5 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia ini Paling Berjaya sepanjang Sejarah

fokussatu.com

Ajaran agama Hindu mulai masuk dan dikenal oleh masyarakat pribumi nusantara melalui para pedagang yang datang dari India. Ajaran Hindu ini semakin lama menjadi semakin kuat dan menjadi akar dari bermunculannya kerajaan-kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

Beberapa daftar Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia

1. Kerajaan Kutai

theinsidemag.com

Salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai. Kutai Martadipura merupakan salah satu kerajaan yang bercorak Hindu di nusantara dan memiliki bukti sejarah menjadi kerajaan tertua.

Kerajaan Kutai ini berdiri sekitar abad ke-4 dan terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya kerajaan ini terletak di hulu sungai Mahakam.

Nama Kutai dikemukakan oleh para ahli yang mengambil dari nama tempat pertama kali ditemukannya sebuah prasasti yang menunjukkan eksistensi dari kerajaan Kutai tersebut. Sayangnya, prasasti tersebut tidak menyebutkan nama kerajaan secara jelas dan informasi yang diperoleh sangat sedikit.

2. Kerajaan Tarumanegara

budayajawa.id

Tarumanegara menjadi kerajaan yang kedua sebagai kerajaan Hindu tertua di Nusantara ini. Kerajaan ini disebut juga dengan nama Kerajaan Taruma merupakan sebuah kerajaan yang pernah memiliki kuasa di wilayah barat pulau Jawa, pada abad ke-4 sampai dengan abad ke-7 M.

Kerajaan Taruma atau Tarumanegara ini menjadi salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang meninggalkan jejak dalam catatan sejarah. Catatan sejarah tersebut juga berupa peninggalan artefak di lokasi kerajaan.

Artefak tersebut menggambarkan bahwa pada saat itu Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu dengan aliran Wisnu.

3. Kerajaan Medang

fokussatu.com

Sering juga disebut dengan nama Kerajaan Mataram Kuno atau juga Kerajaan Mataram Hindu. Kerajaan Mataram merupakan nama dari sebuah kerajaan yang berdiri kokoh di wilayah Jawa Tengah pada masa abad ke-8.

Selanjutnya, Kerajaan Mataram Kuno ini memutuskan untuk berpindah ke Jawa Timur pada masa abad ke-10. Para raja dari kerajaan ini juga banyak meninggalkan jejak sejarah yang berupa prasasti-prasasti yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan juga Jawa Timur.

Serta adanya pembangunan candi-candi baik yang bercorak ajaran agama Hindu dan juga ajaran agama Budha. Namun, Kerajaan Medang ini mengakhiri masa kejayaannya pada pada awal abad ke-11.

4. Kerajaan Kediri

gurukelas.co.id

Selanjutnya yang keempat dan termasuk ke dalam salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kediri. Disebut juga dengan nama Kerajaan Kadiri atau juga Panjalu, merupakan sebuah kerajaan yang terdapat di wilayah Jawa Timur.

Kerajaan Kediri ini diketahui berdiri diantara tahun 1042 sampai dengan tahun 1222 M. Kerajaan ini memiliki pusat pemerintahan di kota Daha, yang berlokasi di sekitar Kota Kediri saat ini. Sebelumnya, kota Daha telah ada terlebih dahulu sebelum Kerajaan Kediri mulai berdiri.

Daha merupakan nama singkatan dari Dahanapura, yang memiliki arti kota api. Nama ini juga terdapat dalam prasasti Pamwatan yang dikeluarkan oleh Airlangga pada tahun 1042 M.

Sesuai dengan berita dalam Serat Calon Arang yaitu, saat pemerintahan Airlangga berakhir, pusat kerajaan tersebut sudah tidak akan lagi berada di wilayah Kahuripan, namun telah pindah ke Daha.

5. Kerajaan Singhasari

kabardunia.com

Yang terakhir adalah Kerajaan Singhasari atau yang sering pula disebut Singasari atau bahkan Singosari. Adalah sebuah kerajaan di wilayah Jawa Timur dan didirikan oleh Ken Arok sekitar tahun 1222 M. Lokasi kerajaan ini diperkirakan berada di daerah Singosari, saat ini disebut Malang.

Sejak pertama didirikan, kerajaan Singosari juga memiliki beberapa raja yang telah memimpin kerajaan tersebut. Namun dalam penyebutan Pararaton dan Nagarakretagama dalam urutan nama-nama raja Singhasari ini terdapat perbedaan sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here