Pengertian Pasar Modal, Jenis, Para Pelaku, Tujuan, dan Kegunaannya

Banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan seseorang, pemasaran salah satunya merupakan usaha yang sangat menguntungkan saat ini. Modal menjadi alat utama untuk mewujudkan terjadinya transaksi pasar. Namun mengertikah kamu dengan pengertian pasar modal itu sendiri?

Seperti yang kita ketahui bahwa pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Yang mana mereka saling melakukan transaksi tukar menukar uang dengan barang atau sebaliknya.

Namun pada umumnya pasar bukanlah sebuah tempat atau lokasi tertentu, hal ini disebabkan karena pasar tidak memiliki batas geografis.

Seperti yang kita ketahui jaman sekarang sudah banyak sekali pasar online. Sehingga pembeli dan penjual tidak langsung bertatap muka dalam bertransaksi.

Pengertian Pasar Modal

Definisi pasar modal yaitu tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk dapat bertransaksi dalam hal menjual barang maupun jasa. Biasanya barang yang dijual adalah sumber daya ekonomi ataupun berbagai bahan produksi. Sedangkan jasa merupakan uatu keahlian yang dimiliki seseorang dan kemudian dijual kepada orang lain.

Manfaat

radioidola.com

Pasar modal memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Menyediakan indikator utama dalam trend ekonomi negara.

2. Pasar modal digunakan sebagai sarana alokasi sumber dana secara optimal.

3. Sebagai alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dalam resiko yang dapat diperhitungkan melalui keterbukaan, likuiditas, dan diverivikasi investasi.

Jenis Pasar Modal

jawapos.com

Pasalnya pasar modal juga terdiri dari beberapa jenis yang harus anda ketahui, agar anda mampu membedakannya dengan tepat.

1. Pasar Perdana (primary market)

Primary market dibuka sebelum pasar sekunder, disini anda bisa menerima penawaran sebelum pasar umum dibuka.

2. Pasar Sekunder (secondary market)

Secondary market adalah perdagangan saham yang telah melalui masa penawaran pada pasar perdana. Saham yang dijual di pasar sekunder pada dasarnya sudah dijual secara luas melalui masa penjualan di pasar perdana.

3. Pasar Ketiga (third market)

Pasar ini bisanya dijadikan tempat perdagangan saham yang terdapat di luar bursa.

4. Pasar Keempat (fourth market)

Terakhir pasar keempat, merupakan bentuk perdagangan efek antar pemegang saham. Disebut dengan proses pemindahan saham antar pemegang saham dalam nominal yang besar.

Para Pelaku di Pasar Modal

poems.co.id

Struktur pasar modal di Indonesia paling tertinggi berada di tangan mentri keuangan. OJK merupakan lembaga pemerintah yang memiliki tugas untuk melakukan pembinaan, pengaturan dan pengawasan sehari-hari dalam pasar modal.

Yang mana memiliki tujuan untuk mewujudkan dan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, efisien dan wajar serta dapat melindungi kepentingan individu pemodal.

1. Pelaku dalam Pasar Modal

Sebagaimana pengertian pasar modal yang sudah dijelaskan di atas. Dalam pasar modal terdapat beberapa pemain yang terlibat dalam proses transaksi pasar modal. Berikut para pelaku dan penjelasanya dalam pasar modal.

2. Emiten

Emiten adalah sebuah perusahaan yang akan menjual surat-surat berharga atau bisa disebut dengan melakukan emisi di bursa.

3. Investor

Investor adalah pemodal yang akan melakukan penanaman modal atau membeli saham pada perusahaan.

Tujuan adanya pelaku dalam pasar modal juga adalah sebagai berikut.

maxmanroe.com

1. Memperoleh Deviden

Hal ini mengacu pada keuntungan bunga yang akan diperolehnya dari kerja sama dengan emiten dalam bentuk deviden.

2. Kepemilikan Pengusahaan

Hal ini mengacu pada seberapa banyak saham yang ditanam pada perusahaan maka semakin besar penguasaan terhadap perusahaan.

3. Lembaga yang menjamin terjualnya saham dalam batas waktu tertentu dan bisa memperoleh dana yang diinginkan.

4. Memberikan informasi mengenai emiten kepada investor.

5. Melakukan penjualan efek kepada investor.

6. Perdagangan Efek

Hal ini sering disebut dengan dealer, yang mana memiliki fungsi sebagai pedagang dalam jual beli efek dan juga merupakan perantara dalam jual beli efek.

7. Lembaga Penanggung

Merupakan lembaga penengah antara emiten dengan investor, dimana lembaga tersebut sudah dipercayai investor sebelum menanamkan dananya.

Leave a Comment