Pengantar Ilmu/Pelajaran Kedokteran | Pengertian, Cabang Ilmu, dan Manfaat

Ilmu / pelajaran kedokteran adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia , mulai dari struktur anatomi manusia sampai dengan struktur sel, fungsi fisiologi bagian tubuh manusia, mekanisme penyakit, penyebab penyakit.

Pada awalnya ilmu kedokteran hanya mempelajari mengenai pengobatan suatu penyakit, obat yang digunakan pun hanya menggunakan tanaman maupun organ binatang.

Ilmu / pelajaran kedokteran mulai maju pada akhir abad 18 di Perancis. Ilmu/ pelajaran kedokteran mulai berkembang ke kedokteran modern yang lebih professional dimana untuk setiap kasusnya digunakan suatu metode uji coba.

Pada tahun 1900 an pusat perkembangan ilmu/ pelajaran kedokteran mulai beralih dari inggris ke amerika serikat dengan tokoh William Oshler dan Harvey Cushing.

Perkembangan ilmu / pelajaran kedokteran di Indonesia bermula sejak tahun 1851, sekolah bidang kedokteran pertama didirikan adalah Sekolah Dokter Djawa, atau lebih dikenal dengan Stovia.

Awal mula pendiriannya dikarenakan adanya penyakit epidemik yang menyerang tenaga kerja pribumi, pemerintah kolonial khawatir akan menularnya virus penyakit tersebut ke kalangan pegawai kolonial, sehingga dibentuklah sekolah tersebut.

Cabang Ilmu/ Pelajaran Kedokteran

Image Source: tstatic.net

Ilmu/ pelajaran kedokteran pada perkembangannya terbagi kedalam cabang-cabang lain yang lebih khusus, seperti berikut.

1. Anatomi

Anatomi : yaitu ilmu / pelajaran kedokteran yang mempelajari struktur tubuh manusia, seperti jaringan, organ, sel dll. Anatomi dalam ilmu kedokteran adalah ilmu wajib yang harus dikuasai karena anatomi sebagai ilmu dasar yang selalu berkaitan dengan cabang ilmu kedokteran lain.

2. Fisiologi

Fisiologi : yaitu ilmu/ pelajaran kedokteran yang mempelajari fungsi dari organ-organ manusia tersebut. Juga mempelajari interaksi dari organ-organ tersebut dalam tubuh manusia.

3. Biokimia

Biokimia : yaitu ilmu / pelajaran kedokteran yang mempelajari tentang reaksi-reaksi kimia dalam tubuh manusia (metabolisme).

4. Histology

Histology : ilmu / pelajaran kedokteran yang mempelajari sel-sel dalam tubuh manusia yang berukuran mikroskopis.

5. Farmakologi

Farmakologi : ilmu/ pelajaran kedokteran yang mempelajari mengenai farmasi atau obat-obatan.

6. Patologi anatomi

Patologi anatomi : ilmu/ pelajaran kedokteran yang membahas mengenai kelainan struktur organ dan jaringan dalam tubuh yang disebabkan oleh penyakit atau penyebab lainnya. Misalnya seperti mengamati perkembangan sel tumor, sel kanker, dll.

7. Patologi klinik

Patologi klinik : ilmu / pelajaran kedokteran yang mempelajari kelainan dalam fungsi organ, seperti pemeriksaan gula darah, pemeriksaan darah, pemeriksaan kadar koleste

8. Parasitologi

Parasitologi : ilmu kedokteran yang mempelajari penyakit-penyakit akibat suatu parasit.

Manfaat Ilmu Kedokteran

Image Source: detik.net.id

Ilmu kedokteran semakin dibutuhkan mengingat perkembangan jaman, terlebih lagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.

Di Negara maju ilmu kedokteran semakin dikembangkan untuk memberikan solusi atas penyakit di masyarakat yang juga semakin kompleks,permasalahan tersebut meliputi kebutuhan akan obat-obatan/ vaksin, kebutuhan gaya hidup sehat, penelitian terhadap ilmu kedokteran.

Ilmu kedokteran juga disebut dengan seni karena ilmu kedokteran berhubungan dengan kehidupan manusia yang dinamis dan selalu berubah, dan dalam menerapkan ilmu kedokteran diperlukan pertimbangan dari berbagai aspek kehidupan seperti aspek psikis, medis, budaya, dan sosial masyarakat.

Manfaat ilmu kedokteran yang utama adalah meningkatkan kualitas fisik dan mental kehidupan manusia, dengan mencegah dan mengobati seseorang yang mengidap suatu penyakit maka taraf hidup masyarakat pun akan meningkat.

Selain itu dokter juga memiliki tugas utama di masyarakat tentang pembelajaran dan memberitahukan penyakit yang diderita seseorang tanpa menakut takuti.

Kemampuan Penunjang Yang Harus Dimiliki Profesi Ilmu Kedokteran

Image Source: maxmanroe.com

Saat menjadi seorang dokter bukan hanya ilmu dokter saja yang dipahami tapi juga berbagai ilmu sosial yang harus dikuasai, mengingat tugas dokter adalah langsung berinteraksi ke masyarakat. Dokter harus mampu menguasai beberapa kemampuan penunjang sebagai berikut.

1. Sikap empati

Sikap empati : saat berhadapan dengan pasien seorang dokter harus mampu menunjukkan sikap empati terhadap penyakit yang diderita pasien, hal ini sangat penting karena dokter juga harus mampu memberikan dukungan mental bagi pasien.

2. Keterampilan berkomunikasi

Keterampilan berkomunikasi : komunikasi sangat penting menunjang ilmu kedokteran yang telah dikuasai, saat menyampaikan penyakit yang diderita pasien dokter harus melakukan pendekatan pendekatan yang sesuai agar tidak membuat pasien merasa cemas.

Leave a Comment