Pengertian Abstrak | Struktur Penulisan, Jenis dan Unsur

Posted on

Tahukah apa itu abstrak? yap, abstrak merupakan penyajian suatu dokumen secara ringkas/singkat, akurat dan jelas untuk mewakili isi atau inti suatu dokumen dan sesuai dengan dokumen aslinya tanpa menambahkan tafsiran atau kritikan. Gampangya, abstrak merupakan suatu penjelasan singkat mengenai isi pada suatu artikel atau tulisan.


Pengertian Abstrak Menurut Ahli


Abstrak merupakan ringkasan dari sebuah isi karya tulis ilmiah yang bertujuan untuk membantu para pembaca agar lebih mudah mengerti maksud dan tujuan dari karya tulis tersebut.

Maizel (Smith: Singer, 1984)

Menurut Maizel (Smith: Singer, 1984), Abstrak adalah Ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas bagian yang memuat tujuan, cakupan/jangkauan dan temuan dari suatu artikel (Maizel, Smith: Singer, 1984).

Rowley (dalam bukunya Abstracting and Indexing)

Menurut Rowley (dalam bukunya Abstracting and Indexing), Pengertian abstrak adalah penyajian isi dokumen secara ringkas dan akurat dalam gaya yang sama dengan dokumen aslinya.

Collison

Menurut Collison, Abstrak adalah suatu penyajian ringkas dalam bahasa si pengarang mengenai semua butir-butir yang pokok /utama dari dokumen asli.

KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian abstrak ada dua. Yang pertama abstrak adalah tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala. Sedangkan pengertian kedua, abstrak diartikan sebagai ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti.

American National Standards Institute’s (1979)

Menurut American National Standards Institute’s (1979), Abstrak adalah pernyataan secara singkat tetapi akurat dari isi suatu dokumen, tanpa menambahkan tafsiran ataupun kritik dan tanpa membedakan untuk siapa abstrak itu dibuat.

ISO (international Standard Organisation, 1976)

Menurut ISO (international Standard Organisation, 1976), Abstrak adalah uraian singkat tetapi akurat yang mewakili isi dokumen, tanpa tambahan interpretasi atau kritik dan tanpa melihat siapa si pembuat sari karangan tersebut.


Struktur Penulisan Abstrak


Dalam setiap penulisan abstrak pasalnya ada beberapa aturan yang harus dipenuhi. Yang pertama adalah pengunaan font times nee roman sangatlah disarankan pada penulisan abstrak.

Berikut akan dibahas mengenai beberapa aturan struktur abstrak.

1. Judul Penelitian ditulis dengan menggunakan huruf capital (huruf besar) serta menggunakan font size 14, posisi paragraf adalah center text, dan menggunakan bold atau bercetak tebal.

2. Jika dalam sebuah penulisan terdapat Sub Judul maka haruslah menggunakan posisi paragraf menjadi ke tengah, menggunakan huruf dengan besar 12 dan bercetak tebal.

3. Nama-nama Peneliti ditulis tanpa menggunakan gelar

4. Para bagian ahir nama beberapa penerbit maka anda haruslah menggunakan nomor urut yang dipakai dalam penulisan tersebut dengan menggunakan posisi paragraf tengan. Ukuran huruf 12 dan bercetak tebal.

5. Nama institusi (Jurusan) / Fakultas / Unit kerja Peneliti (nama perguruan tinggi) dan alamatnya (alamat perguruan tinggi), menggunakan posisi paragraf center text, font size berukuran 12 serta bercetak tebal atau bold.

6. Alamat email yang dicantumkan dalam abstrak hanya alamat email ketua peneliti. Alamat email tersebut menggunakan posisi halaman center text, font sizenya berukuran 12 dan dicetak tebal (bold).

7. Judul “ABSTRAK” ditulis menggunakan huruf capital, posisi paragrafadalah center text dan bercetak tebal (bold).

8. Posisi paragraf atau text abstrak menggunakan text rata kanan kiri (Justify text) paling banyak menggunakan 250 kata, dan isi abstrak menggunakan font size berukuran 12.

9. Kata-kata kunci pada abstrak menggunakan posisi text rata kanan kiri (justify text).


Jenis-Jenis Abstrak


Berdasarkan prakteknya, abstrak dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :

1. Abstrak Informatif

Ini merupakan jenis abstrak yang biasa dilakukan karena berisikan informasi yang sangat umum.

Ciri-ciri abstrak informatif diantaranya adalah menyajikan hasil isi dan prinsip-prinsip dari hasil kerja (tujuan dan metode), kesimpulan dari artikel asli secara jelas, untuk orientasi pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen aslinya.

Abstrak jenis ini dibuat sesempurna mungkin tetapi tidak mengubah makna atau isi dari dokumen atau artikel aslinya. Hal inilah yang membuat abstrak informatif lebih panjang daripada jenis abstrak lainnya.

Umumnya makalah atau artikel majalah menghasilkan 100 sampai 250 kata, sedangkan laporan dan tesis berjumlah sekitar 500 kata.

2. Abstrak Indikatif

Ini merupakan jenis abstrak yang menunjukman isi dari sebuat artikel. Biasanya abstrak jenis ini merupakan penyataan yang umum menjelaskan secara terperinci mengenai tujuan serta hasil dengan menunjukkan data.


Unsur Abstrak


Abstrak yang baik harus memiliki 4 unsur. Ke 4 unsur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Dalam pembuatan abstak pasalnya gunakan argumentasi yang logis. Jika perlu lakukalah penelitian untuk bisa mendapatkan solusi dari masalah tersebut.

2. Pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah (metode).

3. Hasil yang dicapai dalam penelitian.

4. Kesimpulan yang diperoleh.

Setiap unsur tersebut hendaknya diungkapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas. Hal tersebut dilakukan agar informasi bisa tersalurkan dengan benar dan pembaca tidak bosan membacanya karena panjang.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan abstrak. Pasalnya pembuatan abstrak sangatlah penting ada sebuaj tulisan.

Karena kebanyakan pembaca akan mulai membaca melalui abstrak apakah menarik atau tidak isi buku tersebut.

Karena dari bagian abstraksi sudah bisa menggambarkan hampir keseluruhan isi penulisan. Abstrak menjadi salah satu daya tarik dari setiap penulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *