Memaknai Pengertian Toleransi di Tengah Perbedaan Sosial Kehidupan

balairungpress.com

Untuk kali ini akan dibahas mengenai pengertian toleransi baik secara umum maupun secara khusus. Kata toleransi sebenarnya sering kali digunakan masyarakat pada berbagai kesempatan, karena kata toleransi bukan merupakan kata yang asing lagi bagi sebagian orang.

Toleransi harus didasari sikap kelapangan dada terhadap orang lain dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang dipegang sendiri. Toleransi terjadi dan berlaku karena terdapat perbedaan prinsip, dan menghormati perbedaan atau prinsip orang lain tanpa mengorbankan prinsip sendiri.

Dengan kata lain, pelaksanaannya hanya pada aspek-aspek yang detail dan teknis bukan dalam persoalan yang prinsipil. Yuk, simak rubrik mengenai penjelasan toleransi beirkut ini!

Definisi Toleransi Secara Umum

ilovelife.co.id

Ada yang bertanya-tanya apa sih pengertian toleransi? Pertanyaan ini sering kali kita dengar, karena sebagian orang hanya bisa menyebutkannya dan tidak tahu maknanya. Banyak sekali definisi-definisi yang berkaitan dengan toleransi.

Pengertian toleransi secara bahasa berasal dari Bahasa Inggris “tolerance” yang berarti membiarkan. Dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai sifat atau sikap toleran, mendiamkan, dan membiarkan.

Dalam Bahasa Arab kata toleransi (mengutip kamus Al-Munawir disebut dengan istilah tasamuh yang berarti sikap membiarkan atau lapang dada).

Badawi mengatakan, tasamuh (toleransi) adalah pendirian atau sikap yang termanifestasikan pada kesediaan untuk menerima, berbagai pandangan dan pendirian yang beraneka ragam meskipun tidak sependapat dengannya.

Toleransi menurut istilah berarti menghargai, membolehkan, membiarkan pendirian pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan sebagainya yang lain atau yang bertentangan dengan pendirinya sendiri. Seperti halnya menyikapi perbedaan agama, ideologi, dan ras.

nasional.tempo.co

Adapun pengertian toleransi secara umum adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau individu dalam masyarakat atau dalam lingkup kehidupan lainnya.

Yaitu memberi kebebasan kepada individu/kelompk lain untuk menjalankan keyakinannya, mengatur hidupnya hingga menentukan nasibnya masing masing, asalkan semuanya masih dalam suatu koridor yang tidak bertentangan dengan syarat-syarat terciptanya ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat.

Toleransi terjadi dan berlaku karena terdapat perbedaan prinsip, pemikiran, dan menghormati perbedaan atau prinsip orang lain tanpa harus mengorbankan prinsip dan pemikiran sendiri.

Sikap toleransi ini sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap individu atau kelompok dalam masyarakat agar terjalin hubungan sosial yang baik dan mententramkan, juga merupakan syarat suksesnya proses asimilasi di dalam kehidupan masyarakat.

Sikap toleransi mampu menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Tanpa adanya toleransi, maka masyarakat akan sulit untuk bersatu dan akan muncul berbagai masalah dan konflik sosial seperti pertengkaran, permusuhan dan hingga saling mematikan antar kelompok.

Makna Toleransi di Kehidupan Sosial

rappler.com

Dalam memaknai pengertian toleransi ini terdapat dua penafsiran tentang konsep tersebut. Pertama, penafsiran negatif yang menyatakan bahwa toleransi itu cukup mensyaratkan adanya sikap membiarkan dan tidak menyakiti orang atau kelompok lain baik yang berbeda maupun sama.

Sedangkan yang kedua adalah penafsiran positif yaitu menyatakan bahwa toleransi tidak hanya sekedar seperti pertama (penafsiran negatif) tetapi harus adanya bantuan dan dukungan terhadap keberadaan orang lain atau kelompok lain.

Adapun bentuk-bentuk dari sikap toleransi adalah sebagai berikut: toleransi terhadap perbedaan agama, daerah / suku / ras, bangsa, kepercayaan / pendapat / pilihan, dan perbedaan status.

Sedangkan manfaat toleransi adalah menciptakan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat, menghadirkan rasa kekeluargaan, menghindari perpecahan dan konflik, mengendalikan ego masing masing, memunculkan rasa kasih sayang satu sama lainnya, dan menciptakan suatu kedamaian, ketenangan dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here