Pengertian Investasi Secara Umum dan Menurut Beberapa Pakarnya

Pengertian investasi yaitu sebuah aktivitas untuk menempatkan dana yang dimiliki oleh seseorang dalam suatu waktu tertentu. Dengan tujuan penggunaan dana tersebut dapat membuahkan hasil berupa keuntungan atau peningkatan dalam nilai investasi.

Definisi dan Pengertian Investasi

sunlife.co.id

Wikipedia meguraikan bahwa pengertian investasi adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan akumulasi berupa aktiva dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, seseorang yang melakukan investasi biasanya disebut dengan investor.

Selain itu, investasi juga dapat disebut sebagai aktivitas penanaman modal pada suatu perusahaan. Hal ini membuat istilah investasi tersebut sudah tidak asing dalam kalangan dunia bisnis, karena investasi akan berkaitan dengan keuangan dan juga ekonomi.

Pengertian Investasi Menurut Beberapa Ahli

gaya.tempo.co

Investasi juga memiliki beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli ekonomi.

Seperti Haming dan Basalamah yang mengatakan bahwa investasi suatu bentuk pengeluaran yang digunakan saat ini untuk membeli aktiva riil. Seperti mobil dan properti, dan juga aktiva keuangan yang memiliki tujuan agar membuahkan hasil yang menguntungkan di masa depan.

Menurut Mulyadi, investasi berkaitan dengan sumber-sumber dana dalam periode yang panjang untuk mendulang keuntungan di masa depan.

Sadono Sukirno mengungkapkan bahwa investasi merupakan salah satu aktivitas pengeluaran dan pembelanjaan untuk penanaman modal. Modal ini digunakan untuk membeli barang-barang serta perlengkapan untuk produksi barang dan jasa dalam bidang perekonomian.

Henry Simamora mendefinisikan investasi sebagai aktiva yang dipergunakan perusahaan untuk menambahkan hasil kekayaan melalui kontribusi dari hasil investasi.

Meliputi royalti dan juga pendapatan suku bunga, serta pendapatan sewa dalam rangka mengapresiasikan nilai investasi. Berguna untuk memberikan manfaat lain pada perusahaan yang melakukan proses investasi dengan perdagangan.

Menurut Sunariya, investasi menjadi bentuk penanaman modal untuk satu ataupun dalam jumlah lebih aktiva serta dalam jangka waktu yang panjang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan laba di masa depan.

James C VanHorne mengartikan investasi sebagai sebuah aktivitas kas yang dilakukan saat ini dengan tujuan yang sama, yakni meraup keuntungan pada masa yang akan datang.

Fitz Gerald mengemukakan pengertian investasi juga berkaitan dengan sebuah usaha penarikan dari sumber dana yang dimiliki untuk melakukan penanaman modal. Sehingga diharapkan modal tersebut akan menjadikan produk baru di masa yang datang.

Salim HS dan Budi Sutrisno mengatakan bahwa investasi menjadi aktivitas penanaman modal yang dilakukan oleh investor. Baik investor lokal maupun asing dalam beragam jenis bidang-bidang usaha. Tujuannya membuka kesempatan untuk invetasi demi mendapatkan keuntungan.

Tujuan dari Investasi

mifx.com

Dari pengertian yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang dilakukan pada saat ini dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Tujuan dari investasi yang dilakukan tersebut antara lain untuk mendapatkan penghasilan yang tetap. Investor juga dapat memperbesar usaha yang dimiliki dan jaminan dalm berbisnis serta untuk mengurangi persaingan antar perusahaan dalam bidang yang sama.

Di sisi lain investasi juga memiliki manfaat dalam berbisnis, yakni dapat meningkatkan aset yang dimiliki, dapat juga untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan di masa yang akan datang.

Investasi dapat membuat gaya hidup seseorang menjadi lebih hemat dan juga dapat terhindar dari jeratan hutang piutang.

Selain itu, bentuk-bentuk investasi yang dilakukan oleh investor ini dapat berupa aktiva riil yang meliputi emas, tanah, properti, logam mulia dan lainnya. Sedangkan aktiva finansial dapat berupa surat-surat yang berharga seperti saham dan juga deposito.

Leave a Comment