Pengertian Ekonomi : Menurut Beberapa Ahli dan Contoh Kegiatannya

independensi.com

Pengertian ekonomi dapat diartikan sebagai suatu ilmu sosial yang mempelajari mengenai kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan aktivitas produksi, distribusi, serta konsumsi terhadap kebutuhan barang dan jasa.

Ada juga yang mengemukakan definisi dari ekonomi adalah semua hal yang berkaitan dengan upaya dan juga daya dari masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Yang bertujuan untuk mencapai suatu tingkatan kehidupan yang lebih makmur.

Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yakni Oikos yang memiliki arti sebuah keluarga/rumah tangga, dan Nomos mengandung arti peraturan/hukum. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa ekonomi memiliki arti secara harfiah yakni suatu manajemen atau aturan dalam rumah tangga/ keluarga.

Pengertian Ekonomi Menurut Ahli

litbang.kemendagri.go.id

Empat ahli mengemukakan definisi dari ekonomi, yang pertama adalah Robbins yang mengatakan bahwa ekonomi adalah studi perihal perilaku manusia yang berhubungan dengan tujuan ketika dihadapkan dengan persediaan sunber daya.

Selanjutnya, John Stuart Mill, mengungkapkan bahwa ekonomi menjadi sebuah ilmu yang fokus pada nilai tukar sebuah barang dan jasa dengan tujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kekayaan suatu negara.

Kemudian, Alfred Marshall mendefinisikan ekonomi sebagai sebuah studi mengenai cara manusia menjalani hidup dengan berpikir dan bergerak dalam kehidupan sehari-hari. Namun, disisi lain, John Adam Smith mengungkapkan pengertian ekonomi sebagai sebuah penyelidikan akan suatu kondisi atau keadaan dari kekayaan suatu negara.

Seseorang dapat melakukan sebuah kegiatan ekonomi karena didorong oleh suatu motif untuk memenuhi kebutuhan.

Motif ekonomi merupakan sebuah dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas ekonomi, baik dorongan dari dalam diri maupun dari luar diri.

Hal tersebut membuat motif ekonomi terbagi kedalam dua jenis, yaitu berdasarkan asal yang terdiri dari motif intrinsik. Yakni sebuah dorongan yang muncul dari dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas ekonomi, seperti seseorang akan cenderung mencari makanan ketika orang tersebut merasa dirinya lapar.

Kedua, motif ekstrinsik yaitu dorongan atau yang berasal dari luar diri seseorang dengan tujuan untuk melakukan kegiatan ekonomi. Seperti seseorang ingin membeli sebuah mobil dikarenakan melihat tetangganya membeli sebuah mobil.

Penjelasan Mengenai Motif Ekonomi

youthmanual.com

Selanjutnya motif ekonomi yang didasarkan pada pertimbangan ekonomi yang terbagi kedalam tiga jenis, yang pertama adalah motif untuk bertahan hidup.

Yakni berupa dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang untuk bertahan hidup dengan melakukan berbagai hal. Seperti bekerja untuk menghasilkan sejumlah uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kedua, motif untuk mendapatkan keuntunga yakni keinginan dari dalam diri manusia yang melakukan aktivitas ekonomi dengan tujuan untuk mendapat keuntungan. Seperti pedagang atau produsen yang menjual barang/ jasa untuk menghasilkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Ketiga, motif untuk mendapatkan penghargaan, yaitu dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas ekonomi demi mendapatkan suatu penghargaan.

Beberapa Contoh Kegiatan Ekonomi

dictio.id

Pada umumnya, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat adalah kegiatan produksi yang bertujuan untuk menghasilkan beberapa barang/ jasa. Kegiatan produksi ini biasanya dilakukan oleh para pengusaha dalam berbagai sektor usaha, seperti pengusaha furniture, konsultan dan lainnya.

Selanjutnya adalah kegiatan distribusi, yang mensuplai beberapa barang/ jasa dari satu wilayah ke wilayah lainnya yang dekat dengan konsumen.

Kegiatan ini menjadi proses yang cukup rumit karena harus dapat mewujudkan keseimbangan kebutuhan dan ketersediaan barang/ jasa.

Kemudian kegiatan konsumsi, yang merupakan sebuah aktivitas menggunakan barang/ jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup para konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here