[Lengkap] Pengertian dan Pengantar Ilmu atau Pelajaran Fisika

Fisika adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari gejala-gejala alam yang tidak hidup, atau mempelajari materi di lingkungan hidup dalam konteks ruang, waktu dan semua interaksinya.

Fisika merupakan ilmu yang paling mendasar karena semua ilmu pengetahuan alam lain seperti, geografi, biologi, kimia, geologi harus patuh terhadap hukum ilmu atau pelajaran fisika.

Secara terminologi kata fisika berasal dari bahasa Yunani yaitu physic yang berarti alam. Jadi ilmu atau pelajaran fisika dapat dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari tentang gejala alam atau fenomena alam seluruh interaksi di dalamnya.

Menurut Hough D Young ilmu atau pelajaran fisika adalah ilmu yang paling dasar dalam ilmu pengetahuan alam. Menurut ensiklopedia kata fisika berarti suatu ilmu yang mempelajari benda dan pergerakannya, serta mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia.

Menurut sejarah, fisika adalah ilmu tertua dalam peradaban manusia. Ilmu fisika pertama kali muncul untuk digunakan dalam kegiatan pengamatan benda-benda langit.

Menghitung periode orbit benda-benda yang ada di langit, hal ini pada perkembangannya menjadi salah satu cabang dalam ilmu /pelajaran fisika yang terpenting yaitu astronomi.

Ilmu /pelajaran Fisika modern dipelopori oleh Albert Einstein. Albert Einstein mulai memperkenalkan mengenai konsep gravitasi, atom, gerak, bunyi , daya, percepatan, kecepatan, dll.

Dalam mempelajari fenomena alam beserta interaksinya, ilmu /pelajaran fisika menggunakan beberapa proses mulai dari pengamatan, pengukuran , menganalisis, dan penarikan kesimpulan.

Fisika juga berkaitan dengan angka dan perhitungan matematis. Teori fisika banyak menggunakan hitungan matematis yang rumit.

Saat mempelajari ilmu atau pelajaran fisika di sekolah tingkat pertama atau di sekolah menengah atas, ilmu fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang tersulit setara dengan matematika dan kimia. Terlebih lagi penggunaan ilmu fisika biasanya bersamaan dengan riset murni dan riset terapan.

Cabang Ilmu atau pelajaran fisika

Image Source: blog.dinus.ac.id

Dalam ilmu atau pelajaran fisika terdapat cabang-cabang ilmu khusus yang lebih mendasar, berikut beberapa cabang ilmu fisika.

1. Mekanika

Mekanika adalah cabang ilmu /pelajaran fisika yang mempelajari tentang gerak, ilmu mekanik sendiri terbagi lagi menjadi dua yaitu kinematika yaitu mempelajari bagaimana benda bergerak tanpa mengetahui penyebabnya. Kedua dinamika yaitu mempelajari bagaimana benda bergerak dengan melihat penyebab geraknya.

Ilmu mekanika juga dibagi menjadi dua obyek yaitu mekanika kuantum adalah mekanika yang mempelajari tentang pergerakan tatanan atom maupun sub atom, dan mekanika fluida yaitu ilmu mekanika yang mempelajari mengenai pergerakan fluida baik berupa gas maupun cairan.

2. Elektronika

Elektronika adalah cabang ilmu atau pelajaran fisika yang membahas mengenai aliran listrik, arus listrik,bagaimana cara mengontrol aliran elektron yang ada di dalamnya maupun aliran listrik di dalam suatu alat seperti konduktor, semi konduktor, termokopel, dll.

3. Teknik elektro

Teknik elektro cabang ilmu atau pelajaran fisika yang mempelajari mengenai aplikasi tenaga listrik dalam kehidupan sehari-hari.

4. Elektrostatis

Elektrostatis : cabang ilmu atau pelajaran fisika yang mempelajari aliran listrik statis.
Elektrodinamis: cabang ilmu atau pelajaran fisika yang mempelajari mengenai aliran listrik dinamis.

5. Geofisika

Geofisika : cabang ilmu yang mempelajari mengenai perpaduan ilmu fisika murni dengan ilmu geografi, kimia dan matematik, misalnya ilmu gempa atau seismologi, magnetic bumi, gaya grafitasi, dll.

Manfaat ilmu fisika

Image Source: bp.blogspot.com

Semua ilmu pasti memiliki manfaat bagi kehidupan, begitu pula dengan ilmu fisika juga memiliki manfaat bila dipelajari dengan baik, berikut beberapa manfaat dalam mempelajari ilmu fisika.

1. Melatih untuk berfikir logis

Saat mempelajari fisika kita akan terlatih untuk berfikir secara logis, kita akan mengetahui fakta-fakta maupun penyebab suatu benda dapat bergerak, atau suatu fenomena alam dapat terjadi, contohnya dengan mempelajari gravitasi kita bisa tahu kenap apel jatuh kebawah berapa percepatannya, dll.

2. Memahami fenomena alam

Dengan mempelajari ilmu fisika kita tidak akan kaget melihat fenomena alam atau gejala-gejala alam di muka bumi, malahan kita dapat memprediksinya. Ilmu fisika memang sudah banyak digunakan dalam bidang ilmu alam lain seperti ilmu astronomi, meteorologi, geofisika dll.

3. Mempercepat perkembangan teknologi

Dengan mempelajari ilmu fisika kita akan ikut membantu mengembangkan teknologi, kemajuan teknologi memang tidak lepas dari perhitungan matematis fisika, mulai dari menghitung daya, menghitung tegangan, dll. Ilmu fisika juga digunakan untuk pengembangan roket, dan nuklir,yang merupakan senjata paling mematikan di dunia.

Leave a Comment