Lagu Daerah Kalimantan Utara (Kaltara) Beserta Lirik dan Maknanya

Provinsi termuda Indonesia ini baru disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun 2012.

Sebelum membentuk provinsi yang berdiri sendiri sebagai Kalimantan Utara, provinsi ini sebelumnya menjadi satu bagian dengan Kalimantan Timur.

Meskipun tergolong baru, provinsi ini sudah diberi hak otonomi untuk mengatur daerahnya sendiri.

Secara administratif Provinsi Kalimantan Utara terbagi menjadi 5 wilayah administrasi yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten.

Provinsi ini terdiri dari Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, dan Kota Tarakan.

Provinsi yang beribukota di Tanjung Selor ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak.

Bahkan wilayah ini merupakan wilayah yang cukup strategis karena berada di antara segitiga Indonesia-Malaysia-Filipina.

Provinsi ke-34 di Indonesia ini juga terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Bahkan potensi sumber daya alam yang terdapat di provinsi ini diprediksi bakal menjadi kawasan industri terbesar yang ada di Indonesia.

Beberapa potensi sumber daya alam yang terdapat di wilayah ini seperti mineral dan energy seperti batu gamping dan pasir kuarsa yang bahkan jumlahnya mencapai ribuan hingga milyaran ton.

Selain itu, terdapat pula potensi minyak dan gas yang mana telah ditemukan 9 titik lading minyak yang mengandung jutaan barel minyak dan triliunan cubic feet gas.

Potensi PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air pun dinilai sangat berpeluang besar karena provinsi inimemiliki lebihd ari 20 sungai.

Mayoritas penduduk yang tinggal di Provinsi Kalimantan Utara ini sebagian besar hampir 40% merupakan Suku Jawa yang mana mereka tinggal di daerah ini melalui program transmigrasi.

Selain Suku Jawa, penduduk asal Sulawesi Selatan juga mendominasi di daerah ini dan selebihnya merupakan penduduk asli Kalimantan yaitu Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Bulungan, Suku Tidung, dan Suku Kutai.

Selain diisi beragam suku, penduduk yang tinggal di Provinsi Kalimantan Utara ini pun menganut agama yang beragam mulai dari islam, Kristen, katolik, budha, hindu, dan konghuchu. Kendati demikian, mereka tetap hidup damai dan saling bertoleransi.

Sebagai negara yang berbudaya, tak ayal Kalimantan Utara pun memiliki budaya dan adat istiadat yang hingga saat ini masih dilestarikan.

Provinsi yang saat ini dipimpin oleh Irinato Lambrie ini memiliki beragam bahasa sesuai dengan bahasa suku masing-masing.

Rumah adat baloy menjadi salah satu ciri khas provinsi ini termasuk senjata tradisionalnya yaitu Mandau.


Lagu Daerah Kalimantan Utara


Selain itu, salah satu lagu daerah yang sarat akan makna dan nasehat berikut ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa provinsi ini juga memiliki kekhasan daerah seperti provinsi lainnya:

Bebilin/Bebalon

Inindang… inindang… 2x
Inindang… inindang… 2x

I yadu yaki bebilin yadu yaki 2x

Bebilin yadu yaki 2x
Suboi no labu bedilit 2x

Penembayuk de no fikir 2x
Impeng de lunas insuai 2x

Reff:
I yadu yaki bebilin yadu yaki 2x
Manongku te ganak kandis 2x
Layau pegadan ku gino 2x
Tembelayan awoi lumot 2x
Batang tembaloi ku gino 2x

I yadu yaki bebilin yadu yaki 2x
Kembali ke reff

Sapu tangan jingga-jingga 2x
Mapit kegulu injakin 2x
Buwoi nio kati intamu 2x
Betapap maya bedindang 2x

I yadu yaki bebilin yadu yaki 2x
I yadu yaki bebilin yadu yaki 2x

I yadu yaki bebilin yadu yaki 3x

Lagu Bebilin yang menjadi lagu paling masyur dan merupakan lagu daerah yang berasal dari Kalimantan Utara ini memiliki makna yang begitu mendalam.

Lirik dalam lagu ini berisi tentang anjuran untuk mengutamakan persatuan dan menghindari perpecahan.

Seolah mewakili salah satu peribahasa dalam Bahasa Indonesia yaitu bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh.

Lagu ini juga mengajarkan bahwa seseorang itu harus memiliki jati diri dan harga diri meskipun tidak memiliki harta yang melimpah.

Kehormatan diri menjadi hal yang harus dijunjung tinggi bagi masyarakat di daerah tersebut.

Selain itu, lagu ini juga memberikan nasehat bahwa seseorang itu harus memiliki cita-cita yang tinggi dan memiliki kemampuan dalam menghadapi masalah dengan cara yang mudah diselesaikan.

Leave a Comment