Kerajaan Sriwijaya | Kejayaan yang Tersohor hingga ke Asia Tenggara

toriolo.com

Kerajaan Sriwijaya, menjadi salah satu dari kerajaan tersebut yang memiliki pengaruh di Nusantara. Pada zaman dahulu, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang makmur dengan banyaknya kerajaan yang berdiri tegak di wilayahnya.

Bahkan dari beberapa kerajaan yang dimiliki oleh Indonesia memiliki kekuasaan hingga ke luar negeri. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa kerajaan-kerajaan yang terdapat di Indonesia saat itu sangat berjaya.

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan yang terletak di Pulau Sumatera. Kerajaan ini cukup besar dan juga memiliki pengaruh yang sangat luas, bahkan pengaruh dari kerajaan ini ini tidak hanya di wilayah Indonesia saja tapi juga meluas hingga ke Asia Tenggara.

Masa-Masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

ibnuasmara.com

Kerajaan Sriwijaya juga diketahu sebagai pusat penyebaran agama Buddha pada abad 8 sampai dengan abad 12. Selain sebagai pusat penyebaran agama, kerajaan ini juga mengalami masa kejayaan karena pengaruh perdagangan lautnya yang begitu ramai.

Dapat dikatakan bahwa Sriwijaya ini menjadi satu-satunya kerajaan berkuasa di Selat Malaka. Hal tersebut membuat kerajaan ini memiliki hubungan dagang yang begitu erat dengan beberapa negara.

Seperti India, China, dan juga Kepulauan Malaysia yang pada saat itu dikenal sebagai negara yang memiliki pengaruh dagang yang sangat kuat.

Sriwijaya dipimpin oleh Sri Jayanasa, sebagai raja pertamanya. Namun kejayaan dari kerajaan ini terlihat saat pemerintahan Balaputra Dewa.

Kata Sriwijaya dalam bahasa Sansekerta sriwi memiliki arti yang bercahaya atau gemilang, dan kata wijaya memiki arti kemenangan atau juga kejayaan.

merdeka.com

Apabila digabungkan, Sriwijaya berarti kemenangan yang gilang gemilang. Arti dari nama Sriwijaya tersebut juga telah terbukti dengan pencapaian dan kejayaan yang berhasil diraih oleh kerajaan ini pada masanya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan dengan pusat dan penganut agama Buddha yang terbesar. Kerajaan ini menganut agama Buddha dengan aliran Buddha Vajrayana, Buddha Hinayana, Buddha Mahayana dan juga Hindu.

Walaupun terdapat agama Hindu di dalam lingkungannya, namun agama Hindu tidaklah berpengaruh terlalu besar. Selain itu, kerajaan juga ini memiliki masyarakat yang sebagian besar menggunakan Bahasa Melayu Kuno dan Sansekerta Jawa Kuno sebagai bahasa komunikasi.

Pada saat itu, kegiatan jual beli dilakukan dengan menggunakan mata uang emas dan juga perak. Sriwijaya diketahui menjalankan sistem pemerintahan monarki yang membuat sistem pemerintahan di kerajaan ini sangat bagus.

Beberapa Raja Sriwijaya yang Tersohor

dentmasoci.com

Selain itu, kemampuan para raja yang memimpin Sriwijaya juga patut diancungi jempol, karena mampu membawa kekuasaan Sriwijaya meluas hingga ke wilayah Asia Tenggara. Hingga menguasai perdagangan dengan beberapa negara tetangga.

Hal tersebut tentu saja dicapai dengan tangan dingin para raja-raja hebat yang telah memimpin Sriwijaya. Raja-raja tersebut antara lain Raja Daputra Hyang.

Raja ini memiliki cita-cita untuk membuat Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan Maritim. Melalui tangan dinginnya, Sriwijaya mampu melebarkan kekuasaan hingga ke Jambi.

Yang kedua adalah Raja Dharmarestu. Dharmarestu diketahui berhasil memperluas kekuasaannya sampai dengan Semenanjung Malaya dan ia juga berhasil menjadlin kerjasama dengan India dan China.

Yang ketiga adalah Balaputra Dewa. Raja ini menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Buddha yang cukup besar di Asia Tenggara. Bahkan ia juga mampu membuat Sriwijaya menjalin kerjasama dengan beberapa kerajaan yang ada di India, seperti Kerajaan Nalanda dan Cola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here