11 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

11 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli
learning.linkedin.com

Pengertian Observasi – Kegiatan observasi dilakukan oleh seseorang atau badan lembaga tertentu untuk suatu tujuan yang bersifat objektif. Secara sederhana observasi dapat diartikan sebagai tindakan pengamatan.

Contoh kegiatan observasi adalah Anda sedang memperhatikan anggota tubuh serangga dengan menggunakan kaca pembesar.


Pengertian Observasi


Image Source: thepackagingnews.com

Dalam dunia akademis setidaknya ada 10 jenis pengertian observasi yang telah dikemukakan oleh para ahli.

Pada  inikesempatan marilah kita belajar pengertian observasi ini. Pengertian observasi menurut para ahli :

1. Nawawi dan Martini

Pengertian observasi menurut Nawawi dan Martini adalah suatu kegiatan mengamati, yang diikuti pencatatan secara urut. Hal ini terdiri atas beberapa unsur yang muncul dalam fenomena di dalam objek yang diteliti. Hasil dari proses tersebut dilaporkan dengan laporan yang sistematis dan sesuai kaidah yang berlaku.

2. Prof. Heru

Pengertian observasi menurut Prof. Heru adalah pengamatan terhadap sebuah studi kasus atau pembelajaran yang dilakukan dengan sengaja, terarah, urut, dan sesuai pada tujuan. Pencatatan pada kegiatan pengamatan disebut dengan hasil observasi. Hasil observasi tersebut dijelaskan dengan rinci, tepat, akurat, teliti, objektif, dan bermanfaat.

3. Hanna Djumhana

Pengertian observasi menurut Hanna Djumhana adalah suatu metode ilmiah yang masih menjadi acuan dalam ilmu pengetahuan empiris sebagai cara yang sering digunakan untuk mengumpulkan data.

4. Sutrisno Hadi

Pengertian observasi menurut Sutrisno Hadi adalah proses yang kompleks, terdiri dari berbagai macam proses biologis maupun proses psikologis. Namun, proses yang paling penting ialah ingatan dan pengamatan.

5. Sudjana

Pengertian observasi menurut Sudjana adalah suatu metode penelitian untuk mengukur tindakan dan proses individu dalam sebuah peristiwa yang diamati.

6. Patton

Pengertian observasi menurut Patton adalah suatu metode yang akurat dalam mengumpulkan data. Tujuannya ialah mencari informasi tentang kegiatan yang berlangsung untuk kemudian dijadikan objek kajian penelitian.

7. Karl Welek

Pengertian observasi menurut Karl Welek adalah tindakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari rangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.
Seorang anak sedang melakukan observasi terhadap kupu-kupu.

8. Sugiyono

Sugiyono menyatakan bahwa pengertian observasi dalam arti sempit merupakan proses penelitian mengamati situasi dan kondisi.

9. Suharsimi Arikunto

Pengertian observasi menurut Suharsimi Arikunto adalah suatu tindakan pengamatan langsung terhadap suatu objek yang ada di lingkungan yang sedang berlangsung meliputi berbagai aktivitas perhatian terhadap kajian objek dengan menggunakan pengindraan.

10. Gibson dan Mitchell

Pengertian observasi menurut Gibson dan Mitchel adalah suatu teknik untuk menyeleksi dalam penentuan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati.

11. Kartini Kartono

Pengertian observasi menurut Kartin Kartono adalah suatu pengujian dengan maksud dan tujuan tertentu mengenai sesuatu, khususya dengan tujuan untuk mengumpulkan fakta, nilai, satu verbalisasi atau pengungkapan dengan kata-kata segala sesuatu yang telah diamati.

Image Source: salamtoronto.net

Sesuai dengan beberapa pengertian observasi dari para ahli tersebut, sekarang kita mampu untuk menarik suatu kesimpulan secara umum, bahwa pengertian observasi adalah aktivitas untuk mengetahui sesuatu dari kejadian-kejadian nyata yang terjadi di sekitar kita.

Aktivitas tersebut didasarkan pada pengetahuan dan gagasan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dari fenomena atau kejadian yang diteliti.

Informasi atau berita yang didapat harus bersifat objektif, nyata, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam perkembangannya kegiatan observasi dapat dikombinasikan dengan metode lain, juga dapat didukung dengan peralatan dan teknologi yang dapat merekam suatu peristiwa secara permanen.

Observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran sosial yang sulit diketahui dengan metode-metode lain.

Sampai di sini, semoga pengertian observasi dapat menambah hasanah ilmu pengetahuan kita. Semoga bermanfaat. Salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here