Pengertian Kebugaran Jasmani | Unsur-Unsur Mutlak yang Berpengaruh

perpustakaan.id

Pengertian kebugaran jasmani merupakan kemampuan dan daya tahan fisik/tubuh seseorang dalam melaksanakan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa mengalami kelelahan yang cukup berarti.

Istilah kebugaran jasmani ini memiliki definisi yang tidak berbeda jauh dari aspek fisik dalam total fitness atau yang disebut dengan physical fitness.

Beberapa pengertian dikemukakan oleh beberapa ahli. Seperti Rustan Hutan yang mengungkapkan bahwa pengertian kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menjalankan segala macam kegiatan fisik. Kegiatan yang membutuhkan energi, daya tahan, dan fleksibilitas atau kelenturan.

salamadian.com

Selain itu, pendapat lain diungkapkan oleh Sudarno yang mengatakan bahwa kebugaran jasmani adalalah sebuah kondisi tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan cukup efektif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan dan tubuh masih memiliki cadangan kekuatan untuk melaksanakan kegiatan lainnya.

Kebugaran jasmani pada awalnya dilakukan manusia dengan melakukan beberapa gerakan yang disebut dengan latihan atau gerakan kebugaran jasmani.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan melakukan gerakan-gerakan untuk mempertahankan hidup, menjalani hidup yang aktif dengan terus melakukan dan memperbaharui gerakan-gerakan agar terhindar dari hypokinesis, dan juga melakukan gerakan-gerakan yang menjadi kebutuhan mutlak dan mendasar bagi makhluk hidup.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

1. Kecepatan

terasolahraga.com

Kebugaran jasmani juga memiliki unsur-unsur, yaitu kecepatan. Kecepatan menjadi salah satu unsur dalam kebugaran jasmani.

Kecepatan merupakan durasi waktu yang dibutuhkan oleh seseorang untuk melakukan gerakan yang berbeda dan berkelanjutan. Semakin sedikit waktu yang diperlukan, maka seseorang tersebut memiliki tingkat kecepatan yang bagus.

Selain itu, kecepatan dibagi kedalam tiga jenis, yaitu reaksi, sprint dan kecepatan untuk bergerak. Di sisi lain kecepatan seseorang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni, waktu reaksi, konsentrasi dan kemauan, elastis otot, teknis dan keturunan.

Kecepatan juga dapat dilatih dengan melakukan beberapa latihan yakni lari dengan cepat jarak 40 hingga 60 meter, lari naik dan turun tangga atau juga dapat berlari di perbukitan, dan lari multistage.

2. Strength atau Kekuatan

sijai.com

Kekuatan merupakan suatu kondisi tubuh untuk menggunakan otot dalam memaksimalkan tenaga pada saat melakukan aktifitas fisik. Hal ini menjadi sangat penting dalam menjalani aktivitas olahraga agar dapat terhindar dari terjadinya luka/ cedera.

Dengan berlatih secara konsisten dan rutin, maka otot akan dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya. Bentuk latihan yang dapat digunakan sebagai latihan untuk kekuatan tubuh adalah squat jump, dengan melatih kekuatan tungkai dan juga otot perut.

Sit up yakni melatih kekuatan yang berada di otot perut. Push up untuk melatih kekuatan pada otot lengan, back up merupakan latihan yang berguna untuk melatih otot perut, yang terakhir adalah latihan angkat beban yang berguna untuk melatih kekuatan yang terdapat pada otot lengan.

3. Daya Tahan

bebasketik.com

Selanjutnya, unsur dari kebugaran jasmani adalah daya tahan atau dapat disebut dengan endurance. Daya tahan yakni sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan pada seluruh tubuhnya dalam durasi waktu yang cukup lama serta dalam tempo yang juga berbeda.

Misalnya dalam tempo yang sedang atau dengan tempo yang cepat, dan juga dilakukan secara efektif dan juga efisien. Selain itu, hal tersebut dilakukan tanpa merasakan sakit atau bahkan lelah yang cukup berarti.

Upaya dalam melatih daya tahan tubuh atau endurance ini hanya memerlukan olahraga yang termasuk ke dalam kategori yang ringan. Sebagai contohnya adalah lari dan jogging yang dilakukan secara konsisten dan dalam waktu kurang lebih 30 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here