Pengertian Statistika dan Statistik Beserta Letak Perbedaannya

Bagi orang awam, pengertian statistika dan statistik akan dianggap sama. Padahal, kedua kata tersebut memikiki perbedaan, meskipun bentuk kata diantara keduanya tidak memiiki banyak perbedaan.

Perbedaan diantara keduanya pun juga cukup mendasar dan juga signifikan apabila ditinjau dari segi definisi, dari fungsinya, tujuannya bahkan hingga klasifikasinya.

Dalam data, statistika dan statistik memang sama-sama digunakan sebagai langkah dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan data.

Namun pada kenyataannya, keduanya memiliki perbedaan yang harus diketahui agar tidak terjadi kesalahan.

Meskipun keduanya saling berkaitan, namun Anda tetap harus mengetahaui letak perbedaan diantara keduanya.


Perbedaan Statistika dan Statistik


Image Source: 4r.ru

Untuk mengetahui lebih jelasnya bahwa kedua kata tersebut memiliki perbedaan yang cukup menojol, maka Anda dapat mengetahuinya melalui ulasan berikut:

1. Perbedaan dari segi Pengertiannya

  • Pengertian statistika

Menurut pengertiannya, statistika merupakan ilmu yang mengajarkan tentang merencanakan data, mengumpulkan data, menganalisis data, menginterpretasi data hingga mempresentasikan data.

Atau jika dipersingkat, statistika merupakam ilmu mengenai cara mengumpulkan data, menabulasi data, menggolong-golongkan data, menganalisis data dan mencari keterangan data yang berupa angka.

  • Pengertian Statistik

Sedangkan untuk statistik merupakan hasil data yang akan disajikan dalam bentuk grafik, tabel dan yang lainnya.

Statistik juga berarti sebagai angka-angka atau catatan yang telah dikumpulkan, ditabulasi, dan digolongkan, dengan demikian bisa memberikan informasi yang berarti pada suatu permasalahan maupun gejala.

2. Perbedaan Fungsi dan Peranan

Dari segi fungsi dan peranan, statistika berfungsi dan berperan untuk menerapkan pada kehidupan sehari-hari agar bisa mendapatkan fungsi secara maksimal.

Sedangkan untuk statistik berguna untuk menggambarkan data pada bentuk tertentu, menyederhanakan data secara kompleks agar bisa menjadi data yang lebih dimengerti, teknik dalam pembuatan perhitungan, bisa untuk memperluas pengalaman individu, bisa untuk mengukur besaran di suatu gejala dan menentukan hubungan dari sebab dan akibat.

Kegunaan dari statistik ini bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari dengan cara menggunakan informasi serta kesimpulkan yang bisa di dapat sebagai pengambilan keputusan maupun kebijakan.

Dalam penelitian statistika, Anda akan menemukan dua macam penelitian, diantaranya yaitu:

1. Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif merupakan teknik statistik yang dapat memberikan informasi seputar data yang kita miliki.

Untuk analisis deskriptif ini tidak digunakan untuk menguji hipotesis, akan tetapi statistik deskriptif digunakan sebagai penyajian dan melakukan analisis data supaya bisa lebih bermakna dan lebih komunikatif.

2. Statistik Inferensial

Jenis penelitian yang menggunakan statistik Inferensial selalu berkaitan dengan sampel atau analisis data.

Hal ini digunakan sebagai penyimpulan yang akan digeneralisasikan pada semua subyek tempat data yang sudah diambil, yaitu disebut sebagai populasi.

Sedangkan menggunakan penelitian statistik Inferensial harus sesuai dengan statistika deskriptif.

Dengan demikian, maka keduanya harus bisa ditempuh dengan benar supaya statistika dapat digunakan dengan benar.


Melihat dari ulasan yang ada di atas, pada intinya, perbedaan antara statistika dengan statistik cukuplah besar dan sangat menonjol.

Hal ini bisa dilihat dari segi statistika yang digunakan sebagai proses pengumpulan data, menganalisis, menginterprestasi data dan juga mempresentasikan data.

Sedangkan untuk statistik merupakan data atau angka yang berupa grafik maupun gambar. Ilmu statistika juga mempunyai banyak tujuan, fungsi, peran bahkan hingga kegunaan pada kehidupan sehari-hari.

Sedangkan untuk metode dalam analisis data statistik ini pun juga sangatlah beragam, akan tetapi hal ini masih bisa digolongkan dan menjadi inferensial dan statistik deskriptif.

Leave a Comment