Hubungan Antar Makhluk Hidup | Simbiosis Komensalisme dan Contohnya

Di dalam sebuah lingkup ekosistem, tentunya akan ada berbagai komponen biotik dan juga abiotik yang akan mempengaruhi satu sama lain. Interaksi yang terjadi diantara komponen biotik dan abiotik di suatu lingkungan tetentu dapat menyebabkan timbulnya suatu simbiosis.

Ada banyak sekali jenis simbiosis yang akan muncul mulai dari yang saling menguntungkan salah satu pihak saja sampai dengan menguntungkan satu sama lain. Nah, pada artikel kali ini kami ingin membahas tentang simbiosis komensalisme yang akan dimulai dengan membahas pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

santrijawa.com

Simbiosis komensalisme merupakan simbiosis ataupun interaksi yang terjadi diantara 2 makhluk hidup dari jenis yang berbeda. Pada simbiosis ini terjadi hubungan dimana satu pihak akan diuntungkan namun pihak yang lain akan dirugikan. Simbiosis komensalisme dapat terjadi baik di hewan atau juga di tumbuhan.

Ada banyak sekali tumbuhan yang memiliki hubungan simbiosis komensalisme misalnya tumbuhan sirih dengan inang. Tumbuhan sirih ini akan tumbuh merambat menyesuaikan tanaman yang ditempati inang.

Tujuan dari tanaman sirih ini adalah untuk bisa mendapatkan sinar matahari yang mumpuni sehingga proses fotosintesis bisa dilakukan. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi si tanaman sirih namun tidak memberikan keuntungan apa-apa bagi inangnya sendiri.

Ada juga anggrek dengan mangga, dimana terdapat interaksi atau simbiosis komensalisme. Tanaman anggrek sama seperti tanaman sirih akan melekat pada pohon mangga untuk mendapatkan air, sinar matahari, dan lain-lain untuk proses fotosintesis.

Anggrek mendapatkan air dan mineral dengan menyerapnya dari kulit pohon mangga. Kejadian ini menguntungkan tanaman anggrek tapi tidak merugikan pohon mangga.

santrijawa.com

Tidak hanya tumbuhan, pada hewan juga ada yang mengalami simbiosis komensalisme yaitu ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora dan ikan hiu punya interakhsi yang baik. Dimana di laut sendiri ikan remora pada umumnya hidup secara berkelompok tapi akan selalu ada dekat dengan ikan hiu.

Tujuan dari menempelnya ikan remora sendiri adalah agar ikan remora ini tidak dimangsa ikan lain yang lebih besar dan agar mendapatkan sisa makanan dari ikan hiu. Di dalam hal ini, ikan hiu tidak akan mendapatkan untung apapun dari kehadiran ikan remora.

Hubungan antara ikan hiu dan ikan remora biasanya diamati oleh penyelam di laut. Dan ada juga ikan remora dan ikan pari yang melakukan interaksi dimana jika pada ikan hiu remora akan ada di sekitar ikan hiu. Namun pada ikan pari, ikan remora akan melekat dengan lebih dekat dengan cara memakai sirip punggung ikan pari sebagai alat penghisap.

informazone.com

Di dalam hal ini, jika ikan pari mendapatkan makanan, maka ikan remora juga akan mendapatkan makanan meski dari sisa ikan pari itu sendiri. Sama halnya seperti pada ikan hiu, datangnya ikan remora ini tidak mengganggu tetapi juga tidak menguntungkan si ikan pari itu juga.

Jadi, ada begitu banyak contoh hewan dan tumbuhan yang mengalami simbiosis komensalisme. Semoga dengan hadirnya informasi ini, teman-teman sekalian bisa menerimanya dan dapat bermanfaat bagi kita yang dimulai dari pengertian simbiosis komensalisme dan contoh-contoh dari simbiosis komensalisme.

Untuk hubungan atau interaksi yang terjadi pada makhluk hidup sendiri tidak hanya sifatnya satu menguntungkan tapi satu tidak, tapi ada juga yang saling menguntungkan satu sama lain. Jadi kamu bisa gali lagi tentang simbiosis ini lebih dalam dengan membaca artikel yang lain.

Leave a Comment