Contoh Perubahan Fisika yang Sering Terjadi di Kehidupan Sehari-Hari

Posted on

Teruntuk kamu yang saat ini tengah ingin mempelajari seperti apa perubahan fisika itu, maka kedatangan kamu membaca artikel ini sangat tepat karena disini kami tidak hanya akan membahas tentang contoh-contoh perubahan yang ada di lingkungan kita, tapi juga akan dibahas tentang penyebab terjadinya perubahan itu sendiri.

Perubahan secara fisika bisa kita amati dengan mudah di lingkungan yang ada di sekitar kita. Jadi, untuk kamu yang ingin tahu apa saja contohnya, kamu bisa simak pembahasan berikut ini.

Perubahan Secara Fisika di Sekitar Lingkungan

perpusku.com

Ada banyak fenomena fisika yang bisa kita temui di lingkungan kita. Misalnya, di daerahmu mungkin terdapat sungai yang punya bebatuan dengan berbagai ukuran. Batuan ini tentu ada yang ukurannya besar dan ada juga yang kecil.

Mengapa bebatuan punya ukuran yang berbeda-beda? Batu yang ukurannya kecil merupakan akibat dari arus sungai yang deras sehingga menghanyutkan bebatuan tersebut dan membuatnya menjadi pecah dan membentuknya menjadi batu-batuan yang ukurannya lebih kecil.

Pecahan batuan punya sifat sama dengan batuan semula. Jadi jika batuan semula keras tentu batuan yang kecil tadi juga keras karena bahan penyusunan batuan tersebut sama. Peristiwa ini adalah contoh dari perubahan secara fisika.

Tidak hanya itu, udara yang dihirup setiap harinya juga hasil dari perubahan fiska. Jadi, udara sendiri ada yang namanya gas oksigen, nitrogen serta argon. Semua gas ini akan bercampur membentuk udara. Udara yang terbentuk kemudian diuraikan melalui proses destilasi menjadi zat penyusun.

merdeka.com

Perubahan secara fisika selanjutnya bisa kita temui saat kita menjemur pakaian. Pakaian yang dulunya basah akan menjadi kering sebab terkena panasnya terik matahari. Panas matahari ini membuat air yang ada di dalam pakaian mejadi menguap.

Saat kita tengah membuat teh pun juga terjadi yang namanya perubahan secara fisika. Jadi, saat kita mencampurkan gula dan air teh, kita aduk beberapa lama, butiran gula yang ada di dalam air akan menghilang dan air yang semula hambar akan terasa manis.

Dan rasa manis ini menjadi pertanda jika zat gula sendiri tidak hilang tapi ada di dalam air teh itu sendiri. Perubahan fisika juga bisa kita amati saat kita merebus air atau membuat es batu.

Jadi, pada air yang kita jadikan es batu, akan ada perubahan wujud dari yang semula berbentuk cairan menjadi padat. Saat kita menggoreng dengan margarin juga akan terjadi perubahan dari yang padat menjadi cairan.

Penyebab Perubahan Secara Fisika

infokimia.com

Sementara untuk penyebab terjadinya perubahan secara fisika, kita bisa perhatikan lagi contoh-contoh yang sudah kita bahas di atas.

Perubahan fisika terjadi akibat beberapa hal mulai dari perubahan wujud ataupun juga pencampuran benar-benda. Perubahan ini juga bisa terjadi akibat benda tersebut dibelah ataupun dipotong.

Perubahan wujud sendiri tentu sudah kita pelajari dimana ada yang namanya mencair yaitu perubahan padat ke cair, ada yang menguap yaitu perubahan dari cair ke gas, ada yang mengembun yakni dari gas ke cair, membeku yaitu dari cair ke padat, dan menyublim yaitu dari padat ke gas.

Nah, semua ini adalah wujud dari benda yang menerima ataupun melepaskan panas. Misalnya mencair, seperti perubahan es menjadi air, menguap dimana air dipanaskan kemudian menjadi uap air, menyublim contohnya kapur barus jadi gas dan masih banyak lagi.

Jadi itulah tadi penyebab terjadinya perubahan secra fisika beserta contoh-contohnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *