Kisah Nabi Yahya AS. | Kisah Singkat 25 Nabi dan Rasul

Berikut adalah cerita atau kisah dari Nabi Yahya AS. Semoga cerita super singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi Kita semua.

Nabi Yahya AS adalah keturunan nabi, beliau adalah anak dari nabi Zakaria. Nabi Yahya adalah orang yang sangat patuh dan taat terhadap kedua orang tuanya, tidak pernah sombong ataupun durhaka, beliau menjauhi akhlak tercela lainnya dan melaksanakan segala kebaikan dan berakhlak mulia.

Dikalangan bani Isril, nabi Yahya dikenal sebagai seorang ahli agama dan juga penghapal Taurat. Beliau termasuk orang yang pintar dan pandai dalam berpikir dan bertindak serta rajin dalam melaksanakan ibadah pada waktu siang dan malam hari.

Di kalangan kaum-nya nabi Yahya ini terkenal sebagai seorang yang menguasai masalah keagaman. Dia mampu menghapal taurat yang seringkali dipercaya menjadi hakim dalam hukum agama dengan memiliki usaha yang tegas untuk menegakan agama Allah SWT.

Pada saat melarang raja Hirodus, dia menjadi salah seorang yang melarang praktek pernikahan dengan kemenakan yang akan dilakukan oleh Hirodus karena memang hal itu tidak sesuai dengan apa yang tercantum dalam kitab taurat yang dia pegang waktu itu.

Selain itu, Nabi Yahya juga terkenal sebagai seorang pembaptis. Dia sering memandikan orangorang yang berdosa untuk bertaubat.

Adapun cara pembaptisan yang dilakukan pada waktu itu adalah dengan memandikan orang-orang yang akan bertaubat itu di tepian sungai Yordan.

Adapun makna dari pemandian itu adalah sebagai ciri dari mensucikan dosa serta sebagai tanda juga kalau orang tersebut sudah bertaubat.

Nabi yahya adalah orang yang terkenal pemberani dan tegas dalam mengambil keputusan, menegakkan kebenaran meski harus menentang seorang penguasa dan tidak pernah takut apabila dihina orang.

Ia mengajak kaumnya untuk bertaubat dan menyembah Allah, ada sebuah cerita tentang ia yang bisa membuat orang yang bertaubat sebagai tanda pertaubatannya.

Kejadian itu diartikan sebagai pembaptisan dalam ajaran kristen, namun yang sebenarnya yang dilkukan oleh nabi yahya itu adalah hanya sebagai tanda dari perwujudan taubat yakni bisa dikatakan sebagai mandi besar. Dan juga, nabi Yahya lah yang memandikan nabi Isa as.

Kisah nabi Yahya ini tidak dapat dipisahkan dari kisah ayahnya yakni nabi Zakaria. Nabi Zakaria dan anaknya nabi Yahya diutus kepada bani Israil. Kaum ini adalah yang mungkar, dzalim, melakukan banyak maksiat dan kerusakan merajalela dimana-mana.

Begitupun dengan para penguasanya, bani israil memiliki raja-raja yang dzalim dan berbuat kerusakan, raja Herodes adalah penguasa palestina yang dikenal paling jahat dan berbuat semena-mena terhadap rakyatnya. Dialah pula yang memerintahkan pasukannya untuk membunuh nabi Zakaria dan nabi Yahya.

Nabi Yahya meninggal karena dibunuh oleh utusan raja herodus atas anjuran herodia. Alkisah pada masa herodus menjadi raja, herodus ini ingin menikahi wanita yang sangat molek dan sangat menawan yang tidak lain adalah keponakannya sendiri.

Leave a Comment