Jangan Mengaku Indonesia Jika Belum Paham Apa Pengertian Pancasila!

ibnudin.net

Apakah kalian tahu apa pengertian pancasila? Pancasila merupakan sebuah idelogi dan dasar dari negara Indonesia yang menjadi landasan segala keputusan bangsa dan mencari cerminan kepribadian bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan dasar yang mengatur pemerintahan negara Indonesia dimana pancasila ini akan selalu mengutamakan komponen yang ada di seluruh wilayah di Indonesia.

Jika dilihat dari etimologi, pancasila berasal dari bahasa Sansekerta India yakni “panca” yang berarti lima dan “sila” yang berarti dasar. Jadi jika digabungkan kedua katanya maka pancasila ini secara harfiah disebut sebagai lima dasar.

rejekinomplok.net

Pancasila sebagai dasar negara pertama kali dicetuskan oleh para pendiri bangsa dengan tujuan agar kita bisa memiliki pondasi yang kuat terutama dalam menjalankan kegiatan yang menyangkut pemerintahan.

Jadi, dengan hadirnya pancasila, tentunya Indonesia punya dasar dan juga pondasi dalam bernegara dimana hal ini akan membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sulit untuk dipengaruhi dan juga dijajah bangsa yang lain.

Pancasila dilambangkan dengan burung garuda yang di dalamnya ada gambar bintang, gambar rantai, gambar pohon, gambar kepala banteng, gambar padi dan juga gambar kapas yang masing-masing gambar adalah cerminan dari arti kelima sila yang ada di pancasila sehingga Garuda Pancasila dijadikan sebagai lambang Negara Indonesia.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

jpnn.com

Sementara untuk pengertian pancasila menurut para ahli, hal ini memang harus kamu pelajari dan pahami juga agar lebih paham dengan arti pancasila yang tentunya merujuk kepada pendapat para ahli.

Ir. Soekarno merupakan salah satu pendiri bangsa yang mengatakan jika pancasila merupakan isi jiwa bangsa Indonesia yang secara turun temurun atau berabad-abad terendap bisu di dalam kebudayaan barat.

Pancasila bukanlah hanya dijadikan sebagai falsafah negara tapi lebih dari itu, karena pancasila menjadi falsafah bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Selain Ir. Soekarno, ada juga pendapat Notonegoro yang mengatakan jika pancasila sendiri adalah dasar falsafah dan juga ideologi negara yang dapat dijadikan sebagai pandangan hidup untuk penerus bangsa, menjadi lambang bagi persatuan dan kesatuan dan menjadi pertahanan bangsa negara Indonesia.

kampusious.com

Dari berbagai sumber yang ada, pengertian pancasila atau istilah dari pancasila dikenal pada saat masa kerajaan Majapahit dan sriwijaya. Walau belum dirumuskan dengan cara yang konkrit, namun di masa itu sila-sila yang ada di dalam pancasila ternyata sudah diterapkan di dalam kehidupan masyarakat di dalam kerajaan.

Arti pancasila jika berdasarkan kitab Sutasoma yang dikarang oleh Mpu Tantular menyebutkan, pancasila berarti berbatu sendi yang lima atau bisa dikatakan sebagai pelaksanaan kesuliaan yang lima.

Tidak hanya itu, pancasila ditulis juga di dalam kitab agama Budha, ditulis ke dalam bahasa Pali yaitu Pancha Sila yang artinya adalah ajaran dasar moral dari agama Budha yang harus ditaati oleh pengikut Siddarta Gautama.

Fungsi Pancasila

hipwee.com

Pengertian pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara dan memiliki fungsi-fungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Fungsi pancasila yang pertama adalah pancasila menjadi jiwa bangsa Indonesia sehingga di dalam kehidupannya, masyarakat Indonesia harus menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.

Fungsi yang kedua adalah pancasila menjadi kepribadian bangsa Indonesia dimana bangsa Indonesia punya keunikannya tersendiri yang menjadikan kepribadiannya berbeda dengan negara-negara lain di dunia.

Ketiga, pancasila menjadi sumber dari segala jenis sumber hukum, jadi hukum yang ada di Indonesia sumbernya adalah pancasila. Sehingga hukum yang dibuat atau yang berlaku tidak boleh bertentangan dengan pancasila. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here