12 Pengertian Kebudayaan Menurut KBBI, Kamus Ilmu Sosial dan Para Ahli

Posted on

Kebudayaan adalah bagian dari perdaban kemanusiaan. Artinya setiap manusia yang menginginkan adanya suatu peradaban, mestilah disertai dengan kebudayaan.

Lantas, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kebudayaan?


Pengertian Kebudayaan


 

Pada kesempatan ini, izinkan kami membahas tentang pengertian kebudayaan.

Sebenarnya pengertian kebudayaan yaitu hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat serta setiap kecakapan, dan kebiasaan.

Dalam artian lain segala hal yang kompleks, yang di dalamnya berisikan kesenian, kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, adat istiadat serta keahlian ataupun ciri khas lainnya yang diperoleh individu sebagai anggota dalam suatu masyarakat.

1. Pengertian Kebudayaan Menurut KBBI

  • Hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat;
  • 2) Antar keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

2. Menurut Kamus Ilmu Sosial

Kebudayaan adalah Totalitas perilaku yang dipelajari diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

3. Pengertian Kebudayaan Menurut Pakar dan Budayawan

a. Menurut Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus didapatkannya dengan belajar dan semua itu tersusun dalam kehidupan masyarakat.

b. Menurut Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni alam dan zaman (kodrat dan masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

c. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soenardi

Merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat.

d. Menurut Dr. Mohammad Hatta

Pengertian Kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

e. Menurut Haji Agus Salim

Kebudayaan adalah merupakan persatuan istilah budi dan daya menjadi makna sejiwa dan tidak dapat dipisah-pisahkan.

f. Menurut Sutan Takdir Alisyahbana

Pengertian kebudayaan menurut Sutan Takdir Alisyahbana adalah manifestasi dari cara berfikir.

g. Menurut Abdul Syani

Mengemukakan tiga hal yang terkandung dalam kebudayaan yakni : kebudayaan hanya dimiliki oleh masyarakat manusia, kebudayaan itu diturunkan melalui proses belajar dari tiap individu, kebudayaan merupakan pernyataan perasaan dan pikiran manusia”.

h. Menurut Sukidin, Basrowi & Agus Wijaka

Mendefenisikan kebudayaan sebagai “keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia untuk memenuhi kehidupannya dengan cara belajar.

i. Menurut Fuad Hassan

Kebudayaan adalah suatu kerangka acuan bagi perikehidupan suatu masyarakat yang sekaligus untuk mengukuhkan jati diri sebagai kebersamaan yang berciri khas.

j. Menurut Harjoso

Mengemukakan arti kebudayaan adalah sebagai berikut,

  • Kebudayaan yang terdapat didalam masyarakat berbeda antara satu dengan yang lain
  • Kebudayaan itu dapat diteruskan dan dapat diajarkan
  • Kebudayaan itu terjabarkan dari komponen-komponen biologis, psikologis, dan sosiologis dari eksistensi/keberadaan manusia.
  • Kebudayaan itu berstruktur atau mempunyai cara atau aturan tertentu
  • Kebudayaan terbagi atas berbagi aspek-aspek baik itu social, psikologis
  • Kebudayaan itu bersifat dinamis atau selalu berubah
  • Nilai-nilai dalam kebudayaan itu bersifat relative atau antara masyarakat yang satu berbeda dengan denga masyarakat yang lain.

Jadi, dari berbagai definisi diatas, disimpulkan bahwa pengertian kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *