Profil Provinsi Sumatera Utara | Geografis, Pemerintahan dan Kebudayaannya

Profil Provinsi Sumatera Utara secara mendalam mungkin belum banyak diketahui oleh orang banyak, namun siapa sangka, provinsi yang identik dengan orang-orang yang keras diluar namun lembut didalam ini mungkin sudah dikenal oleh orang-orang tanpa perlu memperkenalkannya secara lebih jauh.

Sumatera Utara sudah ditetapkan berdiri mulai tanggal 15 April 1948 dengan Dasar Hukum dari Undang-undang No 10 tahun 194 dan Undang-undang No 24 tahun 1956.

Provinsi Sumatera Utara sendiri terletak di utara pulau Sumatera namun tidak terlalu utara, memiliki ibukota yang sudah banyak dikenal, yaitu Medan, dan masih memiliki kota besar lainnya seperti Binjai, Padangsidimpuan, Tanjung Balai dan Tebing Tinggi.

Untuk bisa mengunjungi Sumatera Utara juga tidak terlalu diambil pusing, Sumatera Utara memiliki 7 bandara, dengan 1 bandara yang sudah berstatus internasional, yaitu Bandar Udara Internasional Kualanamu.


Geografi Provinsi Sumatera Utara


Sumatera Utara secara kasarannya bertempat di utara pulau Sumatera, untuk lebih tepatnya, Provinsi ini jelasnya digambarkan pada garis Latitude 1o – 4o dan Longitude 98o – 100o Bujur Timur.

Provinsi ini juga memiliki daerah dengan luas yang cukup besar, total luasnya mencapai 72.981,23 km2. Pada dasarnya bisa dilihat bahwa Provinsi Sumatera Utara dibagi menjadi empat bagian, yaitu :

1. Pesisir Timur dan Barat

2. Kepulauan Nias

3. Pegunungan Bukit Barisan

Salah satu bagian yang cukup terkenal dari segi wilayah provinsi yang memiliki perkembangan paling pesat dibandingkan dengan wilayah lainnya dikarnakan infrastruktur yang dibuat pada daerah ini relatif cukup lengkap yaitu daerah Pesisir Timur.

Selain memiliki perkembangan yang lebih pesar dibandingkan dengan yang lainnya, wilayah ini juga menjadi wilayah yang memiliki kepadatan penduduk yang besar dibanding yang lain.

Sedangkan pada daerah lain seperti bukit barisan memiliki beberapa wilayah dengan penduduk yang lumayan padat, wilayah yang terkonsentrasi berada di Danau Toba, dikarnakan banyak danau ini menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat yang ada disana

Provinsi Sumatera Utara sendiri adalah sebuah provinsi yang diapit oleh tiga provinsi,

1. Aceh merupakan batas utara dari Provinsi Sumatera Utara

2. Untuk bagian selatan, Riau dan Sumatera Barat

3. Aceh juga membatasi pada bagian barat

4. Sedangkan Timur dari Provinsi Sumatera Utara hanya dibatasi oleh Selat Malaka.

Provinsi Sumatera Utara memiliki total 419 pulau, dengan Pulau Simuk yang menjadi pulau terluar dari Provinsi ini, dan pulau Berhala yang berada di Selat Malaka, dan banyak pulau lain yang berada di Provinsi ini.

Pada saat ini Provinsi Sumatera Utara memiliki total luas hutan sebesar 3.742.120 hektare yang didasari oleh keterangan dari Menteri Kehutanan. Total luas ini terdiri dari :

1. Suaka Alam

2. Hutan Lindung

3. Berbagai macam hutan yang difungsikan untuk produksi.

Tentunya luas hutan diatas, belum tentu sama dengan saat ini, karena banyak hutan di Provinsi utara yang beralih fungsi menjadi pemukiman. Di Sumatera Utara sendiri memiliki dua taman nasional yang cukup terkenal yaitu Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Batang Gadis.


Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara


Sumatera Utara memiliki pusat pemerintahan yang berada di kota Medan. Tentunya selain memiliki kota yang menjadi pusat pemerintahan, Provinsi Sumatera Utara juga memiliki banyak daerah lain yang tentunya memiliki keunikan tersendiri yang berbeda-beda tentunya.

Dengan memiliki 25 kabupaten, 8 kota yang dulunya masih berupa kotamadya, 325 kecamatan, dan 5.456 kelurahan atau desa, Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi dengan banyak keistimewaan.


Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara


Tentunya untuk mengetahui budaya merupakan salah satu hal yang membuat kita penasaran tentang Sumatera Utara lebih lanjut, Sumatera Utara sendiri memiliki beragam budaya yang bisa ketahui dan dinikmati.

Salah satunya adalah bermusik. Upacara adat cenderung memakai musik. Di Sumatera Utara sendiri musik yang dominan dimainkan cenderung pada gendangnya, Contoh alat musik Sikambang yang ada pada bagian Pesisir.

Untuk budaya dalam bidang arsitektur, Sumatera Utara memiliki beragam bangunan yang tentunya dibuat dengan memperhatikan seni dalam pembangunannya. Beberapa rumah adat yang ada di Sumatera Utara antara lain :

1. Ruma Batak, merupakan bangunan adat, yang masih banyak berdiri tegak, dan terlihat megah. Bangunan ini dapat ditemui di Samosir.

2. Rumah adat yang memiliki ciri lebih besar dan lebih tinggi jika dibandingkan model lainnya, rumah adat ini juga memiliki ciri lain yaitu atap yang dibuat lebih dari satu lapisan, disebut dengan Bangunan Adat Karo

3. Rumah adat daerah Simalungun

4. Bagas Gadang dan Sopo Godang, yang merupakan bangunan yang banyak ditemui di daerah Mandailing

5. Daerah Pesisir Barat juga memiliki rumah adat sendiri, yang dapat dapat dinikmati di Gedung Nasional Sibolga

Hal lain yang dapat dilihat dari Provinsi Sumatera Utara adalah tariannya. Sumatera Utara memiliki berbagai jenis tarian dari yang membutuhkan kekhusukan pada setiap gerakanannya hingga tarian yang bersifat untuk senang-senang saja.

Ada yang disebut dengan Tari Profan, yaitu jenis tari yang diperagakan oleh muda-mudi pada saatpesta gembira. Selain itu ada banyak jenis tarian lainnya, yang tentunya memiliki ciri dan gerakan tersendiri yang berbeda satu sama lain.

Selain hal diatas, ada banyak lagi budaya serta pengetahuan yang bisa didapat, di Provinsi ini selain itu juga banyak terdapat suku dan tentunya mempunyai berbagai macam bahasa yang bisa kita dengarkan dan kita pelajari untuk pengetahuan.

Leave a Comment