Kisah Nabi Yunus AS. | Kisah Singkat 25 Nabi dan Rasul

Berikut adalah cerita atau kisah dari Nabi Yunus AS. Semoga cerita super singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi Kita semua.

Yunus adalah seorang nabi yang diutus Allah SWT kepada suatu kaum yang sangat keras kepala yang disebut dengan kaum Ninawa. Allah SWT memerintahkan Yunus untuk meminta kaum tersebut insyaf dalam 40 hari.

Nabi Yunus pun menuruti dan menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dia mengultimatum kaum tersebut untuk tobat dalam jangka waktu 40 hari. Kalau dalam waktu 40 hari mereka tidak bertaubat, maka mereka akan diberikan azab atau siksa dari Allah SWT.

Namun meski demikian kaum tersebut tidak menggubris apa yang ditegaskan oleh nabi Yunus tersebut malah kemudian menantang untuk menunggu kedatangan dari azab tersebut.

Lalu kemudian menjelasng 40 hari, nabi Yunus-pun pergi ke suatu tempat jauh dari lokasi kaum tersebut. Setelah 40 hari tiba, kemudian kaum tersebut melihat ada awan hitam dan besar berwarna kemerahan seperti api yang akan melibas wilayah dimana kaum tersebut tinggal.

Merekapun kemudian ketakutan. Mereka memang ternyata takut diadzab oleh Allah SWT dan akhirnya mereka berbondong-bondong untuk mencari nabi Yunus.

Namun sayang tak ada seorang-pun yang menemukannya. Akhirnya merekapun bertaubat dan allah-pun menerima taubat dari kaum tersebut.

Pada suatu saat nabi Yunus akan pergi ke suatu tempat dengan menumpang kapal laut, saat tiba di dermaga, dia meminta ijin pemilik kapal untuk naik kapal tersebut.

Lalu kemudian setelah beberapa waktu mengarungi laut yang luas, kapal dihantam ombak yang sangat besar. Lalu, nakoda kapal meminta agar ada satu orang penumpang yang dikorbankan untuk turun dari kapal.

Kemudian dilakukanlah pengundian, dan ternyata beberapa kali diundi, nama Yunus yang selalu muncul. Dia menerima hal itu dan menganggap kalau ini sebagai kehendaknNya.

Lalu, yunus-pun melompat, dan saat melompat ke laut datanglah seekor ikan besar dan kemudian menyantapnya dan membawanya ke pantai.

Di dalam perut ikan tersebut, Yunus menyadari akan beragam kesalahan dan dosa yang telah dia lakukan. Salah satu kesalahan besarnya adalah meninggalkan kaumnya dan mendoakan azab kepada mereka.

Saat dikeluarkan dari dalam perut ikan di pantai, nabi Yunus dalam keadaan yang sangat lemas sekali. Lalu secara bertahap Yunus akhirnya kembali pulih dan juga kemudian sembuh dan kuat kembali.

Saat dia merasa kuat kembali, lalu dia-pun kembali lagi ke tengah-tengah kaum Ninawa untuk tetap membimbing mereka agar tidak menyimpang dari ajaran tauhid yang telah digariskan.

Sebelum dia meninggalkan kaumnya pada waktu itu, nabi yunus hanya mampu mendapatkan dua pengikut saja sedangkan yang lainnya mereka membangkang.

Namun setelah Allah mau menurunkan azab ternyata banyak diantara mereka yang ketakutan dan mau untuk bertaubat dann ada di jalan Allah.

Leave a Comment