Berbagai Pengertian Integrasi Nasional, Jenis, dan Bentuk Contohnya

ilmudasar.com

Pengertian integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan yang terdapat pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.

Kita semua wajib untuk mengikut sertakan diri dalam menjaga integrasi nasional dari berbagai macam ancaman, gangguan, hambatan yang datang dari mana saja baik dari luar maupun dalam.

Pengertian integrasi nasional secara umum adalah usaha atau proses menyatukan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Definisi integrasi nasional sangat penting untuk menyatukan perbedaan dalam suatu bangsa.

Berbagai Pengertian Integrasi Nasional

Berikut adalah pengertian integrasi nasional:

cnnindonesia.com

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian integrasi nasional adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Sementara definisi integrasi nasional menurut KBBI adalah penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan suatu identitas nasional.

Pengertian integrasi nasional secara umum juga bisa dibedakan menjadi dua yakni pengertian intergasi nasional secara politis dan antropologis.

  • Secara politis integrasi nasional mempunyai arti bahwa penyatuan berbagai kelompok budaya serta sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk sebuah identitas nasional.
  • Secara antropologis integrasi nasional berarti bahwa suatu proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga akan mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

Pengertian integrasi nasional merupakan proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

3. Howard Wriggins

Integrasi nasional adalah penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan/ kesatuan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bangsa.

4. Myron Weiner

Pengertian integrasi nasional adalah proses penyatuan dari berbagai kelompok budaya, dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional.

5. J. Soedjati Djiwandono

Integrasi nasional sebagai cara bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri.

Jenis Integrasi Nasional

imron.web.id

1. Integrasi Asimilasi;

Merupakan penggabungan dua atau lebih kebudayaan yang menghilangkan ciri khas kebudayaan aslinya yang diterima oleh masyarakat.

2. Integrasi Akulturasi;

Merupakan penggabungan dua atau lebih kebudayaan tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan asli di suatu lingkungan.

3. Integrasi Normatif;

Terjadi karena keberadaan norma-norma yang berlaku dan mempersatukan masyarakat sehingga integrasi lebih mudah terbentuk.

4. Integrasi Instrumental;

Terjadi dan tampak secara nyata sebagai akibat adanya keseragaman antar individu dalam lingkungan masyarakat, misalnya keseragaman pakaian.

5. Integrasi Ideologis;

Terjadi dan tampak secara nyata karena adanya ikatan spiritual/ ideologis yang kuat tanpa adanya paksaan.

6. Integrasi Fungsional;

Terjadi karena adanya berbagai fungsi tertentu dari semua pihak di dalam masyarakat.

7. Integrasi Koersif;

Terjadi karena adanya pengaruh dari penguasa dan bersifat paksaan.

Contoh Integrasi Nasional

tirto.id
  1. Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1976. Di lokasi TMII tersebut terdapat rumah adat dan aneka macam budaya dari seluruh provinsi Indonesia.
  2. Sikap menghargai dan toleransi terhadap antar umaat beragama di Indonesia. Hal ini terlihat dari sikap masyarakat Indonesia yang menghargai perbedaan agama.
  3. Sikap menghargai dan merasa memiliki kebudayaan yang berasal dari daerah lain, bahkan mempelajari kebudayaan dari daerah yang berbeda.

Pengertian integrasi nasional di Indonesia cukup unik karena banyaknya keragaman yang dijumpai dari mulai suku, budaya, ras dan agama.

Integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pun bisa diwujudkan. Tentu ada syarat-syarat integrasi nasional yang harus dipenuhi demi terwujudnya persatuan bangsa. Semoga Indonesia makin jaya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here