Perkembangan Pengertian Teknologi Seiring dengan Budaya Masyarakat

jagad.id

Teknologi dapat dipandang sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan. Selain itu, teknologi adalah terapan matematika, sains, dan berbagai seni untuk faedah kehidupan seperti yang dikenal saat ini.

Sebuah contoh modern adalah bangkitnya teknologi komunikasi yang memperkecil hambatan bagi interaksi sesama manusia, dan sebagai hasilnya telah membantu melahirkan sub-sub kebudayaan baru yaitu bangkitnya budaya dunia maya yang berbasis pada perkembangan internet dan komputer.

Teknologi dan Budaya

dictio.id

Tidak semua teknologi memperbaiki budaya dalam cara yang kreatif. Teknologi dapat juga membantu mempermudah penindasan politik dan peperangan melalui alat seperti pistol atau bedil.

Sebagai suatu kegiatan budaya, teknologi memangsa ilmu dan rekayasa yang masing-masing memformalkan beberapa aspek kerja keras teknologis.

Dulunya makna teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang memiliki wujud, misalnya mesin dan peralatan. Namun makna teknologi mengalami perluasan dan tidak hanya terbatas pada benda berwujud saja tapi juga benda yang tidak berwujud, misalnya metode, ilmu pengetahuan, software, dan lain-lain.

Sehingga pengertian teknologi adalah suatu cara, proses, alat, mesin, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia.

Pengertian Teknologi Secara Umum

seratus.id

Secara sederhana pengertian teknologi adalah keseluruhan sarana dan prasarana yang diciptakan untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan kelangsungan hidup manusia.

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.

Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu: kemajuan teknologi bersifat netral, kemajuan teknologi dengan hemat tenaga kerja, dan kemajuan teknologi yang hemat modal.

Pengertian Teknologi Menurut Ahli

komunitas.bukalapak.com

Pengertian teknologi secara umum adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari.

Secara etimologis, kata “teknologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “technologia” dimana kata techno berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan. Berikut adalah pengertian teknologi menurut para ahli.

1. Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana, pengertian teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indra, dan otak manusia.

2. Manuel Castells

Menurut Manuel Castells teknologi adalah suatu alat, aturan, dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

3. Gary J. Anglin

Menurut Gary J. Anglin, teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

4. Jacques Ellil

Jacques Ellil menyatakan teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

5. Merriam Webster

Menurut Merriam Webster teknologi adalah penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu. Cara menyelesaikan tugas terutama menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan atau aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

Perkembangan Teknologi di Tengah Masyarakat

pioneer.com

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan.

Sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam melakukan perjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka.

Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan internet telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.

Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai. Pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah dari pentungan sampai senjata nuklir.

Pengertian teknologi tak ubahnya sebuah pembaharuan terhadap hidup manusia. Sebenarnya teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu zaman romawi kuno.

Perkembangan teknologi berkembang secara drastis, dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan objek-objek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien, dan cepat.

Dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here