7 Peluang Usaha / Bisnis yang Menjanjikan Untuk Hari Tua Anda

7 Peluang Usaha / Bisnis yang Menjanjikan Untuk Hari Tua Anda
markey.id

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju dan juga pola hidup yang kompleks, kebutuhan akan biaya hidup pun ikut meningkat.

Tak heran banyak orang memutar otak untuk menciptakan usaha/bisnis kreatif yang menghasilkan uang.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ada banyak orang yang menciptakan ide kreatif dan inovatif kemudian menjadikannya sebagai peluang usaha.

Bahkan berdasarkan beberapa tokoh enterpreneur yang sukses melalui usaha/bisnis sampingannya mengatakan bahwa penghasilan dari usaha/bisnis terkadang melebihi penghasilan utamanya.

Sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk resign dari pekerjaan utama kemudian lebih fokus untuk menjalankan usahanya.

Jika kita ingin sukses, maka kita harus pandai memanfaatkan peluang yang ada di depan mata kita.

Dengan mengamati lingkungan sekitar serta memanfaatkan keahlian yang kita miliki, kita bisa memulai sebuah usaha/bisnis atau mungkin bahkan lebih.


Peluang Usaha/Bisnis yang Menjanjikan


Usaha/Bisnis kreatif yang menghasilkan uang ini akan sangat membantu keuangan anda. Salah satu usaha/bisnis yang banyak mendapatkan perhatian adalah bisnis jual beli barang secara online.

Meningkatnya ketertarikan kebanyakan orang terhadap usaha/bisnis ini disebabkan karena banyaknya pengusaha sukses yang sukses membangun usaha/bisnis dari 0 hingga menjadi seorang milyuner.

Selain itu kemudahan transaksi dan perubahan pola jual beli serta daya beli dari masyarakat membuat makin banyak orang yang berusaha untuk membuat usaha/bisnis untuk mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha/bisnis yang menjanjikan untuk Anda.

1. Membuka Usaha/Bisnis Online

Usaha/Bisnis online saat ini sedang marak di Indonesia. Perkembangan jaman yang kian maju, membuat segala sesuatunya bisa dilakukan dengan internet.

Sehingga ada banyak orang memanfaatkan hal ini untuk membuka toko online.

Toko online bisa menjadi pilihan karena tidak bisa dipungkiri bahwa belanja online kini lebih banyak di minati orang karena menawarkan banyak sekali kemudahan.

A. Kemudahan Untuk Seller

  • Modal Lebih Kecil

Berbisnis online bisa bisa menjadi salah satu bisnis kreatif yang menjanjikan karena membutuhkan modal yang lebih sedikit.

Kita bisa berjualan dengan memanfaatkan website, blog atau media sosial. Anda bisa juga bergabung sebagai merchant di beberapa toko online atau e – commerce populer di Indonesia demi meningkatkan presentase penjualan yang lebih banyak.

Anda juga bisa memilih sistem dropshipping. Disini anda hanya perlu memasarkan produk dan menangani pembayaran saja, sedangkan untuk pengiriman barang ke pembeli akan dilakukan oleh si pemilik barang

  • Proses Transaksi dan Pembayaran Mudah

Melalui bisnis online, kita tidak harus bertatap muka langsung dengan pembeli. Proses transaksi jual beli bisa dilakukan via chat atau melaui website langsung.

Sedangkan pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank atau juga Cash On Delivery ( COD ). Setelah terjadi kesepakatan harga, barang akan dikirimkan ke alamat pembeli.

  • Barang Tidak Terbatas

Dalam berbisnis online, barang yang anda jual tidak terbatas, anda bisa menjual barang baik itu fisik maupun digital.

Barang fisik yang umumnya dijual diantaranya seperti fashion, elektronik, rumah tangga dan lainnya. Sedangkan untuk barang digital seperti software, ebbok, theme, musik dan masih banyak lagi.

Namun ada baiknya anda menjual barang berkualitas demi menjaga kredibilitas anda dan juga kepuasan pembeli.

B. Kemudahan Untuk Buyer

Dengan kemajuan teknologi seperi saat ini, belanja online adalah pilihan yang tepat. Cukup dengan memanfaatkan gadget atau PC dan juga jaringan internet, anda bisa menemukan berjuta macam barang yang anda inginkan.

Proses mnyenangkan, mudah, cepat dan simple. Selain itu anda juga melakukannya kapanpun dan dimanapun.

C. Contoh Bisnis Online : Bisnis Pakaian Online

Salah satu jenis bisnis yang sangat populer di Indonesia pada tahun 2016 ini adalah bisnis pakaian online.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis online adalah jenis bisnis yang memiliki banyak peminat belakangan ini.

Salah satu jenis bisnis online yang mendapatkan banyak perhatian ini adalah bisnis pakaian online. Bisnis pakaian online merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang yang besar.

Anda bisa melakukan bisnis ini dengan banyak cara. Misal anda tidak memiliki cukup banyak modal, anda bisa mencoba melakukan bisnis pakaian secara reseller, sehingga anda hanya mengambil keuntungan tanpa mengeluarkan modal biaya sedikitpun.

Misalpun anda membutuhkan modal. Modal yang anda perlukan hanyalah tenaga, waktu dan juga sedikit koneksi internet.

Peluang bisnis pakaian online ini bisa dibilang sebagai peluang yang cukup besar karena anda bisa mendapatkan konsumen dari tempat manapun yang anda inginkan.

2. Menjual Jasa

Jika anda termasuk orang yang memiliki banyak keahlian, ada baiknya anda memanfaatnya sebagai bisnis yang menjanjikan.

Keahlian anda bisa menghasilkan uang dengan menjual jasa sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang anda miliki.

Beberapa jasa yang bisa dijadikan bisnis kreatif yang menghasilkan uang antar lain :

A. Jasa Laundry

Saat ini kebanyakan orang lebih menyukai segala sesuatu yang praktis. Termasuk dengan urusan mencuci dan menyetrika pakaian.

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis kreatif yang menghasilkan uang untuk kita. Kita bisa membuka usaja jasa laundry.

Cukup dengan bermodal mesin cuci, setrika, timbangan,setrika, pewangi dan plastik kemudian anda bisa langsung memulai usaha ini.

Namun sebelum memulai, ada baiknya anda mencari lokasi yang sekiranya memiliki target pasar yang bagus. Biasanya kalangan mahasiswa dan PNS adalah target yang pas untuk usaha jasa laundry ini.

B. Jasa Foto

Anda hobi photography ? Atau memang mempunyai bakat dalam bidang foto. Jangan sia –siakan kemampuan anda ini. Anda bisa membuka jasa foto. Jasa foto bisa untuk berbagai macam event.

Selain itu anda juga bisa menjual foto hasil jepretan anda secara online. Ada beberapa situs yang bisa anda coba untuk menjualnya. Dari hasil penjualan foto tersebut, tentunya anda akan mendapatkan komisi.

C. Jasa Design Grafis

Ketrampilan design grafis anda ternyata bisa dijadikan bisnis kreatif yang menghasilkan uang. Anda bisa memanfaatkan beberapa designer online untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

Anda bisa membuat design kaos, kartu nama, banner dan lain sebagainya.

D. Jasa Les Privat

Jika anda termasuk oang yang memiliki banyak ketrampilan seperti mahir berbahasa asing atau bermain musik, anda bisa memanfaatkannya sebagai bisnis kreatif yang menghasilkan uang.

Setelah membaca artikel diatas, apakah anda sudah menemukan ide untuk memulis berbisnis ? “ Mulailah untuk menciptakan ide inovatif untuk mewujudkan bisnis kreatif yang menghasilkan uang.”

3. Bisnis Properti

Salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan untuk masa depan adalah bisnis properti. Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang memiliki masa depan yang cukup baik.

Banyak yang mengira bisnis ini memerlukan modal yang cukup besar, padahal bisnis properti ini sesungguhnya tidak harus dimulai dengan biaya yang besar.

Untuk memulai bisnis properti tanpa modal, anda bisa mencoba memulainya dengan menjadi makelar terlebih dahulu.

Lihatlah iklan-iklan yang ada di koran mengenai properti yang dijual setelah itu tawarkan secara mulut ke mulut pada rekan atau kerabat anda dengan harga yang lebih besar.

Dari sini anda bisa mendapatkan pemasukan dari bisnis properti sehingga bisa digunakan untuk modal pembuatan bisnis anda sendiri.

4. Bisnis bibit bunga

Tren membawa manusia menjadi makhluk yang makin konsumtif. Salah satunya adalah tren untuk membuat rumah dengan gaya yang cantik dan menarik.

Saat ini banyak orang berusaha untuk membuat rumah mereka seapik dan seindah mungkin sehingga meningkatkan nilai jual dan nilai kepuasan penggunanya. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk menjual produk dan juga bibit bunga yang populer.

Untuk membedakan tempat jualan bibit bunga anda dengan tempat bibit bunga yang lainnya, ada bisa memilih produk bunga yang berbeda dari yang lainnya sehingga membuat banyak orang tertarik padanya.

5. Bisnis kuliner

Kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang tidak bisa dielak. Jika anda ingin membuat bisnis kuliner pada saat ini, anda juga harus pintar-pintar untuk mengolah café anda.

Usahakan untuk membuat café yang cantik dan menarik dari segi interiornya untuk menarik para pelanggan.

Bisnis kuliner café ini memiliki peluang usaha yang cukup besar karena tren yang terjadi di masyarakat.

Masyarakat modern baik di kota ataupun di desa saat ini sedang senang-senangnya dengan budaya nongkrong.

Budaya nongkrong ini kemudian diikuti dengan budaya coba-coba café baru.

Café yang banyak disukai oleh masyarakat modern saat ini adalah café yang memiliki tampilan yang modern dan seperti café di luar negri.

Tapi meski anda menawarkan lokasi nongkrong yang asik, jangan lupa bahwa tujuan utama bisnis anda adalah bisnis kuliner sehingga kualitas dan rasa masakan juga tidak boleh dikesampingkan.

Selain itu bisnis café dengan makanan yang enak akan membuat konsumen anda datang lagi dan lagi untuk menikmati makanan anda yang spesial.

Selain menggunakan interior sebagai daya tarik pertama dari café anda, anda juga bisa menggunakan bahan makanan tertentu sebagai daya tarik café anda.

Misalnya seperti café sambal, café jamur, ikan dan masih banyak lagi. Jangan lupa carilah bahan makanan yang saat ini sedang populer untuk meningkatkan ketertarikan para konsumen.

6. Usaha konveksi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis jual beli online yang mengambil bidang fashion pasti membutuhkan pasokan barang bukan?

Hal inilah yang menyebabkan bisnis usaha konveksi menjadi salah satu bisnis yang sangat fenomenal belakangan ini.

Bisnis konveksi saat ini makin banyak dicari sesuai dengan banyaknya usaha bisnis online tentang fashion yang berkembang di masyarakat.

7. Usaha waralaba

Jika anda ingin usaha yang lebih mudah, bisnis waralaba atau franchise adalah salah satu pilihan bisnis yang tepat.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena Brand waralaba adalah brand yang sudah populer sehingga and tidak perlu membangun image dari brand anda dan konsumen akan datang dengan sendirinya.

Sayangnya jika anda ingin melakukan bisnis ini anda perlu menyiapkan cukup banyak uang untuk membeli nama brand tersebut agar bisa anda gunakan.

Jika anda ingin melakukan frandchise yang murah, anda bisa mencari produk-produk yang belum memiliki nama brand yang kuat misalnya waralaba minuman coklat atau makanan ringan yang lainnya.

Bisnis-bisnis waralaba yang seperti itu merupakan bisnis yang sudah pasti laku karena memang menarik bagi banyak orang.

Tapi jika anda memang memiliki uang yang lebih, anda bisa mencoba untuk melakukan waralaba untuk produk yang lebih besar seperti restoran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here