4 Langkah-langkah Menyusun Pidato yang Baik dan Benar [Lengkap]

Pidato merupakan salah satu kegiatan yang berbicara di depan umum. Pidato ini disampaikan oleh orang yang dipercaya bisa membawakan amanah tersebut. Pidato disampaikan untuk berbagai macam acara formal salah satunya pada acara syukuran.

Acara syukuran yang biasanya diselenggarakan dan menggunakan pidato adalah syukuran rumah baru, syukuran atas terlaksananya pernikahan, syukuran kelahiran bayi, dan lain sebagainya.

Pidato ini agar didengar dan diperhatikan oleh orang banyak perlu menggunakan pengeras suara. Bagi orang yang dipercaya membawakan pidato pada acara tersebut, isi pidato harus sesuai dengan tema dan kondisi pada saat acara berlangsung.

Cara membuat teks pidato sambutan

Image Source: bp.blogspot.com

Sebelum Anda melakukan pidato di sebuah acara, hendaknya terlebih dahulu mengetahui bagaimana susunan atau kerangka teks pidato yang baik pada acara syukuran. Bagian-bagian pada teks pidato ini diantaranya pembukaan, isi, dan juga penutup bagian pidato.

Namun sebelum Anda menyusun kerangka dari mulai pembukaan sampai penutu, perlu memperhatikan pula materi atau segala macam yang dibutuhkan dalam teks pidato.

Cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat teks pidato acara syukuran diantaranya :

1. Menentukan tema pidato

Menentukan tema adalah langkah awal untuk membuat suatu rancangan pidato sambutan. Tema pidato harus sesuai dengan kondisi dan acara yang sedang berlangsung. Sehingga ada kesesuaian antara pidato yang disampaikan dengan acara yang akan berjalan nantinya.

2. Mengenali sifat atau karakter audien

Obyek pada orang yang sedang diberikan pidato tentunya perlu diperhatikan pula. Karena setiap watak dan karakter audien atau pendengar berbeda-beda.

Ada yang cepat merasa bosan ketika mendengarkan orang lain berbicara. Sehingga perlunya pemilihan kata yang baik dan menarik agar pendengar bisa tetap memperhatikan pidato yang disampaikan.

3. Mengumpulkan segala macam materi yang dibutuhkan dalam pidato

Materi merupakan hal yang penting ketika Anda akan diberikan kepercayaan untuk membawakan pidato. Materi bisa Anda peroleh dari berbagai macam sumber.

Anda bisa ambil dari internet, koran, majalah, buku, wawancara, dan lain sebagainya. Dengan mendapatkan banyak materi, Anda akan lebih siap untuk tampil di depan umum dengan materi yang dirasa cukup.

4. Menyusun teks pidato

Menyusun teks pidato ini baru dilakukan setelah menyusun tema, mengenali karakter audien, dan materi yang sudah cukup. Teks pidato yang bisa disusun dari mulai pembukaan, isi, dan juga penutup.

Dari beberapa bagian dalam teks pidato syukuran tersebut, berikut ini penjelasan lebih detailnya :

Pembukaan Pidato

Pada bagian pembukaan pidato, terdiri dari penyampaian salam sebagai pembuka pidato. Salam secara umum diberikan kepada orang yang memiliki hajatan dan juga tamu yang sudah datang. Selain itu juga ucapan rasa syukur atas nikmat Tuhan yang telah diberikan sampai saat ini.

Isi Pidato

Bagian isi pidato ini sangatlah penting. Karena semua inti pada pidato tersebut ada pada bagian ini. Dalam ini pidato, akan disampaikan segala macam hal yang berkaitan dengan acara yang akan berlangsung. Sehingga akan lebih sesuai dengan tema acara yang akan dilaksanakan.

Leave a Comment