Pengertian Eksplorasi dalam Cakupan Proses Kegiatan Belajar Mengajar

Posted on

Pengertian eksplorasi ialah salah satu hal yang sangat berkaitan erat dengan proses belajar mengajar. Pasalnya rangkaian tugas digunakan untuk melakukan proses belajar mengajar. Selain itu eksplorasi juga digunakan untuk mengumpulkan informasi dan dilanjutkan dengan bahasan yang berkaitan dengan proses eksplorasi.

Ada banyak sekali definisi dari eksplorasi dan pengertian eksplorasi. Pada dasarnya eksplorasi adalah penjelajahan atau pencarian atau tindakan mencari dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, namun implementasinya atau penerapannya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuannya.

Jika tujuannya adalah ingin mengenal suatu daerah maka implementasi eksplorasi adalah menjelajah daerah yang dimaksud sehingga mengenal segala hal yang berkaitan dengan daerah tersebut.

Begitu juga jika eksplorasi tujuannya adalah ingin mengetahui tentang suatu hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, maka eksplorasi bisa melalui eksperimen, membaca, dan mencari berbagai referensi.

Eksplorasi menjadi salah satu mekanisme yang sangat cocok untuk sebuah pembelajaran. Karena pasalnya dalam kegiatan belajar mengajar maka anda haruslah melakukan pengembangan di berbagai bidang.

Pengertian Eksplorasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar

portalsejarah.id

Dalam kegiatan belajar mengajar yang melibatkan guru dan siswa, pengertian eksplorasi adalah proses mencari dan menghimpun informasi bisa berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber.

Berikut adalah cara menerapkan sistem eksplorasi dalam pembelajaran.

a. Peserta didik

  • Membentuk kelompok kecil dan bersama teman kelompoknya, kemudian menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah
  • Menggali informasi melalui membaca, berdiskusi, atau melakukan percobaan (eksperimen)
  • Mengumpulkan dan mengolah data

b. Guru

  • Memberi umpan balik positif kepada peserta didik
  • Memberikan panduan melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
  • Berperan sebagai narasumber dan fasilitator
  • Menggunakan berbagai macam pendekatan atau media pembelajaran
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik lainnya maupun peserta didik dengan sumber belajar, seperti buku internet, dan sumber belajar lainnya.
  • Melibatkan peserta didik secara aktif
  • Guru memberikan materi dan penjelasan kepada siswa yang berkaitan dengan kasus yang sedang dipelajari
  • Guru memberikan tugas kesiswa untuk mendapatkan referensi yang dapat memberikan solusi terhadap kasus yang sedang dipelajari.

Contoh Kasus Eksplorasi

kpm.unpad.ac.id

Pada sebuah kasus misalnya para siswa sedang mempelajari tentang instalasi komputer dengan menggunakan sistem operasi windows maka siswa diwajibkan untuk mampu mempelajari dan mencari segala bahan informasi yang berkaitan dengan sistem operasi tersebut.

Pasalnya para guru akan memberikan pengarahan tentang materi tersebut kepada siswa agar dapat mempersiapkan dengan baik apa yang akan mereka pelajari. Berikut akan disimak langkah-langkahnya.

1. Siswa harus memahami apa itu instalasi manfaat dan tujuannya,

2. Persiapan instalasi,

3. Mengenal hardware komputer yang berkaitan dengan instalasi,

4. Syarat dan langkah-langkah instalasi,

5. Dan informasi lainnya yang berkaitan dengan instalasi.

Informasi yang harus siswa dapatkan untuk tujuan instalasi, bisa disampaikan oleh guru, mencari sendiri di internet membaca berbagai referensi yang berkaitan dan lainnya.

Jika siwa mampu mengumpulan informasi yang mereka butuhkan untuk tujuan instalasi windows, siswa bisa langsung melakukan eksperimen, mendapatkan kesimpulan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka dapatkan.

Inti dari eksplorasi adalah mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk diolah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika dalam tujuannya agar siswa mampu melakukan instalasi sendiri terhadap aplikasi tersebut maka eksplorasi bisa dilakukan dengan cara mencari berbagai referensi dan kemudian melakukan praktek.

Setelah pengertian eksplorasi dicapai dapat dilanjutkan ke rangkaian pembelajaran berikutnya yaitu mengolah informasi atau mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *