5 Manfaat Pasar Modal Menurut Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia

Manfaat pasar modal secara umum merupakan tempat dimana anda bisa melakukan transaksi jual beli dalam bidang keuangan dalam jangka panjang.

Instrumen jangka panjang ini bisa berupa modal atau hutang yang diterbitkan oleh beberapa pihak seperti pemerintah, perusahaan swasta, atau public authorities.

kendaripos.co.id

Surat-surat berharga yang juga merupakan contoh dari instrumen keuangan yang diperjual-belikan di pasar modal dibedakan menjadi surat berharga yang bersifat kepemilikan (saham) dan surat berharga yang bersifat hutang (obligasi).

Obligasi adalah surat bukti pengakuan hutang dari suatu perusahaan, sedang saham adalah surat bukti penyertaan dari suatu perusahaan atau perseorangan.

Ada juga yang menyebutkan bahwa pasar modal merupakan sebuah sistem keuangan dengan sistem organisasi yang sangat baik. Di dalam pasar modal terlibat beberapa pihak penting seperti bank-bank komersial, pihak-pihak perantara keuangan, dan surat-surat berharga yang beredar.

Penjelasan Definisi

klikbabel.com

Secara khusus, pasar modal adalah suatu tempat yang dipersiapkan secara khusus untuk semua kegiatan jual-beli saham, obligasi, dan jenis surat-surat berharga lainnya. Dalam transaksi surat-surat berharga ini umumnya ada campur tangan pihak perantara penjual saham.

Dari sejumlah definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pasar modal merupakan salah satu elemen yang sangat penting bagi para pelaku pasar modal.

Dimana dengan melalui pasar modal ini, para pelaku transaksi saham, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya mencari keuntungan dengan cara menjual saham perusahaan atau membeli saham dari perusahaan lain.

Pasar modal (capital market), menurut perundangan (Undang-Undang No.8 Tahun 1995), adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan perdagangan efek/ saham, penawaran umum, dan perusahaan-perusahaan publik yang sering bertransaksi efek.

Hal ini tentu saja akan berpengaruh langsung pada kondisi ekonomi Indonesia. Sebaliknya, perkembangan ekonomi Indonesia turut menyumbangkan berbagai jenis kegiatan ekonomi, salah satunya kegiatan jual beli efek.

Pasar modal adalah sebuah pasar atau instrumen keuangan yang memperjual belikan surat-surat berharga, berupa obligasi dan equitas atau saham untuk jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah, maupun perusahaan swasta untuk bertemu mewakili investornya.

Manfaat Pasar Modal

akademiprofit.com

Bagi anda yang masih belum mengetahui secara detail apa saja manfaat pasar modal, Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Perwakilan Serang, Achmad Dirgantara akan menerangkannya satu persatu, terkait lima manfaat keberadaan pasar modal:

1. Sebagai Sumber Pembiayaan

Menurut Dirgantara, pasar modal bermanfaat sebagai salah satu sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya.

2. Sebagai Wahana Investasi

Selain bermanfaat sebagai sumber pembiayaan, pasar modal juga bermanfaat sebagai wahana investasi bagi para Investor yang ingin berinvestasi di aset keuangan.

3. Penyebaran Kepemilikan Perusahaan

Manfaat pasar modal yang ketiga adalah sebagai tempat penyebaran kepemilikan perusahaan kepada masyarakat.

4. Keterbukaan dan Profesionalisme

Manfaat Pasar Modal yang keempat adalah sebagai salah satu industri yang sangat terbuka dan menjunjung tinggi profesionalisme sehingga akan terdorong terciptanya iklim usaha yang sehat.

5. Lapangan Pekerjaan

Manfaat pasar modal yang terakhir adalah menciptakan lapangan kerja atau profesi bagi masyarakat, baik sebagai pelaku pasar maupun investor.

Itulah kelima manfaat keberadaan pasar modal yang kini telah anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai manfaatnya maka anda bisa lebih bijak dalam hal memilih pasar modal.

Pasalnya banyak para investor yang menanamkan modal di ranah tersebut. Karena pasar modal dapat memberikan berbagai keuntungan dalam bidang keuangan. Pasar modal bisa anda jadikan sebagai sarana untuk dapat mengelola uang anda dengan baik.

Leave a Comment