9 Tips jitu Memulai Usaha Minimarket Kecil Kecilan

Posted on

Mengenal Dan Tip Memulai Usaha Buka Minimarket Kecil-Kecilan bisa jadi alternatif bagi anda yang ingin memulai usaha dengan dana yang terbatas.

Kita tahu bahwa dengan bekerja selama 8 jam di kantor atau perusahaan saja, tidaklah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kita yang makin lama makin meningkat.

Apa lagi bagi anda yang sudah memiliki keluarga sendiri, tentu makin kelimpungan untuk mengatur keuangan agar dapat dibagi menurut kepentingan masing-masing.


Memulai Usaha Minimarket


Salah satu pekerjaan yang bisa jadi pilihan tepat adalah dengan berniaga alias berdagang.

Berdagang yang satu ini tidak hanya dilakukan di pasar tradisional semata, ada trend baru yaitu dengan menciptakan usaha sendiri dengan menggunakan tren dengan konsep modern.

Apa itu? yaitu dengan memulai usaha minimarket kecil-kecilan atau yang kita sebut dengan minimarket.

Tidak perlu membangun minimarket layaknya minimarket waralaba yang biasa kita temui di pinggir jalan, karena kita bisa membuatnya sendiri.

Dan kali ini kami akan membagikan artikel yang membahas tentang Mengenal dan Tip memulai usaha buka minimarket kecil-kecilan, simak bersama :

1. Pelajari dahulu

Semua hal di dunia ini pasti ada triknya, begitu juga dengan membuka bisnis minimarket kecil-kecilan.

Selain belajar dari internet, anda juga bisa bertanya kepada orang yang sudah lebih dahulu berkecimpung di dunia bisnis tersebut.

Cari tahu juga dimana agen atau distributor yang paling lengkap dan paling murah yang bisa anda jadikan partner dalam membangun usaha anda nanti.

2. Pilih lokasi yang bagus

Lokasi ini sangat penting, mengingat ini merupakan sebuah jalan yang menghubungkan anda dan konsumen anda.

Lokasi potensial layaknya pasar, pinggir jalan atau pusat bisnis bisa jadi pilihan terbaik.

Lokasi yang dekat fasilitas umum seperti sekolah, kampus atau gedung perkantoran juga potensial mendatangkan pembeli yang banyak.

3. Ukuran bangunan

Ukuran bangunan juga perlu dipertimbangkan, jangan sampai terlalu sempit atau terlalu luas.

Jika terlalu sempit anda tidak bisa memajang semua produk anda ke dalam etalase atau rak, sehingga tentu konsumen tidak akan tahu barang apa saja yang anda jual.

Namun jika terlalu luas, tetapi produk anda masih sedikit tentu akan terlihat sangat kontrak dan justru mengindikasikan bahwa minimarket anda terlihat akan bangkrut.

4. Jangan buru-buru rekrut pegawai

Ini yang harus dipahami dengan bijak. Jika anda memulai langkah untuk membuka usaha sendiri, langkah awal anda harus memperbudak diri anda sendiri.

Bukan berarti anda tidak boleh merekrut karyawan, tetapi jika usaha atau bisnis anda baru saja dijalankan, tentu akan sulit mengatur keuangan jika harus berpikiran menggaji karyawan pula.

Bila perlu ajak keluarga inti seperti anak dan istri untuk membuak usaha bersama, tidak hanya bisa berbagi tugas, cara ini juga ampuh untuk mendekatkan diri satu sama lain.

5. Menghargai waktu

Sebagai seorang pebisnis pemula, anda harus bisa menghargai waktu yang anda punya. Salah satunya memanfaatkan 2-3 pekerjaan dalam sekali waktu.

Misalnya anda tidak perlu jauh-jauh datang menghampiri agen atau distributor, cukup dengan telepon saja.

Atau anda tidak perlu sendirian mengantar barang dalam jumlah besar pakai saja jasa ekspedisi tertentu.

Waktu-waktu potensial bisa anda gunakan untuk kegiatan yang lebih penting demi kemajuan bisnis minimarket anda.

6. Manfaatkan teknologi

Teknologi yang ada di sekeliling kita bisa manfaatkan secara penuh. Misalnya dengan memperkenalkan minimarket anda lewat sosial media atau melakukan promosi lewat facebook.

Tidak hanya sebagai media promosi, kecanggihan teknologi juga akan membuka peluang anda untuk bisa menjaring konsumen lebih banyak lagi.

7. Lakukan menajemen awal yang baik

Langkah yang sangat tepat jika anda paham dan tahu tentang angka dasar.

Apa itu angka dasar? Angka dasar adalah jumlah atau nominal uang yang kita keluarkan dalam menjalani bisnis misalnya bayar listrik, aung kebersihan, sewa toko dan lain sebagainya.

Dengan begitu anda bisa membagi keuntungan anda secara penuh dan tentu saja mengetahui berapa modal yang harus anda gelontorkan setiap tahunnya.

8. Utamakan pelayanan

Semua pedagang tentu mengharapkan pembeli yang hilir mudik dan memborong habis semua barang yang mereka jual.

Tidak hanya masalah harga namun juga pelayanan yang maksimal bisa anda berikan untuk menjaring pelanggan semakin banyak. Sikap ramah dan sopan tentu akan membuat pembeli merasa dihargai.

Coba anda bayangkan jika seorang pemilik minimarket bersikap kasar dan menghadapi pembeli dengan muka yang bertekuk, tentu pembeli juga akan enggan untuk kembali berbelanja di tempat yang sama.

9. Jaga selalu kebersihan dan kerapihan

Kebersihan dan kerapihan tidak hanya tertuju pada minimarket anda semata. Tetapi juga semua aspek di dalam sebuah bisnis.

Tentu jika minimarket yang anda miliki bersih dan semua produk tersusun rapi semua pembeli akan senang.

Selain lebih indah tentu mereka juga bisa dengan mudah menemukan barang yang mereka cari.

Itu lah beberapa hal tentang Mengenal dan Tip memulai usaha buka minimarket kecil-kecilan yang bisa kami sampaikan.

Apapun pekerjaan anda saat ini, sebenarnya sah-sah saja. Tetapi jika anda memiliki usaha sendiri tentu hal itu akan lebih menyenangkan bukan?

Selain bisa bebas mengatur ritme kerja, dengan membuka usaha sendiri anda juga akan terbebas dari rutinitas harian selama 8 jam di kantor, jadi tentu waktu untuk keluarga anda semakin bertambah.

Dan semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat, selamat berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *