7 Manfaat Teh Ginseng Bagi Kesehatan, Beserta Efek Sampingnya

Ginseng adalah salah satu umbi-umbian yang kerap digunakan untuk bahan minuman. Salah satunya adalah sebagai teh, yang diolah dengan menyeduh akar ginseng dan diminum seperti teh.

Manfaat teh ginseng diyakini dapat mengurangi resiko perkembangan kanker, mengatasi masalah menstruasi, memperbaiki sistem pencernaan, mengurangi resiko obesitas, memperbaiki sistem imun, mengurangi gejala tekanan tekanan mental, asma, maupun gejala artritis.

Manfaat Teh Ginseng Bagi Kesehatan

Manfaat teh ginseng berasal dari sejumlah zat kimia alami bernama “ginsenosida” yang terdapat di dalam akarnya.

Tanaman ini populer di berbagai negara, seperti India, Cina, Korea, Jepang, dan bahkan negara-negara Barat seperti Amerika Serikat dan Canada. Itulah sebabnya secara umum ada dua jenis ginseng, yakni ginseng Asia dan ginseng Amerika.

Menurut American Academy of Family Physicians, teh ginseng memiliki sejumlah khasiat anti-karsinogenik, yang membuatnya mampu bekerja sebagai anti-kanker. Secara rinci, berikut adalah beberapa manfaat teh ginseng untuk kesehatan.

1. Mengatasi Masalah Menstruasi

Image Source: kesehatan.co

Teh ginseng Amerika dikenal memiliki efek mendinginkan, sehingga dianjurkan untuk wanita yang mengalami kram dan tekanan akibat menstruasi. Ginseng juga dapat membantu mengurangi nyeri perut karena menstruasi.

2. Mengatasi tekanan darah rendah

Image Source: ngopy.com

Ginseng Asia dikenal sebagai minuman yang kuat, dan sangat efektif untuk penderita tekanan darah rendah.

Minuman energi ini akan membuat tubuh anda aktif sepanjang hari dengan cara meningkatkan tekanan darah dan menambah energi.

3. Meringankan diabetes mellitis type 2

Image Source: emedprimarycare.com

Sejumlah penelitian mengenai ginseng Amerika menemukan bahwa teh ginseng memiliki efek penurunan kadar gula darah. Efek ini terlihat setelah konsumsi teh ginseng selama tiga bulan.

4. Sebagai makanan otak

Teh ginseng adalah minuman herbal yang berfungsi sebagai stimulan bagi sel-sel otak, menambahkan kekuatan dan daya konsentrasi, serta kemampuan kognitif.

Teh ginseng juga dianjurkan untuk pelajar sebagai minuman untuk memperkuat fungsi sel-sel otak selama proses belajar maupun bagi atlit untuk mempercepat pemulihan stamina setelah berolah raga.

Manfaat teh ginseng ini berasal dari kemampuannya untuk menggunakan oksigen secara efektif. Ginseng juga diyakini dapat mengatur metabolisme dan meningkatkan kadar energi.

5. Mengatasi obesitas

Jika anda ingin membuang berat badan yang berlebih, teh ginseng akan dapat membantu anda. Minuman herbal ini berperan sebagai penekan selera, sehingga anda akan merasa kenyang dan tidak tergoda untuk makan secara berlebihan.

Teh ginseng juga diyakini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat proses pembakaran lemak.

6. Mengatasi masalah disfungsi seksual

Penderita gangguan fungsi ereksi dianjurkan mengkonsumsi teh ginseng, karena minuman herbal ini dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang berkaitan dengan masalah seksual.

7. Mengurangi resiko kanker

Ginseng memiliki khasiat anti-kanker. Sejumlah penelitian menemukan bahwa orang yang gemar minum teh ginseng memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita kanker.

Para ahli medis merekomendasikan konsumsi teh ginseng pada orang-orang yang beresiko menderita kanker.

Efek Samping Teh Ginseng

Meski manfaat teh ginseng untuk kesehatan sangat banyak, anda juga harus mengantisipasi efek samping teh ginseng yang mungkin terjadi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh ginseng dalam jumlah banyak dan jangka panjang membuat anda susah tidur dan mengalami gangguan ringan pada jantung.

Konsumsi ginseng juga tidak dianjurkan untuk bayi dan penderita tekanan darah tinggi karena sifatnya yang kuat dan memicu kenaikan tekanan darah.

Untuk mencegah efek samping teh ginseng yang mungkin membahayakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang berkompeten sebelum anda mengkonsumsi teh ginseng setiap hari.

Selain susah tidur, efek samping teh ginseng yang paling umum adalah sakit kepala, mual, nyeri dada, pusing, dan bahkan perubahan mood.

Meski jarang terjadi, ginseng juga dapat memicu reaksi alergi, seperti ruam merah, dan kulit bengkak dan gatal, khususnya di area tenggorokan, wajah, dan lidah).

Leave a Comment