8 Jenis Perawatan Gigi yang Rutin Dilakukan oleh Dokter Gigi

Gigi adalah salah satu organ yang penting bagi manusia, berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan sehingga dapat dicerna dan ditelan dengan baik.

Gigi yang berlubang dapat mengganggu kenikmatan pada saat makan. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan perawatan gigi rutin untuk menghindari gigi berlubang.

Jenis Perawatan Gigi

Anda bisa pergi ke dokter gigi untuk melakukan berbagai mcam perawatan gigi, ingin tahu selengkapnya? Berikut Jenis Perawatan Gigi yang Rutin Dilakukan oleh Dokter Gigi:

1. Pemeriksaan berkala

Image Source: doktermulut.com

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh kondisi gigi dan mulut Anda, untuk mengetahui adanya masalah gigi, gusi, pembusukan, lubang, ataupun yang lainnya.

Bila Ada masalah serius maka dokter akan langsung memberikan beberapa pilihan pengobatan, merinci biaya dan menentukan kemungkinan waktu tindakan pengobatan dilakukan.

2. Pembersihan Gigi dan Scaling

Image Source: hellosehat.com

Pembersihan gigi berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang melengket pada gigi, seperti partikel makanan, kalkulus keras, plak, dan yang lainnya.

Dokter gigi akan mengolesi gigi dengan pasta abrasive dan menggosok gigi dengan sikat berputar serta memberikan petunjuk dan saran cara menjaga kebersihan gigi.

3. Sealants Fisura

Image Source: ykgai.com

Perawatan ini berfungsi untuk melindungi gigi dan mulut dari pembusukan, gigi yang paling sering diobati umumnya adalah gigi geraham.

4. Tambal Gigi

Image Source: klimg.com

Kerusakan atau gigi berlubang yang biasanya terjadi pada gigi geraham dapat diatasi dengan ditambal. Dokter gigi akan memakai bor khusus gigi dan berbagai peralatan lain untuk membuang bagian gigi yang sudah busuk, setelah itu rongga dibersihkan, dikeringkan, lalu di tambal dengan zat khusus untuk menutupi lubang.

5. Restorasi Gigi

Image Source: cdn.baca.co.id

Gigi yang rusak baik akibat kecelakaan, terjatuh, atau bawaan dari lahir dapat diperbaiki untuk memperbaiki bentuk dan susunan gigi.

6. Pemasangan Gigi Palsu

Image Source: mediskus.com

Kehilangan gigi baik karena faktor usia ataupun cidera akan menurunkan rasa percaya diri, maka dari itu pemasangan gigi palsu yang dapat dilepas kembali dapat menjadi salah satu solusinya.

7. Perawatan Ortodontik

Image Source: access.myfave.gdn

Perawatan ini berfungsi untuk memperbaiki posisi gigi dan kelainan pada rahang. Bagi yang memiliki gigi yang menonjol dapat melakukan perawatan ortodontik termasuk pemasangan kawat gigi agar susunan gigi menjadi lebih bagus dan rata.

8. Pemasangan Mouthguard

Image Source: bp.blogspot.com

Bagi Anda para olahragawan ekstrim yang membutuhkan pelindung gigi (mouthguard) untuk mencegah gigi dari kerusakan akibat benturan pada wajah (pukulan, terjatuh, hantaman benda) sebaiknya mengunjungi dokter gigi untuk memilih mouthguard yang cocok dan pas dengan gigi dan mulut Anda.

Leave a Comment