33 Pengertian Ilmu Pengetahuan Beserta Aspek, Klasifikasi dan Sifat

Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.

Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.


Pengertian Ilmu Pengetahuan


Ilmu pengetahuan adalah usaha yang bersifat multi dimensional, sehingga dapat didefinisikan dalam berbagai cara dan tidak baku.

Al-Attas berpendapat bahwa ilmu tidak dapat didefinisikan secara ketat, ia hanya dapat dijelaskan dan penjelasan ini hanya lebih mengacu kepada sifat-sifat dasar pengetahuan tersebut.

Berikut beberapa pengertian ilmu secara etimologi, menurut KBBI dan beberapa ahli.

Pengertian Ilmu Secara Etimologi

Secara etimologi, kata ilmu berasal dari bahasa Arab “ilm” yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam bahasa Inggris, “science” atau bahasa latin “Scientia” yang mengandung kata kerja scire yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut KBBI

Pengertian ilmu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebagai berikut,

  • pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu.
  • pengetahuan atau kepandaian (tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dan sebagainya).

Pengertian pengetahuan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebagai berikut,

  • segala sesuatu yang diketahui; kepandaian
  • segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran)

Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang mendefinisikan apa itu ilmu, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Mohammad Hatta

Definisi ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hokum umum, sebab akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya maupun hubungannya.

2. Dadang Ahmad S

Ilmu pengetahuan menurut Dadang Ahmad S, adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.

3. Mappadjantji Amien

Pengertian ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukan diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah.

4. Syahruddin Kasim

Pengertian ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah sang pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawimelalui dimensi hati, akal, nafsu yang rasional empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan.

5. Helmy A. Kotto

Ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus sampai menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.

6. Izuddin Taufiq

Definisi ilmu adalah penelusuran informasi atau data melalui sebuah pengamatan, pengkajian & eksperimen, yang bertujuan untuk menetapkan hakikat, landasan dasar maupun asal usulnya.

7. John G. Kemeny

Ilmu ialah segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah dan merupakan hasil dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode tersebut.

8. Poespoprodjo

Ilmu merupakan sebuah proses perbaikan diri secara berkesinambungan yang terdiri dari perkembangan teori & uji empiris.

9. Thomas Kuhn

Pengertian ilmu adalah himpunan kegiatan yang dapat menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.

10. Kamus Webster

Arti ilmu adalah penelurusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian, dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal-usulnya.

11. Karl Pearson

Ilmu adalah keterangan yang stabil & komprehensif tentang suatu fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.

12. Francis Bacon

Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang bersifat valid & hanya faktalah yang dapat menjadi objek pengetahuannya.

13. Asle Montagu

Ilmu pengetahuan menurut Asle Montagu dalam bukunya the cultured man adalah sebagai pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengalaman, studi dan percobaan yang telah dilakukan dipakai untuk menentukan hakikat prinsip tentang hak yang sedang dipelajari.

14. V. Afayanev

Pengertian ilmu pengetahuan dalam buknya Marxist Philosophy adalah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran.

15. Ralp Ross dan Ernes Van Den Haag

Dalam bukunya yang berjudul The Fabric of Society, bahwa ilmu memiliki kriteria empiris, rasional umum, kumulatif, dan keempatnya serentak terpenuhi.

16. Prof Sondang Siagian

Definisi ilmu pengetahuan adalah suatu objek, ilmiah yang memiliki sekelompok prinsipol, dalil, rumus, yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulang kali telah teruji kebenarannya, dalil-dalil, prinsip-prinsip dan rumus-rumus mana yang dapat diajarkan dan dipelajari.

17. Soerjono Soekanto

Ilmu adalah pengetahuan yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, pengetahuan dimana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya.

18. Drs. S. Abu Bakar

Pengertian ilmu pengetahuan adalah suatu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi persyaratan dalam ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu.

19. The Liang Gie

Ilmu adalah rangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa aneka prosedur dan tata langkah sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala – gejala kealaman, kemasyarakatan, atau keorangan untuk tujuan mencapai kebenaran, memperoleh pemahaman, memberikan penjelasan ataupun melakukan penerapan

20. Dr. Maurice Bucaille

Pengertian ilmu merupakan kunci dalam mengungkapkan segala hal dalam bentuk apapun, baik dalam jangka waktu yang lama maupun singkat.

21. Charles Singer

Definisi ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge)

22. Harsojo

Ilmu adalah sekumpulan akumulasi pengetahuan yang disistematiskan.

23. Prof. Dr Syed Naquib Alattas

Pengertian ilmu merupakan ketibaan makna dalam diri seseorang yang dapat menyebabkan perubahan berdasarkan ilmu yang dicapai atau diperoleh.

24. Nazir

Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.

25. Shapere

Ia mendasarkan konsep ilmu mencakup tiga hal yaitu adanya rasionalitas dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi.

26. Prof. Van Poelje

lmu adalah tiap kesatuan pengetahuan, dimana masing masing bagian bergantungan sama sama lain yang teratur secara pasti menurut asas-asas tertentu.

27. Schulz

Pengertian ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial.

28. Minto Rahayu

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum.

29. Popper

Arti ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.

30. DR. H.M. Gade

Definisi ilmu adalah falsafah yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.

31. NS. Asmadi

Ilmu adalah sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahuai melalui penyeledikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).


Aspek Ilmu Pengetahuan


Pada umumnya ilmu pengetahuan dapat kita lihat dari dua aspek yaitu:

1. Aspek isi (conten definition)

Aspek isi (conten definition) adalah pengetahuan yang bersifat terpadu atau kumpulan pengetahuan yang saling berkaitan dan mengikat dalan suatu kesatuan kebenaran yang sahih.

2. Aspek proses (process difinition)

Aspek proses (process difinition) adalah ilmu sebagai kegiatan yang ditujukan untuk menemukan variabel variabel alami yang penting dan kemudian menerangkan serta meramal hubungan tersebut.

Ilmu merupakan rangkaian aktivitas penelaahan yang mencari penjelasan suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris mengenai dunia dalam berbagai seginua dan keseluruhan pengetahuan sistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin di mengerti manusia.


Klasifikasi Ilmu


Klasifikasi ilmu menurut subjeknya

• Teoritis

Nomotetis (ilmu alam, ilmu kimia, sosiologi, ilmu hayat sbb) dan ideografis (ide: cita-cita, grafis: lukisan)

• Praktis

Praktis (ilmu terapan) yaitu ilmu yang langsung di tunjukan kepada pemakaian atau pengalaman pengetahuan, maka ini pun diperinci lebih lanjut yaitu: normatif seperti filsafat kesusilaan atau filsafat moral) positif (ilmu pertanian, Ilmu teknik) yang kedua nya salin melengkapi, jadi walaupun di bedakan tetap tidak bisa dipisahkan.

Pasalnya ilmu pengetahuan dibangun berdasaekan teori yang telah diterapkan. Dimana sebuah terori telah diuji dan mendapatkan haskl serta bisa disimpulkan menjadi sebuah ilmu pengetahuan.

Klasifikasi ilmu menurut objeknya

• Universal/umum

Seperti keseluruhan yang ada, seluruh hidup manusia: misal teologi/agama dan filsafat.

• Khusus

Hanya mengenai salah satu kapangan tertentu dan kehidupan manusia, jadi objeknya terbatas. Ini yang disebut dengan ilmu pengetahuan.


Sifat llmu pengetahuan


1. Logis atau Masuk akal

Yaitu sesuai dengan logika atau aturan berfikir yang ditetapkan dalam cabang ilmu pengetahuan yang bersangkutan.

Logika dalam ilmu pengetahuan adalah sesuai dengan fakta. fakta adalah informasi yang diperoleh dari pengamatan atau penalaran fenomena.

2. Objektif

Ilmu pengetahuan harulah bersifat objektif sehingga membahas fokus tentang sesuatu hal yang memang dianggap sebagai ilmu pengetahuan.

Hal tersebut dilakukan agar pembahasan lebih terperinci. Objektif artinya bisa dinilai dan dilakukan uji coba secara terbuka untuk pengamatan.

3. Sistemartis

Sebuah ilmu pengetahuan haruslah sistematis sehingga bisa dibuktikan dengan suatu metode. Pasalnya hal ini berhubungan dengan teori, hukum dan metode yang digunakan untuk mengembangkam ilmu pengetahuan.

Untuk itu sebuah ilmu pengetahuan harus dinamis, tetap dan berkembang menjadi lebih baik melalui teori-teori.

4. Andal

Sebuah ilmu pengetahuan haruslah andal dan dapat terbukti dengan benar. Ilmu pengetahuan bersifat umum dan terbuka sehingga siapa saja bisa membuktikannya dan mengembangkannya.

5. Dirancang

Yaitu pengetahuan tidak berkembang dengan sendirinya. Pasalnya ilmu pengetahuan haruslah terus dikembangkan dengan cara menerapkan metode ilmian yang bisa memberikan mutu dan perkembangan dari ilmu tersebut .

6. Akumulatif

Yaitu himpunan fakta teori, hukum dll yang terkumpul sedikit demi sedikit. Jima memang dalam unsur ilmu terdapat sesuatu hal yang salah maka harus digantikan dengan unsur yang benar.

Karena pasalnya ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan terbuka sehingga bisa terus diubah dan dikembangkan menjadi lebih baik.

7. Verifikatif

Yaitu ilmu yang mengarah pada tercapainya suatu kebenaran. Pasalnya sebuah teori menyatakan bahwa mahluk hidup berasal dari benda mati. Dan teori tersebut sudah diyakini.

Namun ada juga teori yang mengatakan bahwa mahluk hidup berasal dari mahluk hidup juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here