Kisah Nabi Yusuf AS. | Kisah Singkat 25 Nabi dan Rasul

Berikut adalah cerita atau kisah dari Nabi Yusuf AS. Semoga cerita super singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi Kita semua.

Nabi Ya’qub memiliki 12 anak dan salah satu yang menjadi nabi dan rasul sebagai generasi penerusnya adalah Yusuf. Yusuf adalah salah satu anak yang paling disayangi oleh Ya’qub bahkan rasa sayang yang berlebihan bisa membuat saudara yang lainnya iri terhadap Yusuf.

Selain itu ketampanan Yusuf juga sangat jauh dari anak-anak lainnya. Tidak salah kalau saudara-saudaranya semakin benci terhadap Yusuf.

Pada suatu hari saudara-saudara Yusuf berencana untuk membinasakannya. Upaya pembinasaan itu dilakukan karena mereka merasa iri terhadap apa yang teah dia dapatkan dari ayahnya yang dianggap berlebihan.

Namun saat berunding, ada ide yang muncul diantara saudaranya itu untuk tidak membunuhnya melainkan membuangnya jauh-jauh.

Bahkan, rencana yang akan dilakukan oleh mereka adalah dengan membuangnya ke dalam sumur agar tidak akan pernah kembali lagi.

Dalam melancarkan rencana tersebut, para saudaranya itu kemudian mengajak main Yusuf ke suatu tempat. Sebelum mereka mengajak Yusuf, mereka juga membujuk ayahnya untuk mengijinkan Yusuf pergi bersama mereka.

Akhirnya Ya’qub ayahnya mengijinkan Yusuf untuk bermain bersama saudara lainnya itu. Dengan diijinkannya Yusuf untuk bermain bersama mereka, maka rencana mereka untuk membuang Yusuf ke sumur bisa berjalan lancar.

Merekapun berjalan bersama-sama ke suatu tempat, lalu kemudian setelah tiba di suatu tempat yang sepi, mereka menemukan sebuah sumur kosong. Lalu, tanpa pikir lain, merekapun langsung menceburkan Yusuf kedalam sumur.

Lalu sebelum diceburkan, mereka mengambil dulu pakaian Yusuf dan kemudian mereka lumuri baju mereka dengan darah kambing.

Lalu merekapun pulang dengan membawa baju Yusuf tersebut dan memberikannya kepada ayahnya. Mereka mengatakan pada ayahnya bahwa Yusuf meninggal karena dimakan serigala.

Tanpa diketahui oleh saudara –saudaranya, ternyata Yusuf ada yang menolong yakni seorang kafilah yang sedang lewat sumur tersebut. Kemudian Yusuf-pun dibawa ke Mesir untuk kemudian di jual kepada keluarga besar di mesir bernama Kiftir.

Karena ketampanannya, istri dari kiftir atau raja yang membeli Yusuf menjadi terpesona. Istri tersebut bernama Zulaikha. Pada suatu ketika Zulaikha mengajak Yusuf melakukan perzinahan, namun Yusuf menolaknya.

Pada saat penolakan terjadi, datanglah sang Raja atau suami dari Zulaikha dan kemudian dia memutarbalikan fakta dengan mengatakan kalau Yusuf mengajaknya berjinah.

Yusuf adalah seorang nabi yang memiliki mujizat menafsirkan mimpi. Pada saat dia dipenjara karena ulahnya Zulaikha, dia sering diminta untuk menafsirkan mimpi-mimpinya.

Semua yang diramalkan dalam tafsiran mimpi Yusuf benar-benar terjadi. Kemudian pada suatu hari raja mesir mendapatkan mimpi dan kemudian dia memanggil semua dukun.

Namun ternyata semua dukun itu tidak bisa menafsirkan mimpi raja dengan benar. Akhirnya yusuf adalah orang yang dipanggil raja dan kemudian di bebas dari penjara.

Leave a Comment