Kisah Nabi Idris AS. | Kisah Singkat 25 Nabi dan Rasul

Berikut adalah cerita atau kisah dari Nabi Idris AS. Semoga cerita super singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi Kita semua.

Nama nabi Idris as. yang sebenarnya adalah Akhnukh, kemudian dikenal dengan nama Idris adalah karena beliau suka menghabiskan waktunya untuk membaca dan mempelajari kitab Allah.

Idris merupakan putra Adam yang pertama kali diberikan hak kenabian dan diperintahkan untuk menyampaikan risalah dan ajaran Allah SWT. Setelah nabi Adam dan Shyth.

Didalam Alkitab, nabi Idris ini dikenal dengan nama henokh yang wafat pada usia 82 tahun. Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi adam yang hidup hidup 1.000 tahun setelah nabi Adam meninggal dunia.

Nabi idris dianugerahi kepandaian dalam berbagai disiplin ilmu oleh Allah SWT. Kemahiran dan kemampuannya dalam menciptakan berbagai alat untuk mempermudah segala pekerjaan manusia.

Nabi Idris ini menyerukan ajaran dan risalahnya untuk menegakkan agama Allah, mengajarkan tauhid serta menyembah hanya kepada Allah agar dapat terhindar dari siksaan neraka dan mencapai surgaNYA pada orang-orang yang berada disekitar daerah Mesir.

Beliau adalah orang yang suka berpuasa sepanjang masa, ketika datang waktu berbuka, malaikat selalu membawakan makanannya langsung dari surga.

Beliau juga adalah salah satu orang yang selalu dirindukan oleh malaikat pencabut nyawa karena ketaqwaannya terhadap Allah SWT, maka beliau sangat dicintai banyak malaikat termasuk malaikat maut.

Bahkan beliau adalah orang yang semasa hidupnya diajak oleh malaikat untuk berjalan-jalan untuk sekedar melihat keindahan surga dan kenistaan nerakaNYA.

Selain itu ada beberapa keterampilan yang dimiliki oleh idris diantaranya adalah mampu menulis, menjahit dan juga mengetahui ilmu mengenai binatang.

Dia pandai dan bisa menunggangi kuda karena memang itu sudah menjadi kemampuan mereka untuk melakukannya.

Kemampuannya itu sungguh sangat mumpuni dan juga bisa memberikan banyak kontribusi pada umatnya. Dia bisa memberikan pengetahuan agama lewat dakwah serta memberikan banyak ilmu yang juga kuasai dalam bidang yang lainnya.

Nabi Idris sendiri adalah seorang nabi yang diutus kepada keturunan Qabil yang telah durhaka kepada habil karena telah membunuhnya. Idris berdakwah dan juga menyampaikan dakwahnya kepada kalangan keturunan Qabil tersebut.

Dia mengajarkan tauhid mengajak orang-rang untuk menyembah tuhan yang maha kuasa yakni Allah. Hal yang paling menonjol dari nabi ibrahim ini adalah kesabarannya yang sangat baik dan juga dia sangat taat sekali dalam beribadah. Namun demikian dalam perjalanannya, ada banyak sekali hambatan yang dia hadapi.

Nabi Idris hidup dan menyebarkan agama islam di Mesir, dan dia wafat pada usia 82 tahun. Diceritakan juga bahwa pada saat nabi muhammad melakukan isra mi’raj, nabi idris adalah nabi yang memberikan salam kepada nabi Muhammad. Dalam al-qur’an, kisah nabi idris diceritakan dalam beberapa surat seperti dalam surat Maryam dan lainnya.

Leave a Comment