarakat Pendidikan

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap
azizahrempong.blogspot.com

Iklan layanan masyarakat terkait pendidikan biasanya dikampanyekan oleh pihak pemerintah dimana Ia lah pihak yang bertanggung jawab dalam memenuhi hak rakyat untuk memperoleh pendidikan.

Yang sedang dikampanyekan oleh pemerintah terkait pendidikan tersebut salah satunya adalah wajib belajar 9 tahun yang diberikan secara gratis oleh pemerintah. Dengan adanya iklan tersebut harapannya masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya pendidikan, dan juga mengingatkan pemerintah untuk benar-benar memenuhi hak pendidikan tersebut.

Selain itu nilai/value yang didapat dari pendidikan juga sangat penting salah satunya yang sedang dikampanyekan adalah persoalan budi pekerti, seperti contoh teks iklan berikut ini:

“Sekolah adalah rumah kita, sedang guru adalah orang tua dan sahabat yang membimbing kita. Pelajar berbudi pekerti.. cinta damai dan saling tolong menolong, memiliki rasa belas kasih. bersahabat dan tersenyum bersama. Pelajar Indonesia.. Pelajar Berbudi Pekerti!.” (iklan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

• Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan / Go Green

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap
fathulsblog.blogspot.com

Kebakaran hutan, penebangan hutan, pemanasan global, sampah platik, semuanya mempunyai dampak yang buruk bagi bumi ini. Sehingga salah satu hal yang bisa dilakukan adalah merawatnya dengan sebenar-benarnya.

Namun langkah tersebut harus dilakukan bersama-sama oleh banyak orang untuk mendapatkan dampak yang maksimal. Karenanya diperlukan kampanye lewat iklan layanan masyarakat yang sangat mungkin dilihat oleh banyak orang. Salah satu contoh teks iklannya dapat dilihat di bawah ini:

“Ada tindakan yang lebih bijaksana, dibanding dengan membuang sampah sembarangan. Salah satunya yaitu kita dapat memanfaatkan kembali botol bekas air mineral ini untuk dijadikan vas bunga, tempat pensil dan celengan. Kita harus mulai peduli tentang dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan. Semua dapat dilakukan dari hal yang kecil. “*Reuse, Reduce, Recycle”.* Bila masih sulit untuk melakukan hal ini. Mari kita mulai dengan membuang sampah pada tempatnya” (sumber; multimedia SMK sukawati Sragen).

• Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Narkoba

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap
jejakkasus.info

Narkoba juga menjadi salah satu hal yang sedang diperangi bersama hampir oleh seluruh bagian dunia karena efeknya yang dapat mengancam jiwa manusia.

Oleh karenanya pemerintah Indonesia juga mengkampanyekan jauhi narkoba melalui iklan layanan masyarakat. hal yang dimuat dalam iklan tersebut tentu saja dampak/bahayanya seseorang jika menggunakan narkoba, atau juga langkah yang perlu dilakukan agar dapat terhindar dari narkoba.

Berikut adalah salah satu contoh teks iklan tersebut:

“Ketika tekanan kerja mendera, dan hidup terasa membebani, jiwa dan langkah kehilangan arah. Saat itulah, narkoba mengulurkan tangan-tangan kejinya, merenggut karir, merampas pekerjaan, menghancurkan orang -orang tercinta, tak ada tempat untuk lari. Kecuali memperteguh diri dan kembali ke pelukan keluarga. Sayangi keluargamu – JAUHI NARKOBA!!” (iklan layanan BNN).

• Contoh Iklan Layanan Masyarakat Keluarga Berencana

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap
contohmajasku.blogspot.com

Keluarga berencana adalah salah satu hal yang juga dikampanyekan oleh pemerintah melalui iklan layanan masyarakat, dimana iklan tersebut memuat pentingnya KB demi kebaikan keluarga. Selain itu iklan tersebut juga menginformasikan betapa mudahnya melakukan keluarga berencana tersebut.

Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan baru untuk siapapun. Jika ada yang mau menambahkan ilmunya bisa langsung ditulis di kolom komentar ya, agar bisa saling belajar.

Dan semoga dengan adanya iklan layanan masyarakat menjadikan masyarakat lebih dapat menjaga apa yang perlu dijaga, menghindari apa yang perlu dihindari dan melakukan apa yang perlu dilakukan demi kelangsungan hidup bersama di bumi ini.

Selamat merawat kehidupan teman-teman!

Leave a Comment