5 Manfaat Air Infus untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pada dasarnya, air adalah pilihan paling baik untuk melepaskan anda dari dahaga. Namun, bagi sebagian orang, minum air putih dalam jumlah banyak terkadang menyiksa.

Nah, air infus buah adalah salah satu alternatifnya. Selain rasanya yang lebih segar, manfaat air infus alias infused water untuk kesehatan ternyata sangat banyak.

Air bermanfaat untuk mempertahankan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran lemak dan kalori terjadi lebih cepat.

Jadi, konsumsi air infus buah dapat membantu memenuhi kebutuhan air harian tubuh anda, selain kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Manfaat Air Infus untuk Kesehatan

Air infus (infused water) dikenal dalam beberapa istilah, seperti detox water atau air dengan rasa buah. Berikut adalah aneka manfaat air infus buah untuk kesehatan anda:

1. Memperbaiki Mood Anda

Image Source: files.wordpress.com

Air dengan rasa buah dan aroma yang segar tentu lebih nikmat dibanding air putih biasa. Selain terlihat lebih menarik, Aroma buah secara otomatis akan memperbaiki mood dan selera anda untuk minum lebih banyak.

Irisan buah seperti lemon, jeruk nipis, anggur, jeruk manis, berry, kiwi, hingga irisan jahe, kulit manis, atau timun akan memberikan sensasi tersendiri saat anda mengkonsumsinya.

2. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat air infus buah berikutnya adalah membantu membuang toksin-toksin jahat yang ‘terperangkap’ di dalam sistem pencernaan anda. Buah segar tentunya kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, kandungan vitamin dan mineral ini tentunya akan meresap ke dalam air ketika dijadikan sebagai bahan infus.

Nutrisi buah akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta membuang toksin-toksin jahat dari dalam usus.

3. Membantu Proses Diet

Image Source: detoxpedia.com

Jika anda sedang menjalani proses diet, tubuh anda tentu membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak. Nah, daripada mengkonsumsi minuman manis kaya kalori, air infus buah dapat menjadi ilihan yang lebih sehat.

Bukan hanya kaya akan kandungan nutrisi buah, air infus tidak mengandung kalori, meskipun mendapat asupan rasa manis dan aroma buah. Air membantu proses metabolisme dan mempercepat proses pembuangan sel-sel lemak dari dalam tubuh.

4. Anti-Penuaan Dini

Air sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Kekurangan asupan air dapat membuat kulit keriput lebih cepat dari usia anda.

Nah, asupan air yang mencukupi melalui air infus akan membantu kulit anda terhidrasi dengan baik, ditambah lagi kandungan antioksidan yang kaya dalam buah-buahan yang dijadikan sebagai bahan infus.

Antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu proses penuaan dini.

Konsumsi buah dan sayuran segar, ditambah infus buah dan sayuran akan membantu tubuh anda menghambat proses penuaan dini.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Image Source: grid.id

Proses kerja ginjal sangat tergantung kepada asupan cairan anda. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka kerja ginjal akan semakin berat.

Selain itu, pola makan yang salah, misalnya, minum banyak air bersamaan dengan makan, akan memperberat sistem kerja ginjal.

Beda halnya dengan minuman yang mengandung zat tambahan, seperti vitamin dan mineral yang terkandung di dalam air infus buah. Minuman ini akan membantu proses kerja ginjal, sehingga pencernaan makanan semakin lancar.

Itulah beberapa manfaat air infus buah untuk tubuh anda. Sebenarnya, masih banyak manfaat lain yang bisa anda nikmati dengan mengkonsumsi air dengan aroma buah ini.

Air infus juga membantu mempercepat pemulihan tubuh anda dari kelelahan setelah berolah raga. Terlebih lagi, air infus bisa anda siapkan sendiri di rumah, sehingga biayanya lebih murah.

Leave a Comment