12 Manfaat Kacang Hazelnut Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang Hazelnut termasuk dalam spesies filbert. Kacang Hazelnut sendiri tekstur kulitnya sangat berserat serta bentuk nya yang bulat. Banyak yang beraggapan bahwa Kacang Hazelnut sangat mirip dengan kemiri.

Kacang Hazelnut awalnya berasal dari daratan Eropa serat Amerika, namun saat ini negara penghasil Kacang Hazelnut terbesar justru adalah Turki.

Kacang Hazelnut adalah salah satu jenis kacang yang sangat populer. Selain rasanya yang enak serta gurih ternyata kandungan gizi di dalam Kacang Hazelnut sangat komplek sehingga sangat tepat jika dijadikan pilihan alternatif pangan terutama sebagai makanan pendamping atau camilan pengganti camilan produksi pabrik.

Kacang Hazelnut sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap, sehingga tidak heran jika kacang ini begitu digemari, kandungan gizi tersebut diantaranya :

  • Kandungan vitamin A
  • Kandungan vitamin B1
  • Kandungan vitamin B6
  • Kandungan vitamin C
  • Kandungan vitamin E
  • Kandungan kalsium
  • Kandungan magnesium
  • Kandungan kalium
  • Kandungan mangan
  • Kandungan selenium
  • Kandungan zat besi
  • Kandungan zinc
  • Kandungan fosfor
  • Kandungan protein
  • Kandungan asam folat
  • Kandungan serat
  • Kandungan lemak
  • Kandungan kalori

Manfaat Kacang Hazelnut

Kandungan tersebut membuat Kacang Hazelnut memiliki khasiat yang istimewa seperti :

1. Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh

Image Source: majunkri.com

Kacang Hazelnut memiliki kandungan asal lemak tak jenuh. Jenis asam lemak ini berfungsi untuk menekan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Kolestrol yang berkurang tentu saja dapat mencegah resiko terjadinya gangguan kesehatan seperti stroke dan serangan jantung

2. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Image Source: harpersbazaar.co.id

Kacang Hazelnut juga sangat baik untuk kulit, karena mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E sendiri merupakan vitamin yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Kekurangan vitamin E sendiri bisa menyebabkan kulit mudah keriput dan lebih rentan terkena pengaruh negatif dari radikal bebas.

3. Mencehah penyakit kanker

Image Source: femaleradio.co.id

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini merupakan penyakit degeneratif yang menyerang secara perlahan dengan gejala yang terkadang sulit untuk terdeteksi.

Mengonsumsi Kacang Hazelnut yang kaya akan vitamin E juga mencegah anda terserang resiko penyakit kanker terutama penyakit kanker kantung kemih.

4. Mencegah kram saat menstruasi

Kacang Hazelnut juga memiliki khasiat yang sangat baik terutama bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi atau datang bulan.

Kandungan magnesium, vitamin E serta kalsium yang ada pada Kacang Hazelnut berfungsi untuk mengurangi resiko kram otot perut, akibat adanya peluruhan darah yang terjadi di dalam rahim.

5. Bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui

Kacang Hazelnut mengandung asam folat yang jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama untuk ibu hamil dan menyusui.

6. Kacang Hazelnut sangat baik mencegah cacat janin termasuk cacat pada otak pada bayi

Asam folat adalah salah satu senyawa yang berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat janin termasuk cacat pada otak pada bayi.

Banyak yang menyebutkan bahwa kandungan yang ada di dalam Kacang Hazelnut sangat mirip dengan ASI. Sehingga tidak heran jika konsumsi Kacang Hazelnut akan membuat kualitas ASI menjadi lebih optimal.

7. Baik untuk diet

Diet adalah salah satu cara yang dilakukan sebagai program penurunan berat badan dengan memperhatikan pola makan termasuk jenis makanan dan porsi makanan.

Bagi anda yang sedang berencana untuk melakukan diet, anda bisa mengonsumsi Kacang Hazelnut sebagai alternatif pilihan.

Kacang Hazelnut mengandung kalori sebesar 176 kalori dalam tiap 100 gramnya. Belum lagi kandungan serat yang tinggi sebesar 3 gram sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan anda saat melakukan diet.

8. Bermanfaat untuk kesehatan otak

Otak adalah prosesor kehidupan, dimana dalam otak semua kegiatan, keinginan serta naluri di jalankan secara bersama-sama. Sangat penting untuk kita agar dapat menjaga kesehatan otak dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang baik.

Anda bisa coba konsumsi Kacang Hazelnut karena Kacang Hazelnut sendiri mengandung bahan-bahan fitokimia yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah serta oksigen dari dan menuju otak sehingga kesehatan otak kita tetap terjaga.

9. Mengurangi resiko alergi

Selain itu kandungan fitomkia yang ada pada Kacang Hazelnut berfungsi untuk mengurangi berbagai resiko alergi termasuk gejala alergi itu sendiri.

10. Menjaga sistem syaraf

Kacang Hazelnut mengandung vitamin B6 yang bermanfaat sebagai zat pembentuk asam amino yang berfungsi untuk mengantarnya sinyal pada syaraf serta menenangakan syaraf.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kacang Hazelnut juga berfungsi untuk membentuk sistem imunitas atau kekebalan di dalam tubuh. Kacang Hazelnut mengandung vitamin C dan vitamin E yang dikenal sebagai anti oksidan yang mampu menangkan pengaruh buruk dari radikal bebas.

12. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan vitamin E yang ada pada Kacang Hazelnut juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut terutama dari bahaya kerontokan. Tidak hanya rambut yang tumbuh di kepala tetapi juga bulu mata dan alis.

Kacang Hazelnut sendiri dapat diolah ke berbagai macam makanan serta minuman. Bahkan sebuah perusahaan yang memproduksi selai terlezat di dunia juga menggunakan Kacang Hazelnut sebagai bahan bakunya yang dicampur dengan cokelat dan bahan-bahan lain.

Selain itu Kacang Hazelnut juga bisa dijadikan sebagai taburan pada kue atau cake. Rasanya yang gurih dan sedikit manis banyak digemari oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Kacang Hazelnut juga dapat dicampurkan ke dalam minuman lalu di blender bersamaan. Jika ingin yang lebih praktis anda bisa membuat camilan berupa Kacang Hazelnut yang diolah sederhana seperti di panggang. Selain lebih cepat, olahan seperti ini membuat anda ingin selalu menyantap Kacang Hazelnut.

Leave a Comment