Profil Provinsi Bangka Belitung | Peta, Logo, Nilai-nilai Kebudayaan, dan Pariwisatanya

Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di Indonesia. Ibu kota dari Bangka Belitung adalah Pangkal Pinang. Luas wilayah provinsi ini kurang lebih 16.424,06 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 1.277.658 jiwa.

Suku bangsa yang mendiami provinsi ini adalah suku Melayu (suku asli), Sunda, Jawa, Banten, Bugis, Madura, Minang, Banjar, Flores, Palembang, Aceh, Manado, Maluku dan Cina. Provinsi ini terbagi ke dalam 6 kabupaten, 1 kota, 47 kecamatan, 78 kelurahan dan 309 desa.

Masyarakat Bangka Belitung terdiri dari berbagai masyarakat yang menganut agama yang berbeda-beda, yaitu Islam, Hindu, Kristen, Kristen Katholik, Budha dan Kong Hu Cu.

Prioritas masyarakat Bangka belitung menganut agama Islam, sekitar 81,83%. Sementara itu, masyarakat yang menganut agama Budha sekitar 8,71 %, Kong Hu Cu 5,11 %, Kristen 2,44 %, Kristen Katolik 1,70% dan Hindu 0,13%.


Peta Provinsi Bangka Belitung


belbangka.blogspot.com

Provinsi Bangka Belitung terdiri dari dua gugusan pulau, yaitu pulau Bangka dan Belitung. Gugusan pulau tersebut dikelilingi beberapa pulau kecil, seperti Pulau Nangka, Pulau Burung, Pulau Pongok, Pulau Burung, Pulau Panjang, Pulau Gelasa dan Pulah Tujuh. Untuk batas wilayahnya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Utara: Laut Natuna
  • Selatan: Laut Jawa
  • Timur: Laut Kalimata
  • Barat: Selat Bangka

Profesi penduduk provinsi Bangka Belitung begitu beragam, namun sebagian besar penduduk provinsi ini bertumpu pada sektor perkebunan, pertambangan dan kelautan.

Sumber mata pencaharian penduduk di bidang pertambangan adalah komoditas timah.

Untuk mata pencaharian di bidang kelautan adalah penangkapan ikan dan mengolah hasil laut. Semntara untuk mata pencaharian di bidang perkebunan meliputi perkebunan karet, sawit, dan lada.


Logo Provinsi Bangka Belitung


Setiap provinsi di Indonesia mempunyai logonya tersendiri. Untuk logo provinsi Bangka Belitung, logonya terlihat indah dengan warna biru dan biru muda, juga beberapa simbol yang ada di dalamnya.

Berikut ini beberapa arti dari simbol atau unsur yang ada pada logo Provinsi Bangka Belitung:

master-logo.blogspot.com

1. Perisai Bersudut Lima, merupakan lambang dari pancasila yang merupakan dasar NKRI.

2. Kepulauan Bangka Belitung, adalah lambang dari wilayah, masyrakat, sumber daya, sistem pemerintah di Provinsi Bangka Belitung.

3. Lingkaran Bulat Simetrika, adalah lambang dari kesatuan dan juga persatuan provinsi Bangka Belitung dalam menghadapi segala tantangan di era yang semakin terbuka.

4. Butir padi berjumlah 27 adalah lambang dari UU pembentukan Provinsi Bangka Belitung, yaitu UU No.27 yang keluarkan pada tahun 2000.

5. Buah Lada berjumah 31 adalah lambang dari urutan provinsi Bangka Belitung yang merupakan provinsi ke-31 di Indonesia.

6. Balok timah adalah lambang dari kekayaan alam yang dihasilkan di Provinsi Bangka Belitung. Timah telah menjadi penopang kehidupan masyarakat provinsi Bangka Belitung sejak 300 tahun yang lalu.

7. Serumpun Sebalai, adalah semboyan provinsi Bangka Belitung yang menegaskan bahwa masyarakat provinsi

8. Bangka Belitung selalu bekerja sama untuk menjaga persatuan dan kekeluargaan, yang nantinya akan mewujudkan masyarakat yang adil dan juga makmur.


Nilai-nilai Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung


Setiap provinsi di Indonesia selalu memiliki kebudayaan yang unik dan beragam, begitu juga dengan provinsi Bangka Belitung.

Provinsi ini memiliki beraneka ragam budaya, tradisi dan segala hal unik lainnya. Berikut ini beberapa kebudayaan atau ciri khas dari Provinsi Bangka Belitung:

Seni Tari

Ada begitu banyak tarian yang menjadi ciri khas Provinsi Bangka Belitung, seperti Tari Campah, Tari Tabar, Tari Melimbang Timah, Tari Kedidi dan Tari Lapin.

Seni Drama

Tak hanya seni tari, seni drama di provinsi Bangka Belitung begitu unik dan patut disimak, misalnya saja drama putri Sri Rinai dan Dul Muluk.

Seni Musik

Seni musik dari provinsi Bangka Belitung pun sangat beragam, antara lain Lagu Yak Miak, Bedindak Bedaeh, Icak-icak Dek Tau, dan beragam seni musik lainnya.

Seni Interior

Rumah-rumah atau bangunan di Bangka Belitung pun begitu indah dan menarik karena dipengaruhi oleh gaya arsitektur dari Cina.

Upacara Adat

Seperti berbagai daerah lainnya di Indonesia, provinsi Bangka Belitung memiliki berbagai jenis upacara adat. Beberapa upacara adat yang terkenal dari provinsi ini adalah Tuang Jong, Perang Ketupat, Kawin Massal, Nganggung, Nniron Nanggak, dan masih banyak yang lainnya.

Kerajinan Khas Bangka

Ada juga beberapa kerajinan yang menjadi ciri khas provinsi ini, misalnya Kain Cual dan Kopiah Resam.


Pariwisata Provinsi Bangka Belitung


Seperti yang sudah kita ketahui, setiap provinsi di Indonesia memiliki keunikan, tradisi dan juga keindahan yang berbeda-beda.

Daya tarik dari masing-masing provinsi pun dipengaruhi oleh banyaknya tempat wisata yang memikat.

Untuk Bangka Belitung sendiri, ada begitu banyak tempat wisata yang menarik perhatian, misalnya Gunung Menumbing, Pantai Parai Tenggiri, Pulau Memperak, Pantai Tikus, Pantai Penyusuk, Pantai Pasir Padi, Pantai Lengkuas, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang mempesona dan pantas dikunjungi.

Pantai Belitung

Provinsi Bangka Belitung mempunyai berbagai keunikan yang khas, dan juga menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai kulinernya pun pantas untuk diperhitungkan dan memiliki kelezatan yang menggugah selera.

Selain berbagai kebudayaan dan juga tempat wisata yang indah, ada juga motto kehidupan para masyarakat provinsi Bangka Belitung yang cukup unik, yaitu Jangan Dak kawa Nyusa Aok, yang artinya adalah setiap keberhasilan membutuhkan usaha yang keras.

Dari moto terbut kita bisa belajar bahwa tak ada keberhasilan yang instant. Kita bisa berhasil hanya dengan berusaha sekeras mungkin.

Leave a Comment