Sudah Tahu Belum Apa Itu Jaringan Tumbuhan dan Apa Saja Jenisnya?

Posted on

Apa sih jaringan tumbuhan itu? Jaringan tumbuhan merupakan sekelompok sel yang memiliki fungsi dan asal struktur yang sama.

Di awal perkembangannya, semua sel akan membelah diri, namun saat pertumbuhan yang lebih lanjut nanti, pembelahan sel jadi sangat terbatas dimana hanya ada pada bagian yang khusus saja dari tumbuhan.

Bagian atau jaringan khusus ini tetaplah sifatnya embrionik atau selalu membelah diri, jaringan embrionik sendiri disebut dengan meristem. Pembelahan sel pada dasarnya berlangsung di jaringan lain selain dari meristem misalnya korteks batang.

Namun, jumlah pembelahan yang terjadi sangatlah terbatas dan sel meristem akan mengalami pertumbuhan dan secara khusus membentuk beberapa macam jaringan yang tak punya kemampuan lagi untuk melakukan pembelahan diri. Jaringan yang satu ini biasa disebut dengan jaringan dewasa.

Macam-Macam Jaringan Tumbuhan

Dilihat dari tahap perkembangannya, jaringan penyusun yang ada di dalam tumbuhan bisa dibedakan ke dalam dua macam yakni jaringan meristem dan jaringan dewasa.

1. Jaringan Meristem

indonetedu.blogspot.com

Jaringan meristem sering disebut dengan jaringan embrional yang di dalamnya terdapat sel-sel yang aktif dalam melakukan pembelahan diri secara mitosis.

Pada jaringan tumbuhan ini, kemampuan jaringan akan bermitosis dengan terus menerus sampai bertambahnya sel baru, sehingga nantinya tumbuhan akan mengalami yang namanya pertambahan tinggi dan juga volume.

Jaringan meristem punya sifat-sifat diantaranya disusun oleh sel muda yang masih aktif membelah pada saat berada di fase pertumbuhan dan juga perkembangan.

Selain itu jaringan meristem tidak memiliki ruang antar sel atau susunan rapat, memiliki sel yang berbentuk bulat, kuobit, polygonal ataupun prismatim dan punya dinding sel yang sangat tipis namun ada beberapa sel lain yang punya dinding yang tebal.

Jaringan embrional ini juga terdiri dari beberapa jenis, jika dilihat dari asal usulnya ada yang namanya jaringan meristem primer dan sekunder, jika dilihat dari letaknya ada yang namanya jaringan meristem apikal, interkalar, dan lateral.

2. Jaringan Dewasa

pelajaran.id

Sementara jaringan tumbuhan penyusun yang dewasa atau permanen, pada jaringan ini sel tadi sudah berhenti membelah. Jaringan ini sering dikatakan sebagai jaringan permanen sebab sudah mengalami yang namanya diferensiasi dan juga spesialisasi fungsi sel yang merupakan hasil dari pembelahan jaringan meristem.

Pada jaringan dewasa, ada yang namanya jaringan pelindung yakni epidermis dan juga jaringan gabus, ada yang namanya jaringan dasar atau parenking, ada yang namanya jaringan penguat yaitu kolenkim dan juga sklerenkin dan ada yang namanya jaringan pengangkut yakni xylem dan juga floem.

Pada jaringan ini, ada sifat-sifat yang perlu kamu ketahui yaitu jaringan ini tidak memperbanyak diri. Pada jaringan ini juga ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan sel meristem.

Jaringan dewasa juga banyak yang punya vakuola yang besar. Pada jaringan dewasa juga terkadang ada sel yang telah mati, dinding sel mengalami yang namanya penebalan dan terdapat ruang antar sel.

Nah itulah tadi penjelasan tentang pengertian jaringan tumbuhan dan juga macam-macam jaringan tumbuhan yang perlu kamu ketahui. Jika ada pembahasan lain yang ingin kamu dapatkan tapi tidak ada pada artikel ini, kamu bisa mencari artikel lain di internet yang tentunya pembahasan tentang jaringan tumbuhan ini sudah banyak sekali.

Semoga artikel yang kami ulas kali ini dapat memberikan pengetahuan baru serta menambah wawasan kamu yang membacanya. Semoga artikel ini juga dapat memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian dimanapun kamu berada.

Tidak ada salahnya untuk memperbanyak bahan bacaan sehingga pengetahuan tentang jaringan tumbuhan pun jadi lebih luas nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *