Definisi Singkat Tentang Simbiosis Mutualisme dan Beberapa Contohnya

Jika pada artikel sebelumnya kita telah mengupas mengenai apa itu simbiosis mutualisme, maka pada uraian kali ini kita akan fokus membahas mengeani topik simbiosis mutualisme.

Materi tentang simbiosis mutualisme sendiri sudah diajarkan sejak kita duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), tepatnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Nah, apabila kamu belum terlalu paham mengenai materi ini dan ingin mencari tahu penjelasan tentang simbiosis ini, kamu bisa menyimak artikel ini sehingga nanti akan semakin memperdalam lagi ilmu pengetahuan kamu tentang simbiosis mutualisme.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

miung.com

Definisi dari simbiosis mutualisme sendiri adalah sebuah hubungan timbal balik diantara dua makhluk hidup dimana hubungan keduanya ini saling menguntungkan.

Simbiosis sendiri terdiri dari tiga jenis mulai dari yang sama-sama menguntungkan, salah satu yang diuntungkan dan salah satu dirugikan.

Sementara untuk simbiosis mutualisme sendiri, hubungan kedua makhluk hidup saling menguntungkan sehingga masing-masing organisme akan mendapatkan manfaat dari hubungan atau interaksi yang dilakukan.

Berbagai Contoh Simbiosis Mutualisme

kependidikan.com

Ada banyak sekali contoh makhluk hidup yang dapat kita jadikan contoh sebagai hubungan makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Yang pertama adalah hubungan antara kerbau dan burung jalak. Kedua makhluk hidup ini sama-sama mendapatkan keuntungan dari interaksi mereka lakukan. Karena burung jalak sendiri seringkali hinggap di tubuh kerbau dengan tujuan untuk mencari kutu di kulit kerbau.

Burung jalak mendapatkan manfaat karena bsia makan kutu dengan gratis dan kerbau pun juga mendapatkan keuntungan karena gatal yang diakibatkan oleh kutu dapat sedikit berkurang.

Ada juga hubungan antara lebah dan bunga. Hubungan yang saling menguntungkan antara kedua makhluk hidup ini memang sudah familiar di masyakat.

Lebah mendapatkan madu ataupun nektar yang ada di dalam sari kelopak bunga untuk makanannya sementara bunga sendiri proses penyerbukannya sangat terbantu karena lebah yang mencari madu di dalam sari kelopaknya.

Karena kedua makhluk hidup ini saling menguntungkan, maka hubungan ini dapat dikatakan sebagai simbiosis mutualisme.

Contoh Lain Hubungan yang Saling Menguntungkan

contohcara.com

Ternyata, tak hanya bunga dan lebah saja yang punya hubungan saling menguntungkan, contoh lain dari simbiosis mutualisme adalah hubungan antara kupu-kupu dan bunga. Hubungan antara kedua makhluk hidup ini saling menguntungkan dimana kupu-kupu mendapatkan madu dan bunga juga terbantu proses penyerbukannya.

Ada juga interaksi rayap dan protista. Pada interaksi kedua makhluk hidup ini terjadi hubungan yang sama-sama menguntungkan.

Rayap makan seluosa yang di dapat dari kayu karena dalam usus kayu sendiri ada protista dan protista akan membantu rayap untuk bisa mencerna selulosa itu sendiri. Dan rayap pun menyediakan tempat tinggal untuk protista.

Selain hubungan hewan dan tumbuhan, ternyata manusia juga punya hubungan yang saling menguntungkan yaitu dengan bakteri usus halus. Bakteri yang ada di dalam usus manusia tentu akan membantu kita mencerna makanan serta menguraikan vitamin pada makanan yang kemudian diubah menjadi vitamin B12.

Sedangkan kita sendiri akan menyediakan mereka tempat hidup dan juga makanan yang terus menerus. Jadi, interaksi manusia dengan bakteri usus halus sama-sama menguntungkan dan mendapatkan manfaatnya.

Dan terakhir, ada simbiosis mutualisme pada buaya dan burung plover dimana burung plover sendiri punya kebiasaan memakan sisa makanan atau kotoran di gigi buaya dan kebiasaan ini tentu membuat buaya terhindar dari penyakit mulut.

Nah itu tadi beberapa contoh simbiosis yang saling menguntungkan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment