Pengertian, Ciri, Struktur, dan Jenis Teks Deskripsi yang Harus Diketahui

Posted on

Apabila kamu pernah menemukan teks yang di dalamnya terdapat informasi lengkap tentang topik yang dibahas, teks tersebut kemungkinan besar adalah teks deskripsi.

Salah satu ciri dari teks deskripsi tersebut memang sangat menonjol sehingga teks deskripsi sangat mudah untuk diketahui. Teks deskripsi sendiri tersusun hanya dari 3 struktur dan juga punya tujuan jelas. Agar lebih paham tentang deskripsi, kita akan mulai dari pengertian deskripsi itu sendiri.

Pengertian Deskripsi

karyapemuda.com

Deskripsi adalah jenis paragraf yang isinya disampaikan dengan menggambarkan objek, tempat, dan juga peristiwa secara jelas sehingga pembaca dapat mengetahui dengan mudah topik yang saat itu tengah dibicarakan. Pembaca dibuat seolah-olah merasakan secara langsung yang diungkapkan di dalam teks tersebut.

Tujuan dari teks deskripsi beda halnya dengan teks negosiasi. Teks deksripsi mempunyai tujuan yang sangat jelas, sehingga pembaca ikut merasakan apa yang dijelaskan di dalam teks secara langsung. Jadi, pemaparan objek yang jelas dengan sendirinya akan tergambarkan sehingga pembaca merasakan seperti apa yang tengah dibicarakan di dalam teks tersebut.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

idshool.net

Selain pengertian, untuk mengetahui apakah teks tersebut termasuk teks deskripsi atau tidak, kamu juga harus melihat ciri-ciri dari teks deskripsi itu sendiri.

Ciri-ciri dari teks deskripsi akan lebih menggambarkan pengertian deskripsi itu sendiri sehingga kamu dapat langsung menebak sebuah karangan termasuk deskripsi atau bukan.

Paragraf yang sifatnya deskripsi akan menggambarkan suatu kejadian. Paragraf seperti ini juga menggambarkan suatu hal dengan sangat jelas dan terperinci serta tidak jarang juga indera dilibatkan di dalam paragraf ini.

Saat pembaca tengah membaca teks yang bersifat deskripsi pembaca seolah-olah akan merasakan langsung suasana atau kejadian yang dibahas di dalam teks. Selain itu, teks deskripsi juga menjelaskan ciri dari fisik objek misalnya bentuk, warna, ukuran , ciri-ciri dari keadaan objek atau psikisnya dengan sangat rinci.

Struktur Teks Deskripsi

quipper.com

Selain pengertian deskripsi, kamu juga harus mengetahui tentang struktur dari teks deskripsi, di dalam struktur deskripsi terdapat 3 unsur atau struktur dari teks deskripsi yaitu identifikasi, klasifikasi, dan juga deskripsi bagian.

Dimana struktur identifikasi pada teks deksripsi sendiri bertujuan untuk menentukan identitas baik dari seseorang, dari benda dan lain sebagainya.

Struktur klasifikasi menggambarkan penyusunan bersistem di dalam kelompok sesuai standar yang sudah ditetapkan dan deskripsi bagian merupakan bagian dari teks yang isinya mengenai gambaran bagian yang ada di dalam teks itu sendiri.

Jenis Teks Deskripsi

sahabatnesia.com

Bahasan terakhir yaitu jenis dari teks deskripsi. Jenis teks deskripsi dapat dibagi menjadi 3 kelompok terdiri dari teks paragraf deskripsi yang bersifat subjektif, teks paragraf deskripsi yag bersifat spatial, dan teks paragraf deskripsi yang bersifat objektif.

Teks paragraf deskripsi subjektif menggambarkan objek menurut kesan si penulis. Jadi pada teks pragraf deskriptif gambaran objeknya adalah yang diterima oleh si penulis tersebut.

Sedangkan pada teks paragraf objektif, objek digambarkan dengan sangat apa adanya sesuai dengan kondisi objek yang sesungguhnya tanpa ada penambahan opini apapun dari sang penulis.

Teks paragraf spatial merupakan sebuah teks yang di dalamnya terdapat objek yang penggambarannya hanya berupa benda, tempat, ruang dan lain sebagainya.

Agar lebih paham, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang pengertian deskripsi, ada baiknya kamu belajar sambil mencoba mencari contoh teks deskripsi, sehingga pemahaman kamu tentang deskripsi juga semakin baik. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *