Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya

28
Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
gliffy.com

Dalam membuat sebuah materi kerja atau kegiatan tertentu seringkali kita membutuhkan konsep untuk membuat kerangka aktifitas atau kegiatannya untuk menjadi tepat guna dan tepat sasarannya.

Dalam menyikapi hal tersebut tak sedikit dari orang-orang menggunakan diagram agar memudahkan semua orang dalam memahami materi tersebut. istilah diagram barangkali juga sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita.

hal ini tak lain tak bukan juga karena disebabkan  perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang semakin pesat, juga banyaknya informasi-informasi yang bisa dengan mudah diakses.

Nampak sekali dampak perkembangan esatnya itu bisa dirasakan di sekitar kita dengan pergeseran tekhnologi dari analog ke digital, dari hal-hal yang rumit menjadi sederhana, pun dari minim guna menjadi banyak guna.

Menyoal diagram untuk memudahkan kerja-kerja terntu. hal ini boleh dibilang juga dilakukan agar kerangka yang dibuat menjadi semakin sistematis dan tepat. Efektif dalam pengaplikasian. Efisien dalam pengerjaan.

Adapun Diagram di sini dianggap menjadi salah satu metode yang representatif dalam menyampaikan informasi secara praktis. Tepat sasaran dalam sumber daya, serta terpahami dengan detail atas produk informasinya.

Jenis dari diagram sendiri sangat beragam. Pada artikel yang lain mungkin akan dijelaskan terkait pembagian dan kegunaannya. namun salah satunya yang cukup populer digunakan adalah diagram alir atau yang sering kita kenal dengan flowchart.

Jika diartikan secara sederhana flowchart merupakan jenis diagram yang merepresentasikan alogaritme, alur kerja atau proses, yang memuat langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis dimana setiap alurnya dihubungkan dengan panah.

Panah di sini menjadi penunjuk dan gambaran pasti alur yang menjadi kerangkanya. Pada umumnya diagram alir atau flowchart digunakan untuk mendesain, mendokumentasi, menganalisis dan mengelola suatu proses atau program di berbagai bidang.

Sebelum kita mengetahui simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart yuk ketahui dulu fungsi dan jenis flowchart secara lebih detail. Karena simbol-simbol yang menjadi kegunaan dalam flowchart tak lain adalah bagian dari fungsi dan jenis dari flowcart. Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut,

Fungsi Flowchart:

1. Memastikan Program Memiliki Alur

Artinya bahwa flowchart dapat membantu progammer untuk melihat pola atau alur ketika membangun sebuah program/aplikasi sehingga bisa dipastikan jika sebuah program menggunakan flowchart pastilah ia memiliki alur. Hal ini menjadi teramat penting karena peta kerangkanya bisa dipahami dengan menggunakan alur ini.

2. Melihat Keseluruhan Program

Dengan adanya flowchart dapat membantu progammer melihat program secara keseluruhan. Karena diagram tersebut memang memuat gambaran secara umum dari sebuah program. Hal ini meliputi keseluruhan detail sampai level yang paling kecilnya.

3. Mengembangkan Aplikasi

Karena flowchart memuat informasi secara padat, singkat, dan jelas, maka diagram tersebut dapat menjadi pedoman ketika kita ingin menyusun atau mengembangkan sebuah aplikasi.

Jenis-Jenis Flowchart

Terdapat beberapa jenis flowchart yang sering digunakan di antaranya adalah:

1. Flowchart Dokumen

Merupakan flowchart atau diagram alir yang menunjukkan proses atau alur dari sebuah laporan/dokumen.

2. Flowchart Sistem

Adalah flowchart atau bagan alir yang menggambarkan proses atau alur dari sebuah sistem. Biasanya diagram ini menunjukkan alur pekerjaan secara rinci dan menyeluruh.

3. Flowchart Program

Bagan alir jenis ini merupakan bagian atau turunan dari flowchart sistem yang memuat tahapan dalam proses sebuah program. Produk dari flowchart sistem ini juga berguna untuk memudahkan dalam analisis sistem sebuah program.

4. Flowchart Proses

Pada penggunaannya flowchart proses sering dipakai  pada sektor industri guna melihat suatu prosedur dalam proses produksi.

5. Flowchart Skematis

Meskipun flowchart skematis dan flowchart sistem keduanya sama-sama digunakan untuk menggambarkan proses dalam suatu sistem. Namun terdapat perbedaan di antara keduanya, salah satunya adalah bahwa simbol yang digunakan dalam flowchart skematis lebih beragam dan kompleks karena bisa menggunakan gambar-gambar dari komputer dan peralatan lainnya.

Simbol Flowchart

Simbol Nama Keterangan
 

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
tutorialcaragratisku.blogspot.com
Flow Direction Symbol/Garis Alir Adalah simbol yang menunjukkan arah aliran algoritme, dari satu proses ke proses berikutnya
 

simbol flowchart beserta pengertian, jenis, dan contohnya
upload.wikimedia.org

 

Terminal Point Symbol/ Simbol Titik Terminal Merupakan simbol yang menunjukkan permulaan atau akhir dari suatu proses

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
upload.wikimedia.org
Processing Symbol/Simbol Proses Simbol yang biasa digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan terjadi dalam diagram alier

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
ajengrahmap.wordpress.com
Input-Output/Simbol Keluar-Masuk Menyatakan proses input output yang terjadi . Hanya bisa dimulai dari masukan (input) menuju keluaran (output), dan tidak bisa sebaliknya

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
luthfiagisni.blogspot.com
Connector  (On Page) Berfungsi untuk menyederhanakan hubungan antar simbol yang berada berjauhan atau sangat rumit jika dihubungkan dengan garis dalam satu halaman.

upload.wikimedia.org
Decission Symbol/ Simbol Keputusan Yaitu simbol yang berguna dalam memilih atau menentukan proses berdasarkan kondisi yang ada. Biasa ditemukan pada flowchart pogram.

id.m.wikipedia.org
Predefined Process/ Simbol Proses Terdefinisi Merupakan simbol yang menggambarkan pelaksanaan suatu bagian prosedur.

Artinya bahwa prosedur yang terinformasi belum detail dan akan didetailkan pada tempat lain.

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
nuggipazverh.blogspot.com
Connector (off Page) Karena terkadang flowchart dimuat dalam satu halaman lebih, maka simbol ini digunakan untuk menghubungkan satu proses kepada proses lainnya, hanya saja merujuk pada halaman yang berbeda.

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
tutorialcaragratisku.blogspot.com
Preparation Symbol/ Simbol Persiapan Simbol ini digunakan untuk menyiapkan penyimpanan di dalam storage.

Jikalau ingin menggunakan pengulangan pada kondisi tertentu, lambang ini juga berfungsi untuk menggantikan titik keputusan yang biasanya berbentuk ketupat .

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
rtf.com
Manual Input Symbol Lambang ini digunakan untuk menyatakan input data secara manual

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
legblitz.blogspot.com
Manual Operation Symbol/Simbol Kegiatan Manual Adalah simbol yang berfungsi untuk menggambarkan kegiatan/proses yang tidak dilakukan oleh komputer

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
slideshare.com
Document Symbol/ Simbol Dokumen Document symbol ini berarti bahwa input yang dilakukan berasal dari dokumen dalam bentuk kertas, atau output yang butuh dicetak di atas kertas

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
akuntansilengkap.com
Multiple Documents Multiple document sama saja seperti document symbol, hanya saja dokumen yang digunakan memang lebih dari satu simbol
  Display Symbol Merupakan simbol yang menggambarkan penggunaan peralatan keluaran (output), misal printer, plotter, layar monitor, dan lain sebagainya

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
slideshare.com
Delay Symbol Seperti halnya namanya delay symbol berfungsi untuk menunjukkan proses delay (menunggu).

 

Contoh Flowchart

Simbol Flowchart berserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya
rafibanget.blogspot.com

 

Demikianlah artikel yang membahas mengenai flowchart. Penjelasan dan fungsi flowchart memang tidak bisa dipungkiri menjadi sangat penting untuk menunjang kerangka detail alurdan proses pada aktifitas atau kegiatan tertentu.

Sudah dijelaskan juga di bagian awal bahwa sistematisasi kerangka alur dan detail menjadi syarat beberapa kemudahan dalam perumusan aktifitas-aktifitas atau kegiatan-kegiatan tertentu.

Keterangan tambahan mengenai detail yang lebih kompherensif dari flowchart meliputi berbagai aspek lainnya semoga bisa dituliskan pada artikel yang akan mendatang.

Bisa juga sidang pembaca mencari referensi yang lebih lengkap lagi dari berbagai buku bacaan yang di dalamnya banyak menyoal mengenai flowchart.

Semoga artikel berikut ini bermanfaat bagi pembaca, baik untuk menambah pengetahuan, informasi, dan kebutuhan yang sedang di cari. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami berikutnya dengan tema yang serupa atau yang lebih beragam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here